Ini Sebab Mengapa Google Jadi Tempat Kerja Idaman

Google merupakan perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin, yang merupakan dua tokoh brilian yang membuat dunia internet menjadi berkembang pesat,seperti sekarang ini. Google search yang merupakan mesin pencaribuatan kedua tokoh IT tersebut menyebabkan milyaran informasi terindex dengan baik dan dapat digunakan oleh banyak orang.

Produk Google tidak hanya itu saja. Ada yang lainnya diantaranya di bidang periklanan, seperti Google Adwords, dan Google Affiliate Networking. Produk online, selain Google Search diantaranya adalah Google Maps, Google Earth, dan GMail. Lalu ada jaringan sosial, seperti Youtube dan Flickr. Ada juga layanan browser seperti Google Chrome. Google juga mengeluarkan produk IT hardware, seperti Chromebook dan yang akan keluar sebentar lagi , yaitu Google Glass yang menawarkan sensasi penggunaan seperti di masa depan.

Google dalam meraih kesuksesan sekarang ini dengan produk utamanya Google Search yang merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet, tidak terlepas dari inovasi dan pengembangan yang diciptakannya, yang merupakan pondasi dari bisnis di bidang IT.

Dalam menciptakan inovasi tersebut diperlukan karyawan yang mempunyai nilai kreativitas dan ahli di bidangnya. Google bisa mendapatkan karyawan yang brilian itu dengan memanjakannya melalui fasilitas, selain gaji yang tinggi. Fasilitas itu diantaranya adalah :

Fasilitas Karaoke

Google memberikan fasilitas entertainment di kantor berupa karaoke bagi yang hobi menyanyi. Fasilitas ini dapat digunakan oleh para pekerja di waktu istirahat atau sepulang kerja untuk menghilangkan penat yang ada, ketika harus seharian bekerja di depan meja kantor.

Fasilitas Game

Entertaintment lainnya yang disediakan Google adalah Game. Bagi karyawan Google yang menyukai game dapat menikmati fasilitas ini di waktu istirahat dan juga sepulang kerja. Game yang tersedia, salah satunya berasal dari Nintendo Wii.

Fasilitas Olahraga

Di dalam kantor Google juga tersedia fasilitas olahraga. Ini dimaksudkan agar karyawan dapat terus bugar kondisinya dan tidak rentan terhadap penyakit. Kesehatan yang baik dari karyawannya akan menciptakan produktivitas yang tinggi. Fasilitas olahraga yang dimiliki oleh Google diantaranya adalah fitness center, kolam renang dan juga pingpong.

Fasilitas Makan Gratis

Google sebagai perusahaan mesin pencari tersukses saat ini memanjakan karyawannya juga dengan makanan. Di Google terdapat kafetaria yang menyediakan banyak makanan, bahkan ada juga kopi yang diberikan pelayanan melalui seorang barista. Adanya makanan gratis ini ditujukan untuk mempermudah karyawan dalam mengakses makanan dan minuman dan dapat kapan saja memperoleh makanan dan minuman yang mereka mau.

Fasilitas Bekerja dari Remote Area

Google menyediakan fasilitas untuk bekerja di luar kantor jika ada alasan kuat seorang karyawannya untuk tidak datang. Tentunya ini harus dibicarakan dan disetujui oleh atasannya dan juga tidak sembarangan posisi yang bisa diperbolehkan mengajukan fasilitas ini.

Waktu Bekerja Yang Fleksibel

Bekerja di Google tidak mengikuti aturan wajib perusahaan pada umumnya yang mana pada mayoritasnya adalah masuk pagi pulang sore dan dalam waktu 8-9 jam kerja. Di Google yang merupakan perusahaan mesin pencari tersukses saat ini, jam kerja fleksibel asalkan pekerjaan beres tepat waktu dan tidak mengganggu jalannya kinerja perusahaan. Jadi bisa kapan saja waktu jam masuknya.

Fasilitas Pijat

Tidak hanya fasilitas olahraga yang diberikan Google dalam memanjakan dan membuat karyawannya agar tetap bugar. Ada juga fasilitas pijat yang ditangani oleh ahli pijat yang dipekerjakan oleh Google. Ahli pijat ini akan melayani anda dalam waktu maksimal 1 jam.

Bekerja Sesuai Passion

Dalam bekerja di kantor Google yang merupakan perusahaan mesin pencari, karyawannya diperbolehkan mengerjakan pekerjaan kantor yang sesuai dengan hasratnya, selain pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya, dan pekerjaan itu berupa proyek. Dari pekerjaan yang sesuai passion tersebut banyak lahir produk-produk baru, seperti Chromebook dan Google Glass.

Cuti Punya Anak dan Day Care

Google memberikan fasilitas cuti kepada karyawannya yang baru saja mempunyai atau melahirkan anak. Bagi karyawan Pria yang anaknya baru lahir akan diberikan cuti selama 6 minggu, sedangkan bagi karyawan wanita yang baru mempunyai anak akan diberikan cuti selama 18 minggu yang mana semuanya tanpa ada pemotongan gaji.

Setelah anaknya lahir, ibu dan bapak dari anak itu dapat membawa anaknya ke kantor dan menitipkannya pada Day Care yang tersedia di kantor.

Boleh Membawa Hewan Peliharaan ke Kantor

Pada tiap perusahaan biasanya tidak boleh membawa hewan peliharaan ke kantor, karena dianggap akan mengganggu kinerja dari karyawan tersebut. Namun di dalam perusahaan mesin pencari Google, karyawannya diperbolehkan membawa hewan peliharaannya asalkan tidak mengganggu karyawan lain dan juga pekerjaan dari karyawan tersebut.

Fasilitas Layanan Teknologi

Pada Google terdapat layanan yang menyuguhkan fasilitas layanan terhadap karyawannya yang diberi nama TechStop. Fasilitas ini melayani karyawannya untuk pelbagai macam kebutuhan teknologi dari yang berat, seperti kerusakan pada laptop atau bahkan hal sepele seperti ketinggalan charger.

Fasilitas Tunjangan Kematian

Fasilitas tunjangan kematian ini merupakan ide brilian dan unik dari Google. Fasilitas ini memberikan separuh gaji dari karyawan Google yang mati kepada ahli warisnya, selama dalam jangka waktu 10 tahun.

Fasilitas ini dapat dimiliki oleh semua karyawan yang mati ketika masih berstatus karyawan Google tanpa melihat jabatan dan juga sudah berapa lama karyawan itu telah bekerja. Namun sangat disayangkan, bahwa fasilitas ini hanya barus dinikmati oleh karyawan yang bekerja di Google Amerika.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*