Perbandingan Dua Laptop Gaming, MSI GE40 vs. Alienware

Segmen laptop gaming memang sudah sering diliput di berbagai media. Pertumbuhan gamer di dunia memang selalu menanjak setiap tahunnya. Siapa yang tidak suka main game? Hanya satu dari 100 orang saja yang akan mengatakan tidak. Melihat pertumbuhan ini, tidak heran jika banyak perusahaan teknologi berlomba merancang laptop gaming terbaik. Kali ini kita akan bahas mengenai laptop (sebenarnya bisa dikatakan ultrabook) dari Micro-Star International – MSI GE40 dan juga laptop Alienware.

Desain

Laptop gaming terbaik digambarkan memiliki desain super gagah. Begitulah kira-kira yang akan Anda dapatkan dari seri laptop Alienware, entah varian 14, 17, maupun 18 yang Anda pilih. Bertolak belakang dengan Alienware, MSI menghadirkan laptop gaming dalam sebuah ultrabook yang jauh dari kata gagah. Lebih bersahaja, desain MSI GE40 ini sama sekali tidak memancarkan “untuk gamer” dari eksterior luarnya.

Keyboard

Pancaran sebuah laptop gaming terbaik baru terlihat dari MSI GE40 setelah Anda melihat bagian keyboardnya. Di luar kesederhanaan desain eksterior, MSI GE40 memiliki keyboard gaming yang tidak kalah dari laptop Alienware. Dengan backlight LED multi warna yang dapat diset sesuai keperluan, MSI GE40. Tidak mau kalah laptop Alienware dengan tiga varian ini juga mengusung keyboard yang sama. Walaupun demikian, banyak gamer mengatakan tata letak dan ukuran keyboard milik MSI GE40 jauh lebih nyaman daripada Alienware.

Touchpad keduanya dinilai cukup responsif walaupun milik MSI GE40 dinilai berukuran relatif kecil. Adapun touchpad Alienware sudah dilengkapi backlight juga.

MSI GE40 vs. Alienware 2

Display

Walaupun sama-sama dilengkapi layar berukuran 14 inch, nyatanya MSI GE40 memiliki resolusi yang lebih kecil daripada laptop Alienware varian 14 (yang merupakan kelas paling bawah di antara tiga varian.) Laptop gaming terbaik harus memberikan kualitas resolusi yang juga terbaik. Alienware menang dari segi ini.

Suara

MSI GE40 dan Laptop Alienware memang patut menjadi kandidat laptop gaming terbaik. Keduanya memiliki audio yang sangat baik dan mampu menghasilkan kualitas suara bening. Ditambah dengan software bawaan masing-masing (Sound Blaster Cinema pada GE40 dan Alienware Audio pada Alienware) yang dapat mengubah setelan sistem suara dari laptop tentu akan memanjakan telinga para gamer.

Heat

Ini adalah salah satu faktor penting dalam sebuah laptop gaming. Dengan desain tipisnya, MSI GE40 masih kurang baik dalam menyirkulasikan panas. Terbukti bahwa tes yang dilakukan menunjukkan suhu akan naik setelah 20 menit durasi permainan berlangsung. Tidak jauh berbeda dengan Alienware varian 14. Namun, jika dibandingkan dengan varian 17 dan 18, Alienware masih mampu menstabilkan suhu komponen dengan lebih baik.

Ports

Jumlah ports adalah salah satu hal vital dalam sebuah laptop gaming terbaik. Tanpa jumlah port yang mumpuni, tentu proses gaming akan terhambat. MSI GE40 menghadirkan dua port USB 3.0 dan satu port USB 2.0, sedangkan Alienware menghadirkan tiga port USB 3.0 pada laptopnya. Di luar itu, keduanya dilengkapi port standard, seperti HDMI, jack microphone dan headphone, serta juga output VGA.

Untuk webcam (walaupun sepertinya tidak signifikan diperlukan pada sebuah laptop gaming) Alienware menanamkan sebuah kamera berkualitas 2 MP, dan MIS GE40 menggunakan kamera berkualitas 720p.

Prosesor dan RAM

Varian Alienware 14 memiliki prosesor yang sama seperti pada MSI GE40. Prosesor Intel quad-core Intel i7 4700MQ akan mendorong keduanya dengan kecepatan 3.2 GHz. Bila melihat kelas Alienware 18 memang jauh lebih berat dan tidak berimbang, mengingat varian 18 memiliki kemungkinan custom prosesor dengan Intel i7 4900MQ dengan memori RAM 32 GB.

Perbedaan tenaga antara MSI GE40 dan Alienware 14 terlihat dari memori RAM yang menyokong keduanya. MSI GE40 masih menggunakan kapasitas memori sistem 8 GB sedangkan Alienware akan didorong dengan kapasitas 16 GB.

Grafis

Kualitas gaming MSI GE40 masih berada di bawah laptop Alienware, bahkan jika dibandingkan dengan kelas varian 14. Laptop gaming terbaik haruslah memberikan performa grafis yang sangat baik, dan Alienware tidak ingin mengecewakan para gamernya. Nvidia GeForce GTX 765M ditanam sebagai komponen penunjang grafis di Alienware, akan menghadirkan performa fps tinggi di game berat, bahkan pada setelan high quality sekalipun.

Bagaimana dengan MSI GE40? Nvidia GeForce GTX 760M miliknya memang cukup untuk mendorong kemampuan grafis komputer, sayangnya fps milik GE40 ini masih berada di bawah bayang-bayang Alienware. Mutlak Alienware memenangkan poin penuh di segmen ini.

Kencangnya performa Alienware membuat konsumsi daya listrik jauh lebih besar daripada MSI GE40. MSI GE40 mampu bekerja selama 8 jam non stop tanpa charging, sedangkan Alienware hanya dapat menyala selama 5 jam.

MIS GE40 menggunakan sistem operasi Windows 8 terbaru sebagai basisnya. Alienware sendiri masih menggunakan versi terdahulu dari sistem operasi Microsoft, Windows 7. Untuk garansi sendiri, MSI memberikan perlindungan selama 2 tahun bagi para penggunanya. Alienware sendiri di Indonesia menggunakan jasa Dell untuk memberikan garansi selama 2 tahun.

Harga

Laptop gaming terbaik tidak akan ditawarkan dengan harga murah. Percayalah, harga US$ 1200 yang ditawarkan MSI GE40 dan Alienware 14 masih bisa dibilang terjangkau. Lihat bagaimana raksasa sekelas Alienware 18 dihargai US$ 2000.

Kesimpulan

Melihat performa yang ditawarkan oleh Alienware varian 14, sepertinya MSI GE40 masih jauh dari titel laptop gaming terbaik. Adapun bila diwajibkan memilih, sepertinya Alienware 14 masih menjadi rekomendasi kuat mengingat harga keduanya yang dipatok tidak berjauhan.

YY212-2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*