Mengoptimalkan Kamera Smartphone Untuk Mendapatkan Hasil Foto yang Tajam

Optimalkan kamera smartphone

Di jaman hybrid seperti sekarang sudah jarang menemukan kamera smartphone yang abal-abal, rata-rata smartphone sekarang memiliki kamera paling rendah 3 MP.  dengan kamera ponsel 3MP sudah dapat menghasilkan karya photografi yang mumpu untuk kalangan pengguna ponsel asal tau komposisi penggunaannya. berikut congkel.com akan membahas sedikit cara mengoptimalkan kamera smartphone ataupun camera tablet:

1. Curahkan cahaya yang memadai

Objek foto berikan cahaya yang cukup karena kamera ponsel tidak ada pengaturan iso yang seperti pada kamera digital saat ini, untuk mengakali hal tersebut coba untuk menggunakan fitur white balance yang terdapat pada ponsel.  semakin banyak cahaya yang di pantulkan oleh objek semakin bagus hasil jepretan yang di dapat, dapat juga menggunakan lampu flash karena sebahagian besar smartphone sudah ada fasilitas flash, namun perlu di perhatikan saat menggunakan flash untuk memotret objek yang tidak memantulakan cahaya seperti objek yang mengkilap seperti kaca, tv atau cermin karena hal ini dapat memberi hasil photo  yang kurang maksimal, karena biasan cahaya flash akan di pantulkan ke kamera. dan penggunaan pada ruang terbuka juga perlu di perhatikan karena akan memberi efek gelap pada hasil foto apabila objek berada jauh dari background.

2. Mendekatlah dengan objek

Hal ini seringkali menjadi momok pada para pengguna kamera ponsel yaitu takut dengan objek karena mengira tidak akan bagus bila terlalu dekat dengan objek padahal ini kebalikan apabila ingin mengabadikan suatu objek kita harus mendekatinya sedekat mungkin untuk hasil maksimal karena dengan mendekati objek hasil foto akan lebih fokus terhadap objek tersebut, dan pada pengguna kamera smartphone atau tablet hindari menggunakan digital zoom hal ini akan membuat hasil bidikan tidak maksimal, apa bila anda di posisi dimana harus menggunakan digital zoom carilah tempat bersender untuk menghindari goncangan karena saat menggunakan fitur digital zoom sedikit saja goncangan pada ponsel akan membuat hasil blur dan tidak tajam.

3. Hindari pengeditan di Ponsel

Saat ini berbagai macam aplikasi untuk mengedit hasil foto dari camera ponsel bermunculan ada baiknya untuk tidak menggunakan aplikasi tersebut untuk mendapatkan kualitas gambar yang baik, selain ukuran gambar akan berkurang hal ini juga kurang efektif karena saat pengeditan di ponsel layar ponsel terlalu kecil untuk mengedit foto dengan baik, ada baiknya ada mengedit di pc untuk mendapatkan hasil yang optimal dan juga saat menggunakan pc atau laptop ruang pandang lebih leluasa dengan begitu anda dapat lebih jelas melihat detail dari pada foto tersebut.

4. Jangan Langsung Hapus dan Lakukan Lagi dan Lagi

Sering kali saat melakukan pengambilan foto dengan kamera ponsel atau tablet memvonis hasilnya tidak bagus dari layar ponsel. sekali lagi perlu di ingat kualitas layar ponsel tidak sebaik kualitas layar pc. jadi ada baiknya anda untuk tidak langsung menghapus foto yang anda rasa kurang baik pada layar ponsel lakukan review pada layar komputer anda untuk memutuskan hapus atau tidak. dan jangan sunkan-sunkan untuk mengambil gambar yang banyak untuk satu objek apabila memory ponsel memungkinkan ambil foto dari berbagai sudut untuk satu objek dan lakukan review pada komputer.

5. Langgarlah Lampu Merah

Berbeda dengan camera profesional yang harus memperhatikan aturan komposisi pada saat pengambilan gambar, keunikan kamera ponsel sangat luar biasa bahkan akan menghasilkan gambar yang luar biasa apa bila anda melanggar komposisi dasar photografi misalnya jangan letakkan objek fotomu di tengah frame, tapi di sepertiga jendela bidik. Ini akan membuat gambar terasa hidup dan unik, melanggar aturan itu indah 😀 .

6. Jaga Lensa dan Resolusi

Berbeda dengan kamera pada umumnya camera ponsel lebih rentan terhadap kebersihan karena tidak memiliki penutup lensa, ditambah lagi medan yang di tempuh oleh kamera lebih extrem seperti di kantong di tas yang banyak debu dan pasir  dan juga lebih rentan terkena sidik jari jadi jagalah kebersihan lensa ponsel anda. Gunakan resolusi yang tertinggi pada settingan ponsel anda hal ini akan memberi hasil yang maksimal.

Demikian tips mengoptimalkan kameran smartphone dan tablet anda semoga bermanfaat dan jangan sungkan untuk ber experimen dalam pengambilan foto.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*