Mengintip Kemampuan Intel Xeon Phi, Coprocessor Berbekal 61 Inti

Super komputer dalam unuran sebuah kartu grafik, mungkin itulah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan apa itu Intel Xeon Phi. Perangkat yang satu ini memang hanya sebesar sebuah kartu grafik, namun kemampuannya luar biasa karena terdiri dari 60 inti yang ditempatkan pada satu chip saja.

Kemampuannya ini telah tergolong ke dalam kemampuan super computer, dan ukurannya yang hanya satu chip saja dapat menjadi pedang bermata dua, antara keuntungan dengan kerugiannyaa. Bagaimana Intel mengemas produk andalan mereka yang satu ini?

Sebagai sebuah coprocessor, perangkat Intel Xeon Phi ini memiliki fungsi yang berbeda dengan kartu grafik, meskipun unurannya nedekati ukuran perangkat VGA card. Fungsi utama dari perangkat yang satu ini adalah membantu meningkatkan kekuatan dapur pacu dan komputasi dari sebuah perangkat komputer. Perangkat coprocessor dari Intel ini mampu untuk meningkatkan kemampuan komputer dalam menjalankan tugas-tugas CPU di server maupun komputer desktop biasa.

Desain

Memiliki ukuran yang hampir sebesar kartu grafik Larrabe yang juga dikembangkan oleh Intel, coprocessor Intel Xeon Phi ini memiliki desain yang elegan dengan ukuran yang cukup besar. Dibalut dengan warna dominan biru muda khas Intel, coprocessor yang satu ini cukup nyaman dilihat.

Intel Xeon Phi

Selain itu, bentuk luarnya juga dapat mewakili kemampuan luar biasa yang dimilikinya. Intel Xeon Phi diciptakan dengan menggabungkan keindahan bentuk dan kekuatan dari sebuah prosesor 61 core, membuatnya semakin terlihat mewah.

Sejatinya, jumlah core yang terdapat pada perangkat ini berbeda-beda, tergantung tipenya. Yang memiliki ukuran paling kecil adalah Intel Xeon Phi 3120A/P yang memiliki core sebanyak 57, dan yang paling tinggi adalah Xeon Phi SE10P/X dengan jumlah inti 61.

Bersambung bagian 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*