Lucuti Fitur Andalan Kamera Digital Ricoh HZ15

Ricoh HZ15

Keluarnya kamera digital Ricoh HZ15 sebagai produk terbaru mereka mungkin menjadi tonggak awal transisi dari brand yang selama ini mengeluarkan produk dengan label Pentax.

Ricoh HZ15Desain dan Lensa

Kamera digital Ricoh HZ15 merupakan kamera yang kecil dan ringan. Kamera kelas pocket ini ditawarkan dengan lensa tertanam dengan ukuran 24 mm. Lensa ultra-wide angle ini memiliki fitur 15x high-magnification optical zooming. Dengan fitur zoom tersebut, kamera Ricoh terbaru ini dapat mengcover jarak 360 mm yang masuk ke dalam super-telephoto. Jika diperlukan, terdapat fitur makro dengan jarak focus minimum 3 cm dari subyek.

Untuk desainnya sendiri, kamera digital Ricoh HZ15 ini memiliki finishing dengan tekstur pada gripnya untuk membuat pengguna nyaman dengan genggaman. Kamera ini dibalut warna hitam glossy yang membuatnya terlihat elegan. Persebaran dari tombol-tombol pun membuat kontrol pengguna lebih mudah dilakukan.

Layar LCD berukuran 3 inch yang dipasang pada kamera digital Ricoh HZ15 memiliki kualitas resolusi 230.000 dpi. Layar ini mampu menghadirkan tampilan yang jelas, baik untuk menu maupun gambar yang diabadikan dengan kamera ini.

Kualitas Gambar

Dengan sensor CCD yang dibekali fitur CCD-shift-type Shake Reduction, kamera digital Ricoh HZ15 dapat menangkap gambar dengan kualitas resolusi hingga 16 MP.

Adapun fitur Shake Reduction sendiri akan meningkatkan ketajaman gambar dengan mengurangi blur yang terjadi akibat shaking ketika pengambilan gambar. Pengguna kamera digital Ricoh HZ15 tidak perlu lagi takut untuk mengambil gambar dalam slow speed di kondisi pencahayaan yang kurang baik lagi.

Selain fitur SR yang ditawarkan tersebut, terdapat juga 20 opsi scene mode yang dapat digunakan oleh pengguna untuk mengabadikan gambar sesuai dengan kebutuhan. Dengan 20 opsi inilah pengambilan gambar tidak pernah semudah menggunakan kamera digital Ricoh HZ15.

Pengambilan Video

Salah satu fitur canggih lain yang ditawarkan Ricoh adalah perekaman video yang eksepsional. Kamera digital Ricoh HZ15 mampu merekam video dengan kualitas HD. Dengan resolusi 1290 x 720 pixel dan rate 30 fps, serta ratio video 16:9, sepertinya tidak perlu dijelaskan lebih lanjut bagaimana video menjadi salah satu hal esensial yang diperhatikan Ricoh ketika merancang kamera ini.

Untuk mendukung modus video ini, kamera digital Ricoh juga menyediakan fitur Movie SR.

Ricoh juga menyediakan tombol sendiri untuk modus video, membuat pengguna dapat dengan mudah melakukan switch ke modus ini dari modus manapun yang sedang dipakai.

Fitur Lain

Baterai yang digunakan pada kamera digital Ricoh HZ15 ini memiliki sistem charging in-body. Hal ini membuat pengguna tidak perlu melepas kamera untuk melakukan charge, cukup mencolok kabel langsung ke bodi kamera dan charging pun sudah dapat dilakukan. Media penyimpanan pun sudah support dengan Eye-Fi wireless LAN memory card SD.

Verdict

Kamera digital Ricoh HZ15 diprediksi mampu menjadi salah satu pilihan favorit kamera digital kelas pocket di pasaran saat ini. Dengan fitur dan spesifikasi high-end yang dibalut pada sebuah kamera kecil dan ringan, sepertinya para pengguna akan sangat dimanja dengan kamera satu ini.

Dengan peluncuran kamera digital Ricoh terbaru ini, sepertinya Ricoh berusaha bangkit dari masa dorman waktu itu dan merebut simpati publik. Sayangnya, kabar burung menyatakan bahwa kamera ini hanya akan tersedia terlebih dahulu di pasaran Eropa. Belum ada kabar resmi yang dapat dilansir terkait dengan peluncurannya di pasaran Asia, berikut juga harga yang akan ditawarkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*