Membuat Pengguna Nyasar, Apple Maps Diejek Nokia

Jika Anda adalah salah satu penumpang maskapai penerbangan, dan ketika Anda sedang melihat keluar jendela lalu menemukan sebuah taksi mengangkut penumpang sedang berjalan di area lepas landas, kira-kita apa yang Anda pikirkan? Hal ini terjadi di Alaska baru-baru ini. Pengemudi taksi mengikuti arahan penumpang yang menggunakan navigasi dari Apple Maps miliknya.

nokia-tweet-mocking-apple

Tentu saja pihak berwajib bergegas menghentikan taksi berpenumpang tersebut karena dianggap melanggar rambu lalu lintas, dan membahayakan proses lepas landas maskapai yang menggunakan jalur lepas landas tersebut. Dikabarkan lebih lanjut bahwa Apple sedang dalam proses menyidik dan membetulkan glitch pada sistem navigasi tersebut.

Sontak seluruh dunia gempar dengan hal ini. Nokia menjadi salah satu pihak yang paling sinis dengan hal ini. Perusahaan asal Finlandia tersebut melontarkan ejekan dari Twitter resmi mereka. Adapun tweet yang dilakukan oleh cabang Nokia di UK tersebut berisikan gambar print screen dari aplikasi navigasi maps yang dirancang Nokia sendiri. Pada gambar tersebut, Nokia menunjukkan bahwa navigasi pada peta yang mereka buat dapat menunjukkan jalan yang benar pada para penggunanya. Seakan ingin menabur garam pada luka, Nokia menggunakan slogan Apple “There’s an app for that” dengan tambahan “Here” di bawahnya seperti ingin menunjukkan superioritas ponsel pintar milik mereka.

 

Nokia bukan pertama kali melakukan hal ini di kancah Twitter. Sebelumnya, ketika perilisan iPhone 5C diumumkan, Nokia juga sempat memasukkan entri berisi gambar jajaran produk Lumia dengan bodi plastik dan berwarna-warni. Tambahan judul “Immitation is the best form of flattery” (imitasi adalah salah satu bentuk terbaik dari pujian) ikut menghiasi gambar tersebut.

Banyak orang yang menyayangkan langkah yang dilakukan Nokia tersebut. Selain membuat pengguna tidak simpatik, banyak orang mengatakan bahwa Nokia seharusnya lebih memperhatikan development dari produk mereka daripada mengejek produk dari pesaingnya.

Apple sendiri memang bukan pertama kali mendapat masalah pada sistem navigasi Apple Maps yang penuh dengan glitch. Untuk itu, sepertinya Apple harus bekerja lebih keras agar dapat membungkam Nokia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*