Model dan Harga AMD Radeon R9 dan R7 Serta Kelebihannya

AMD Radeon R9 dan R7

Melanjutkan artikel tentang AMD Radeon R9 dan R7 kemarin, di mana pada perhelatan GPU14 Tech Day menjadi showcase AMD memamerkan GPU Radeon seri terbaru mereka. Dengan kehadiran Radeon R7 dan R9, AMD tidak ingin ketinggalan dengan pesaing terkuat mereka di jagad game komputer, nVidia.

Pada acara konferensi pers yang diadakan pada 24 September lalu tersebut, AMD memamerkan kemampuan dan teknologi yang diintegrasikan pada Radeon R7 dan R9 tersebut.

Matt Skinner, selaku GM departemen grafis AMD, menjelaskan bahwa perkembangan game PC saat ini sangatlah pesat, dengan pemasukan hingga US$ 18 trilyun. Angka ini dikabarkan akan naik ke US$ 21 trilyun di tahun 2016. AMD Radeon R7 dan R9 diluncurkan dengan beberapa seri.

AMD Radeon R9 dan R7

R7 memiliki seri 250 yang akan dijual kurang dari US$ 90, menjadikannya produk paling murah dibanding yang lain. Sedangkan R7 260x akan dijual dengan harga US$ 150. Seri satu ini memiliki RAM 2GB GDDR5.

Sedangkan seri pada Radeon R9 digadang sebagai GPU yang lebih kuat lagi. R9 270x dan 280 akan dijual masing-masing seharga US$ 200 dan US$ 300. Radeon R9 280 akan dilengkapi RAM 3GB GDDR5. Untuk AMD Radeon R9 290x akan menjadi flagship, dengan status sebagai GPU terkuat yang pernah dirancang AMD. Memori 4GB di dalamnya akan sangat mendukung game dengan resolusi 4K.

Pada GPU flagship tersebut juga sudah dapat diintegrasi dengan DirectX 11.2. Teknologi ini akan mendukung komputasi lebih dari 5 teraflop, dengan bandwidth 300GB per detik. Tidak hanya itu, seri R9 290 dengan kapasitor lebih dari 6 trilyun ini juga memungkinkan proses lebih dari 4 milyar triangles per detik.

Tidak heran jika resolusi 4K bukan sebuah halangan untuk dimainkan pada PC dengan paduan GPU dan teknologi ini. Hal ini membuat AMD Radeon R9 290 sebagai GPU pertama yang akan dapat digunakan untuk mengangkat game beresolusi 4K. Untuk konfigurasi pada layar memang masih harus dilakukan secara manual oleh para gamer, tapi dengan setting yang mudah untuk dilakukan.

Walaupun segala kelebihan dan teknologi AMD Radeon R9 290 sudah dibeberkan, tidak seperti saudara-saudaranya, harga yang akan dibandrol masih menjadi misteri. Banyak yang berspekulasi bahwa GPU terkuat milik AMD ini akan dibandrol tidak kurang dari US$ 700. Perilisannya masih akan ditunggu hingga tanggal 24 Oktober mendatang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*