Perbedaan Lensa Zoom dan Fixed

Mungkin akan muncul di benak anda apabila anda ingin membeli lensa baru untuk kamera dslr anda pilih lensa zoom atau fixed? berikut congkel akan membahas perbedaan lensa zoom dan lensa fixed semoga artikel ini dapat memberi penjelasan bagi anda yang sedang berburu lensa.

Photografer yang berpengalaman akan lebih memilih lensa fixed atau prime yang memiliki focal length tetap untuk pemilihan lensa kamera dslrnya. namun apasih keuntungan dan kerugian di antara kedua jenis lensa ini?

Lensa fixed adalah

Lensa fixed atau prime adalah lensa yang memiliki length hanya pada satu titik saja dengan artian anda tidak dapat merubah titik focal pada lensa tersebut, misalnya 105mm, anda tidak akan dapat melakukan zoom pada objek yang akan anda bidik jika anda menginginkan zoom anda harus mendekati objek tersebut begitu juga bila ingin unzoom anda harus menjauh dari objek tersebut. berbeda dengan lensa zoom anda berada pada satu titik anda dapat merubah ukuran zoom sesuai dengan keinginan  anda selama masih dalam range zoomnya misal 55mm sampai 200mm.

NAB Show 2011 in Las Vegas: Carl Zeiss introduces new mounts for Compact Prime CP.2 lenses

Lensa Zoom adalah

Lensa zoom adalah lensa yang memiliki ring pengaturan zoom yang dapat di putar sehingga akan mudah untuk mendapatkan jarak objek sesuai dengan keinginan tanpa anda harus bergerak mendekati objek tersebut, lensa zoom pasti memiliki range atau titik zoom dalam satuan mm, misalnya 17-85mm, 55-200mm dan sebagainya.

zoom lens

Perbedaan lensa zoom dan fixed

Lensa prime atau fixed akan menghasilkan gambar dengan kualitas yang sangat tajam dan halus bila dibandingkan dengan lensa zoom, karena optik yang digunakan didalam lensa fixed lebih sedikit daripada lensa zoom dan tingkat kerumitannya juga tidak serumit lensa zoom.  Lensa fixed biasanya digunakan untuk mengambil gambar makro, walaupun dalam pembuatan lebih rumit lensa zoom namun untuk harganya pada umumnya jauh murah dari pada harga lensa fixed.

Sudah jelas? untuk pembahasa lensa zoom dan lensa fixed, untuk photografer pemula mungkin akan memilih untuk menggunakan lensa zoom saja atau apabila memiliki budget lebih tidak salahnya untuk memiliki kedua2nya, namun perlu di ingat apa bila anda hanya memiliki lensa fixed sudah pasti akan anda hadapi kerumitan di mana bila berada pada situasi yang tidak memungkinkan anda untuk mendekati objek yang ingin ada foto misal di kebun binatang atau di hutan yang ingin memfoto binatang liar atau pun objek yang tinggi atau di sebrang sungai.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*