Mitos Seputaran Baterai Laptop ( Tips Agar Baterai Awet )

Baterai laptop adalah jeroan laptop yang sangat penting, betapa tidak, untuk mendukung mobilitas tinggi makanya laptop di berikan baterai agar dapat digunakan saat mati lampu atau berada di tempat yang tidak memiliki listrik. dan masalah ketahanan baterai juga menjadi momok dikalangan pengguna laptop saat ini, dan banyak yang tidak memperhatikan hal-hal yang dapat membuat baterai jadi tidak awet dan rusak. banyak mitos yang beredar dimasyarakat awam tentang bagaimana penggunaan laptop agar baterai tahan lama dan umur panjang. congkel akan mengulas sedikit tips bagaimana menghemat baterai laptop.

laptop-batterai

Mitos Tentang Baterai Laptop

Banyak tips menghemat baterai laptop yang bertebaran di internet yang menyatakan bahwa apabila menggunakan laptop saat ada listrik sebaiknya mencabut baterai dan menyambung langsung laptop ke listrik tanpa baterai melalui adaptor.

Kenyataannya

Laptop keluaran tahun 2009 ke atas sudah memiliki fitur autostop charge atau sering juga di sebut smart charge, yaitu batrai memeliki komponen elektronik yang akan mengatur charge otomatis, saat baterai penuh baterai akan secara otomatis tidak di charge lagi namun masih tetap menggunakan komponen dalam baterai untuk membagi arus ke laptop karena laptop membutuhkan daya sekitaran 11-12volt (berbeda setiap laptop), dan arus yang di hasilkan oleh adapter rata adalah 19 volt  ( hampir semau charge lebih besar arusnya di bandingkan baterai baik baterai lapto atau pun ponsel dan lain-lainnya). apabila anda melepaskan baterai dari laptop maka arus yang diterima laptop adalah 19 volt dan hal ini akan membuat laptop anda rusak terutama pada komponen resistor yang terdapat pada motherboard laptop anda karena arus yang diterima terlalu besar lama kelamaan akan menurun kualitasnya dan akan rusak. Pada Intinya gunakan baterai anda saat sangat membutuhkannya apabila memeliki arus listrik sebaiknya menggunakan adaptor pada laptop anda tanpa melepaskan baterai.

Tips agar baterai tidak cepat soak

Berikut adalah hal-hal yang harus di hindari dalam penggunaan laptop agar baterai tahan lama.Perlu di ingat baterai memiliki cycle (siklus hidup) dimana setiap tahunnya baterai akan menurun kemampuan menyimpa arus sebesar 20% setiap tahunnya.

  1. Apabila anda terpaksa menggunakan baterai pastikan saat baterai berada 10% hentikan pemakaian dan segera di isi ulang. jangan biarkan laptop anda mati sendiri karena kahabisan baterai.
  2. Hindari penggunaan laptop dia atas sofa, tempat tidur dan lainnya yang menyumbat sirkulasi udara pada laptop karena akan menyebabkan overheating yang akan membuat laptop panas berlebihan selain merusak komponen lainnya juga merusak baterai.
  3. Jika laptop tidak digunakan dalam waktu lama, isi baterai hingga penuh dan cabut baterai dari lapto dan simpan baterai dan laptop dalam suhu sejuk namun kering tidak di tempat lembab.
  4. Gunakan pengaturan power management pada laptop untuk mengatur laptop  anda lebih hemat pengguaan baterai dengan cara buka CONTROL PANEL  pilih SYSTEM AND SECURITY pilih POWER OPTIONS dan klik CHANGE PLAN SETTINGS, Gunakan settingan pada On battery dengan settingan paling minimal.
  5. Hindari aktifitas multitasking (membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan) saat menggunakan baterai hal ini akan mebuat laptop berkerja extra dan menguras baterai  karena prosesor memebutuhkan asupan daya untuk mmproses semua perkerjaan pada waktu bersamaan, gunakanlah program yang memang sangat dibutuhkan saja.
  6. Pastikan anda menggunakan adapter/ charge original dan di peruntukan untuk laptop anda karena berbeda kebutuhannya setiap laptop. dan sesekali cek kuningan yang menghubungkan laptop dan baterai dalam keadaan baik tidak berdebu dan berkarat.

Demikianlah ulasan agar baterai laptop awet semoga bermanfaat

Note: Akibat yang ditimbulkan oleh penggunaan adapter tanpa menggunakan baterai adalah, saat mati lampu hardisk akan fail dan motherboar akan rusak karena turun naiknya arus yang dihasilkan oleh PLN, dan kebesaran arus yang diterima. Pilih baterai atau hardisk dan motherboard  rusak?

11 Comments

  1. artikelnya bagus bgt. kebetulan lagi bermasalah sama baterai laptop yg cepet habis. jd kalo dipakai sambil dicas namun baterai gak dicabut walaupun sudha penuh, itu gapapa ya? makasih banyak klo mau jawab 😀

  2. Gi mn ni gan, notebook Q kl d cas lampu indikatorx berkedip. Tru kl d cabut langsung mati notebookx. Mohon petunjukx. Merk acer aspira one 722.

  3. setahu ane, sebaiknya jangan menyambungkan laptop langsung ke arus listrik (tanpa melewati batrei), menghindari listrik yang padam secara mendadak karena dapat merusak laptop.

  4. kalo utk tablet, gimana? termasuk tablet yg berfungsi sbg pc (hibrida), misalnya samsung ativ smart pc…

  5. Wah, serius ni ? klo lg di pake mending di colokin ke listrik dgn batre ??

    katanya batre Li-Ion ada batas chargernya ?? trus klo smbil di colok bisa 100 kurang 99% trus 100% lgai berkali2 bisa makin cepet ngurangin batas chargernya..
    gmn itu mas ???

    minta solusi dong, soalnya ragu ni make laptop smbil dicolok klo dah 100%

    • @aan: Kalau saya sendiri kalau sudah 100% gak pernah saya cabut, saya biarkan sampai laptop mati baru charger saya cabut. Laptop saya sudah setahun lebih dikit, penggunaan 10-24 jam sehari (kerjaan administrator web), sampai saat ini tidak ada masalah sama sekali. Laptop HP G4-1003TU.

  6. Punya saya Merk Acer , blom setahun pemakaian tapi sudah ngedrop padahal mencharge batrenya sesuai petunjuk , misalnya tidak boleh mencharge dalam keadaan Laptop hidup atau berlebihan waktu charging nya.
    Thx Infonya bro …

  7. gimana kalo baterai tinggal ½ itu lptopnya lgsung mati..itu knapa y gan?? apa dari pngaruh pngaturan baterai atau krna udah drop..trus kalo lptop lama ga dipakai skitar 2 bulan lebih tapi baterai nya tetap di dalem lptop itu gapapa kan gan??
    thanks:)

    • @dhiyla: Kalau mati sendiri mungkin karena baterai sudah drop. Kalau tidak dipakai 2 bulan, sebaiknya baterai dilepas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*