Apple Rayakan Ulang Tahun Mac yang ke Tiga Puluh

Sejarah panjang kehadiran Macintosh di dunia tercatat sudah 30 tahun tepat pada hari ini. Untuk merayakan hari bersejarah tersebut, Apple memposting sebuah ucapan selamat ulang tahun lengkap dengan kalimat inspiratis dan sebuah foto generasi pertama Mac di halaman web resmi mereka.

Dalam postingan tersebut Apple menceritakan semua kisah bersejarah dan apa yang sudah mereka lakukan selama 30 puluh tahun dalam sebuah kilas balik sejak pertama ditemukan pada tahun 1984 silam hingga hari ini serta sebuah video yang menceritakan perjalan mereka selama 3 dekade.

#0th Birthday

Setiap halaman memuat serangkaian cerita mulai orang-orang yang berjasa dibalik pengembangan Macintosh generasi pertama, tampilan perangkat dan juga bagaimana cerita terdiri dari ide dan inovasi dari tahun ke tahun hingga menginjak ke masa keemasan Apple.

Apple juga menyertakan sebuah halaman berlabel “your first Mac” di mana semua pengguna setia perangkat Mac dapat menceritakan kembali memori indah saat pertama kali menggunakan perangkat tersebut. Halaman ini dirancang sedemikian rupa dengan tampilan java yang ringan dan mudah digunakan.

Beralih ke video 30 tahun Mac, di mana di dalamnya mencakup serangkaian inovasi Macintosh dengan menyertakan komposer musk Hans Zimmer dan perancang Iris Van Herpen serta bagaimana teknologi Macintosh telah menjadi bagian dari perubahan dunia industri dan teknologi.

Sampai berita ini dipublikasikan belum ada informasi apakah akan ada acara khusus untuk merayakan ulang tahun Macintosh yang ke-30.

Dianggap Gagal, Panasonic Akan Keluar dari Industri TV Plasma Maret Tahun Depan?

Sebelumnya, pada awal tahun 2013 ini, sudah ada rumor yang mengatakan bahwa Panasonic akan keluar dari persaingan pasar di sektor TV plasma. Rumor ini sendiri sebenarnya sudah secara eksplisit dikonfirmasi oleh perusahaan asal Jepang tersebut, dengan mengumumkan bahwa seri plasma TV ZT60 mereka akan menjadi produk terakhir di sektor ini.

Plasma_TV_VIERA_Panasonic_TX-P50C3B_WebA1001001A11J14B25503B57844

Konfirmasi yang lebih resmi dirilis oleh Panasonic dengan menyatakan bahwa pada bulan Maret 2014 mendatang, perusahaan ini tidak akan lagi ikut andil di bisnis plasma TV. Panasonic menjadi salah satu pionir TV berjenis plasma satu ini. Dengan keluarnya Panasonic, semakin sedikit produsen yang setia merilis TV plasma.

Keputusan Panasonic untuk keluar dari pasar plasma TV dianggap tepat, dimana minat para konsumen terhadap produk ini semakin menurun dalam beberapa tahun terakhir. Dengan rate drop hingga 21% di 2012, banyak konsumen yang memilih LCD TV ketimbang jenis plasma. Walaupun terdapat penurunan minat terhadap LCD TV, rate sebesar 1% tidaklah signifikan. LCD TV sepertinya berpotensi menggeser keberadaan plasma TV di pasaran global.

Tidak hanya karena faktor minat konsumen terhadap produk saja, seperti yang kita ketahui, Panasonic sendiri saat ini sedang dalam krisis. Kehilangan trilyunan dollar membuat perusahaan ini harus melepas sekitar 10.000 pekerjanya untuk mengurangi kerugian.

Dengan keluar di salah satu sektor televisi ini, sepertinya Panasonic akan lebih focus ke pengembangan teknologi dan produk yang lebih mengikuti perkembangan jaman. Setidaknya itulah yang diharapkan para pengguna Panasonic. Walaupun sudah banyak rumor mengenai hal ini beredar, keputusan penarikan diri pada bulan Maret tahun depan ternyata sedikit lebih awal dari yang diprediksi pakar dan analis di dunia teknologi.

Ikuti Kontes Wallpaper Ubuntu 13.04

Anda seorang Photografer atau Designer saatnya untuk mengikuti kontes wallpaper untuk ubuntu 13.04, ajang yang diadakan setiap dua tahun sekali ini sudah di buka kembali, jadi siapkan kamera anda untuk menghasilkan karya yang luar biasa. Seperti tahun-tahun sebelumnya photo yang akan di ikutkan untuk kontes harus di kumpulkan di situs Flickr.

logo ubuntu 13.04

Yang dibutuhkan Kualitas bukan Kuantitas

Seperti tahun lalu hanya di perbolehkan untuk mengupload satu foto dari setiap peserta kontes “We only need to look back at last release’s beautiful bounty of backgrounds to see that this “quality not quantity” approach has paid off” begitu kata yang terdapat pada pengunguman kontes tersebut. Hanya 10 gambar yang akan terpilih nantinya untuk menjadi wallpaper resmi ubuntu 13.04.

Aturan Main

Ubuntu Design Team’s Otto Greenslade memberi beberapa syarat untuk mengikuti kontes ini.

Jangan membuat gambar semak, atau memiliki bentuk atau warna yang banyak.
Gunakan satu titik fokus, satu daerah yang menarik pandangan saja.
Hindari memiliki detail gambar sesuatu di tepi kiri dan atas karena hal ini akan berbenturan dengan elemen antarmuka Unity
Uji gambar Anda pada aspek rasio yang berbeda untuk memastikan gambar tersebut layak.
Komposisi pedoman lebih lanjut dapat dilihat pada Wiki Ubuntu.

Deadline Kontes

Apabila anda berminat mengikuti kontes terbesar ini, Anda harus sudah mengupload gambar anda pada  tanggal 8 Maret. Pelu di ingat 8 maret dengan zona waktu  6 GMT. dan setelah itu juri akan melakukan penilaian dan juru terdiri dari para seniman dan pemenang sebelumnya, dan hasilnya akan di umumkan pada akhir bulan maret sebelum foto tersebut di publikasikan di ubuntu 13.04 nantinya.

Ringkasan

Satu gambar untuk satu perserta kontes.
Gambar harus mengikuti panduan desain
Hanya 10 pemenang
Masukkan via Flickr
Gambar harus menjadi milik Anda
Gambar lisensi perlu CC-BY-SA
Tenggat: 8 Maret 2013

Selamat bertarung semoga menjadi salah satu dari pemenang amin…..
Butuh inspirasi? Lihatlah tahun-tahun sebelumnya memenangkan kontes.

Apple CFO Peter Oppenheimer Umumkan Pensiun September 2014

Apple sepertinya harus kehilangan satu tokoh vital pada tahun 2014 ini setelah Peter Oppenheimer resmi mengumumkan pensiun terhitung September tahun ini. Pernyataan ini diungkapkan oleh Peter Oppenheimer disela-sela penunjukan dirinya sebagai direktur independen di Goldman Sachs.

Apple CFO Peter Oppenheimer

Untuk menggantikan posisi Peter Oppenheimer, Apple sudah menunjuk Luca Maestri untuk mengemban tugas baru di posisi CFO. Maestri sendiri saat ini masih menjabat sebagai wakil presiden bagian keuangan dan kendali perusahaan, transisi keduanya akan dimulai bulan Juni mendatang.

CEO Apple Tim Cook sendiri mengatakan bahwa Peter sudah mengabdikan dirinya untuk Apple selama 10 tahun terakhir sebagai CFO dan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan tahunan dari $8 miliar ke $171 miliar.

Peter Oppenheimer beralasan ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, mengunjungi tempat-tempat menarik dan menyelesaikan tes lisensi pilot yang sedang ia ikuti.

Karir Peter Oppenheimer bersama Apple bisa dibilang cukup cemerlang, pria lulusan California Polytechnic dan Universitas Santa Clara ini sudah menjadi bagian penting Apple sejak 10 tahun lalu.

Pengganti Peter sendiri, Maestri bukan orang sembarangan. Ia memiliki pengalaman dalam bidang keuangan selama 25 tahun. Ia pernah menjadi CFO Xerox, Nokia Siemens Network dan General Motors sebelum ditarik oleh Apple tahun lalu. Meski masih hijau di Apple, pengalaman Maestro akan sangat berguna bagi Apple terlebih dengan jabatan barunya, ia punya keleluasaan untuk menyusun strategi baru.

Transformer Book T100, Siap Dipesan Mulai Oktober 2013? – Spek Lanjutan

Seperti yang saya janjikan di artikel Asus Transfomer sebelumnya, di artikel ini kita akan lanjutkan ulasan spesifikasi Transformer Book T100 yang Congkel.com rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Kemarin kita sudah bahas sedikit bagian desain dan performa, masih banyak yang perlu kita gali, namun pertama kita lihat dulu bagian layar Transformer Book T100.

Transformer Book T100

Layar

Tablet Transformer T100 dibekali dengan layar sentuh berukuran 10,1 inci, yang memiliki resolusi 1366 x 768 piksel. Selain itu, teknologi panel IPS (In-Plane Switching) juga mendukung kemampuan layar Asus tablet Windows ini untuk menghadirkan sudut pandang yang lebih luas dan tampilan yang jernih.

Konektivitas

Untuk konektivitasnya, telah tersedia banyak pilihan pada Asus tablet Windows Transformer T100 ini, yaitu port Micro USB, port Micro HDMI, card reader, dan jack audio, serta satu lagi port USB 3.0 yang memiliki proses transfer data jauh lebih cepat dari teknologi USB sebelumnya.

Memori Penyimpanan

Pihak Asus memberikan dua pilihan bagi para calon pengguna tablet convertible Transformer T100. Perbedaannya terdapat pada memori penyimpanannya, yang tersedia dalam dua varian kapasitas, yaitu 32GB dan 64GB.

Kamera dan Video Recorder

Pada bagian depan Asus tablet Windows Transformer T100 ini juga dilengkapi dengan kamera beresolusi 1,2 megapiksel, dan tanpa kamera belakang. Meski tidak dijelaskan secara detail mengenai spesifikasi kameranya itu, tapi biasanya juga bisa digunakan sebagai video recorder seperti banyak ditemukan pada perangkat komputasi lainnya.

Baterai dan Fitur Lain

Perangkat tablet Transformer T100 dan aksesoris dock keyboard-nya dilengkapi dengan masing-masing baterai internal. Produsen asal Taiwan yang memproduksi tablet convertible ini mengklaim baterai pada Transformer T100 mampu memberikan daya hingga 11 jam dalam mode laptop.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, sistem operasi pada Transformer T100 ini mengusung OS Windows 8.1. Kelebihannya, Asus sudah menyertakan bundel perangkat lunak Microsoft Office Home dan Student 2013 dalam paket pembelian Asus tablet Windows ini. Sehingga, para penggunanya tidak perlu repot lagi membeli sejumlah aplikasi yang biasa digunakan sehari-hari, seperti Word, Excel, PowerPoint dan OneNote.

Harga

Menurut keterangan dalam ajang Intel Developer Forum (IDF) 2013, Asus mengeluarkan harga 349 dolar AS atau sekitar Rp 3,9 juta untuk tablet Transformer T100 ini dengan kapasitas memori 32GB. Sedangkan untuk varian bermemori 64GB dibanderol dengan harga 399 dolar AS atau sekitar Rp 4,5 juta.

Kesimpulan

Dengan harga tersebut di atas, Ceo ASUS, Johnny Shih menyebutkan bahwa Asus tablet Windows seri Transformer T100 ini menjadi sebuah transformasi dari line EeepC yang dijual dengan harga sangat terjangkau. Dibandingkan dengan spesifikasi yang diusung tablet ini, tentu saja pernyataan Shih ada benarnya. Asus sendiri akan meluncurkan perangkat ini ke pasaran pada tanggal 18 Oktober 2013 mendatang.

Sepertinya, tablet Transformer T100 ini bisa menjadi alternatif menarik bagi para konsumen lokal, terutama bagi mereka yang memiliki pekerjaan lebih banyak berkutat dengan aplikasi-aplikasi yang berjalan di atas sistem operasi Windows. Dengan sistem oeprasi tersebut, tablet ini hadir dengan perbedaan spesifik dibandingkan dengan jenis tablet lainnya yang pernah ada, yang biasanya tidak menggunakan sistem operasi Windows. Semoga saja Transformer T100 ini juga dijual di Indonesia nantinya.

Cara Mengatasi Error Pada Saat Aktivasi Microsoft Office 2013

Seperti yang telah kita ketahui bersama, ada banyak sekali fitur yang tersedia pada sistem operasi besutan microsoft yaitu windows. Banyak nya fitur menarik tersebut memang dapat membuat para pengguna terus merasa penasaran bagaimana cara menggunakannya dan tertantang untuk mencobanya. Dan hal itulah yang diinginkan oleh para developer, dimana mereka menginginkan agar produk keluarannya tetap setia digunakan oleh para penggunanya dan juga para pengguna merasa nyaman menggunakan aplikasi atau pun produk tersebut. Dengan demikian pula, jika pengguna sudah nyaman dan senang menggunakan sistem operasi windows ini, maka sudah pasti pula penjalan lisensi dari sistem operasinya akan meningkat di pasaran.

microsoft office 2013

Salah satu aplikasi menarik dan yang sangat banyak digunakan oleh orang banyak adalah aplikasi microsoft office. Dimana seperti yang telah kita ketahui, aplikasi ini sangat berguna untuk membuat berbagai macam dokumen yang anda butuhkan, baik itu dokumen biasa, dokumen daftar gaji, atau pun dokumen lainnya.

Aplikasi Ms. office ini juga telah ada versi terbaru nya yaitu Ms. Office 2013. Dimana seperti yang telah kita ketahui pada versi terbaru ini ada banyak sekali kelebihan yang dapat kita nikmati. Tentunya kelebihan ini tidak terdapat pada versi-versi Ms. office yang sebelumnya. Karena memang tujuan dari pihak microsoft untuk mengeluarkan versi terbaru adalah untuk memperbaharui versi lamanya.

Namun, ada sedikit masalah pada saat aktivasi Ms. office 2013 ini. Masalah tersebut adalah muncul error pada saat melakukan aktivasi. Bagaimana cara mengatasinya ? Hal itulah yang akan congkel bahas pada artikel kali ini.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, buka Control Panel, dan masuk ke bagian setting charm dengan cara klik tut Windows + I.
  • Klik Programs and Features.
  • Klik Microsoft Office dan klik tombol Change. Maka anda akan melihat jendela dengan beberapa pilihan seperti:
    Add or Remove Features
    Repair
    Remove
    Enter a Product Key
  • Pilih Enter a Product Key dan kemudian klik Continue.
  • Masukkan 25 karakter nomor lisensi Microsoft Office 2013 anda lalu klik tombol Continue dan tunggu hingga proses aktivasi selesai.

Daftar Harga Smartphone Oppo Desember 2013

Oppo hadir dengan gebrakan dan ekspansi bisnis yang agresif, pertama kali muncul mereka merilis seri Oppo Find yang kemudian menjalar ke sejumlah model lain dengan harga yang beragam. Smarthone buatan Oppo paling murah dibanderol Rp 1.8 juta dan yang paling mahal seharga Rp 5.9 juta.

OPPO Find 5 Hadir Dengan Pesona Yang Menggoda

Rekor harga termahal masih dipegang oleh Oppo Find 5 32GB, namun rekor ini segera terpecahkan setelah Oppo resmi memperkenalkan perangkat baru yang lebih superior yakni Oppo R1 yang dibanderol hampir 7 juta rupiah.

Bagi Anda yang ingin beralih ke bran lain, Oppo bisa jadi pilihan yang logis, saya pribadi juga penasaran seperti rasanya smartphone ini dan apakah cukup handal mengingat brand ini merupakan brand baru, hanya saja mereka punya kekuatan dari segi promosi dan branding. Jika sudah mantap beralih ke Oppo, ini dia daftar harga smartphone Oppo terbaru Desember 2013:

  • Oppo Find Muse: Rp 1.899.000 White
  • Oppo Find Piano: Rp 2.099.000
  • Oppo Find Clover: Rp 2.999.000 White
  • Oppo Find Way: Rp 3.299.000
  • Oppo Find Mirror: Rp 3.999.000
  • Oppo Find 5 16GB: Rp 5.499.000 White
  • Oppo Find 5 32GB: Rp 5.999.000 White
  • Oppo Find 5 32GB: Rp 5.999.000 Black

Tingkat harga smartphone Oppo hingga pertengah Desember ini belum mengalami banyak perubahan . Harga yang relatif stabil ini kemungkinan dipengaruhi oleh dua hal, yakni permintaan konsumen di pasar yang lumayan tinggi atau kebijakan harga dari Oppo sendiri yang tidak ingin melakukan banyak perubahan harga terhadap perangkat mereka.

Sebagai perangkat baru, Oppo dinilai terlalu percaya diri dengan menyematkan harga tinggi pada perangkatnya. Paling tidak begitu pendapat orang di tanah air, tidak diketahui bagaimana reaksi konsumen di negara lain.

Ironisnya perangkat yang konon segera hadir, Oppo R1 juga dibanderol dengan harga yang nyaris 7 juta, padahal vendor baru ini sedang mendapatkan komplain terkait overprice perangkat mereka.

Jika Oppo memproduksi tablet, kemungkinan besar harga yang ditawarkan kepada konsumen akan jauh lebih mahal ketimbang perangkat tablet merek lain yang ada di Indonesia. Kita tunggu saja apakah Oppo bersedia merilis smartphone Android dengan banderol yang lebih ramah di kantong.

AMD GPU14 Tech Day 2013, Ajang Pamer GPU Terbaru AMD Radeon

Sebuah press conference dilakukan oleh AMD dengan judul GPU14 Tech Day 2013. Ajang ini dilaksanakan di Hawaii, Amerika Serikat, AMD mencoba memperkenalkan produk terbaru mereka di bidang prosesor grafis. Tidak ingin ketinggalan dengan pesaing lainnya, AMD berharap dapat mengubah dan meningkatkan kelas computer gaming menjadi lebih tinggi lagi daripada sekarang.

Acara ini sendiri disiarkan melalui live streaming di Youtube, dan juga di situs eksklusif milik AMD. Press conference dibuka oleh Corporate VP AMD, John Taylor, yang memperkenalkan GM grafis AMD, Matt Skinner. Acara ini dimulai dari jam 13.00 waktu setempat, sampai jam 16.00. Dengan durasi yang cukup panjang ini, AMD tidak hanya memamerkan showcase terbaru mereka, tapi juga mengajak developer game untuk menunjukkan superioritas game mereka ketika menggunakan teknologi GPU yang dikeluarkan AMD.

AMD Tech Day

Adapun produk terbaru yang diluncurkan adalah AMD Radeon R9 dan R7, dengan pilihan seri di kedua tipe tersebut. AMD Radeon R7 memiliki seri 250 sebagai seri paling murah, dan 260x sebagai pendamping yang lebih superior. Untuk seri R9 sendiri dipercaya sebagai produk kelas high-end dari GPU terbaru Radeon ini. R9 dihadirkan AMD dengan pilihan tipe 270x, 280, dan 290x sebagai flagshipnya. Teknologi DirectX 11.2 yang mendorong performa GPU diintegrasikan eksklusif pada seri terakhir tersebut.

Teknologi lain yang diperkenalkan AMD dalam pertemuan ini adalah True Audio, teknologi suara yang mengkatalis pengalaman bermain game, dengan suara 3D yang lebih akurat dan mencengangkan. Jerry Mahabub, selaku CEO GenAudio yang bekerja sama mengembangkan teknologi ini, menjelaskan lebih rinci mengenai kehebatan teknologi audio tersebut menghasilkan surrounded sound hanya dengan dua speaker saja.

AMD sepertinya benar-benar memperhatikan kualitas audio, terlihat dari bagaimana mereka menekankan presentasi dari teknologi ini. Disebutkan bahwa teknologi audio ini didasarkan pada riset yang dilakukan selama 25 tahun terhadap bagaimana otak manusia menangkap suara. Lebih hebatnya, VP dan cofounder audiokinetis, Simon Ashby, juga diundang untuk menjelaskan integrasi teknologi Wwise pada AMD Radeon R9 ini.

Menghadirkan developer game terkemuka, beragam trailer game juga disuguhkan pada para peserta. Tentu saja, game ini dihadirkan dengan demo menggunakan teknologi yang dikeluarkan AMD. Sebut saja Star Citizen yang digarap oleh Chris Roberts, Battlefield 4, dan Lichdom: Redeemer, beserta Thief yang digodok oleh Eidos. Game lain, seperti Tomb Rider dan Dying Light juga ditampilkan.

Cara Mengaktifkan Microsoft Office 2013 ke Versi Full

Aplikasi perkantoran memang sangatlah bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Terlebih lagi, aplikasi perkantoran ini dapat memudahkan kita dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan kita baik itu di rumah, sekolah, rumah sakit, kantor dan lain sebagainya. Secara umum memang aplikasi perkantoran ini bertujuan untuk menulis dokumen dan dokumen tersebut dapat disimpan dengan baik dan aman. Hal inilah yang membuat mengapa aplikasi perkantoran seperti Microsof Office 2013 sangat terkenal dan sangat dibutuhkan oleh orang banyak. Karena seperti yang telah kita ketahui juga, pada kehidupan saat ini, kita sangat sering berhubungan dengan data sehingga membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat menghandel data tersebut dengan baik dan aman. Continue Reading

Daftar Harga Smartphone Lenovo Desember 2013

Bagi Anda yang mau tahun baru-an dengan HP baru, maka informasi tentang harga akan sangat berguna sebagai bahan referensi untuk memilih type dan jenis HP yang cocok dengan budget dan spesifikasi yang diinginkan. Artikel kali ini akan memberikan info tentang harga HP Lenovo terbaru bulan Desember 2013! Selamat menyimak.

Android-smartphones-by-Lenovo

  1. Lenovo A690 = Rp. 899.000,-
  2. Lenovo A390 = Rp. 999.000,-
  3. Lenovo A3691 i = Rp. 999.000,-
  4. Lenovo A800 = Rp. 1.399.000,-
  5. Lenovo A516 = Rp. 1.599.000,-
  6. Lenovo S720 = Rp. 1.999.000,-
  7. Lenovo P770 = Rp. 1.999.000,-
  8. Lenovo A706 = Rp. 1.999.000,-
  9. Lenovo S890 = Rp. 2.349.000,-
  10. Lenovo S820 4 GB = Rp. 2.799.000,-
  11. Lenovo S820 8 GB = Rp. 3.299.000,-
  12. Lenovo S920 4 GB = Rp. 2.799.000,-
  13. Lenovo S920 8 GB = Rp. 3.299.000,-
  14. Lenovo P780 4 GB = Rp. 2.999.000,-
  15. Lenovo P780 8 GB = Rp. 3.699.000,-
  16. Lenovo K900 = Rp. 4.399.000,-

Dari pertama diluncurkan, rata rata Lenovo dengan harga low-end dan mid-end seperti A390 tidak mengalami perubahan harga, walaupun dimunculkan versi terbaru A396i yang lebih canggih dengan harga yang sama. Sedangkan untuk type lain seperti Lenovo S820 8 GB, K900, dan S920 8 GB mengalami penurunan sebesar 100 – 200 ribuan.

Beberapa versi Lenovo seperti A850, S930, S650, Vibe X/Z untuk tahun ini belum masuk pasar Indonesia, dan baru dikabarkan akan masuk pada tahun 2014.

Nah, sekarang model yang mana yang jadi pilihan Anda. Dengan semakin beragamnya model yang ditawarkan, maka pengguna bisa dengan bebas menyesuaikan kebutuhan model dengan budget yang dimiliki. Meskipun ada yang berbanderol di bawah 1 juta tetapi Lenovo punya reputasi yang baik di ranah teknologi.

Terlepas dari hijaunya pengalaman Lenovo di ranah smartphone, mereka tetaplah sebuah brand besar yang punya sumber daya dan modal yang kuat sehingga yang mereka butuhkan hanya kesempatan untuk membuktikan bahwa perangkat smartphone mereka tak kalah jago.

10 Game Indie Terbaik dari PAX East

Mungkin sebagian dari kita belum ada yang mendengar tentang PAX. PAX merupakan singkatan dari Penny Arxade Expo, sebuah pameran game dengan skala besar yang melibatkan berbagai jenis genre game mulai dari console game, computer game, maupun board game. PAX pada awalnya merupakan ide dari duo Jerry Holkins dan Mike Krahulik, pencipta webcomic Penny Arcade, untuk mengumpulkan berbagai game terbaik yang pernah ada dan mencari game-game lain berpotensi menjadi game unggulan kelak.

Sejak diadakan pada tahun 2004, PAX telah dianggap sebagai sebuah perayaan besar untuk kalangan gamer. Berbagai acara dihelat pada ajang ini, diantaranya dialog dengan para ahli di dunia industri game, konser yang mengambil tema dari dunia game, diskusi panel dengan tema game, pameran dari pada game developer dan game publisher, kontes game LAN, turnamen board game, dan tak lupa terdapat area bermain video games.

Setelah diadakan di Seattle, Boston, dan Melbourne, kini sejak 2012 sebuah kesepakatan telah membuat Boston menjadi kota tetap untuk tuan rumah Pax East sampai dengan tahun 2023. PAX East yang diadakan pada tanggal 22-24 Maret 2013 ini sempat menjadikan beberapa developer indie bak artis karena game-game yang mereka kembangkan diklaim sebagai game terbaik, dan diulas oleh Mashable. Apa saja game yang menjadi game-game indie terbaik dari PAX East?

Divekick

Game ini mungkin menjadi sebuah game fighting yang revolusioner, dimana menang atau kalah akan ditentukan oleh satu serangan telak ke lawan. Gaya bermain seperti ini sempat ada pada game PlayStation dengan judul Soul Calibur yang pertama kali dirilis pada tahun 1998 pada genre arcade game.

Game ini sedang dalam tahap peluncuran oleh Iron galaxy Studios untuk PlayStation 3 dan PlayStation Vita tahun ini.

Tiny Brains

Game ini menjadi salah satu game terbaik karena memiliki konsep yang baik sebagai game yang dimainkan secara multiplayer. Game yang dikembangkan oleh Spearhead Games, menceritakan tentang beberapa hewan percobaan yang ingin meloloskan diri dari lab tempat mereka dikurung. Mereka harus menyelesaikan berbagai puzzle untuk meloloskan diri, dan kemampuan mereka tergantung dari seberapa tangkas si pemain dalam mengendalikan mereka.

Outlast

Game horor ini menceritakan tentang seorang jurnalis yang mencari informasi tentang misteri yang terjadi pada sebuah rumah tua. Bersenjatakan kamera, ia disambut dengan berbagai kengerian yang ada. Outlast adalah sebuah game terbaik dari genre horor, membuat para pengunjung PAX terkesima di tengah-tengah ketakutan mereka.

Castle Story

Ciptakan sebuah istana megah di pulau yang melayang dengan memerintah kerja beberapa makhluk yang dinamai Bricktrons, makhluk-makhluk yang menyerupai LEGO. Hal menarik akan terjadi ketika game ini dimainkan secara multiplayer, dimana tiap pemain harus melindungi istana mereka dari serangan pemain lain. Game menarik buatan Sauropod Studios ini rencananya akan dirilis untuk PC pada akhir tahun ini.

Little Chomp

Seekor ulat bernama Little Chomp berusaha untuk mengambil seluruh buah-buahan pada tiap stagenya sambil menghindari para predator. Berbagai keunggulan ditawarkan pada game ini, termasuk power ups dan kualitas grafik unggulan. Fitur kontrolnya pun dikemas dengan sangat baik, menjadikannya sebagai salah satu dari game terbaik yang dipmerkan pada PAX East 2013.

Apotheon

Game yang berhasil menarik para pengunjung PAX East 2013 adalah Apotheon yang memiliki kualitas grafik layaknya artwork asli dari Yunani. Gambar-gambar yang disajikan sungguh terlihat menarik; melihat tampilan game ini seperti melihat karya lukis Yunani yang bergerak. Apotheon rencananya akan dirilis untuk PC.

SmashMuck Champions

Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) merupakan sebuah genre game yang terkenal kejam dan susah untuk dimainkan oleh para pemula, namun game SmashMuck Champions ini berusaha untuk mematahkan anggapan tersebut dengan menghadirkan sebuah game MOBA yang cukup bersahabat dan mudah dimainkan oleh beginners untuk mempelajari segala aspek rumit dari sebuah game MOBA.

Didesain dengan cepat karena tiap rondenya dapat dimainkan kurang dari 10 menit menyebabkan salah satu game terbaik ini disukai karena tidak membuat pemainnya terikat oleh waktu.