Perkaya Amunisi Layanan Apple Maps, Apple Akuisisi Spotsetter

Apple Maps

Manuver bisnis Apple tampaknya tak berhenti di Beats Music dan Beats Electonics, kendati dipastikan segera menggelontorkan uang sebesar US$3 miliar untuk merampungkan proses akuisisi Apple masih terlihat dahaga dan dikabarkan membeli sebuah startup bernama Spotsetter.

Dikutip oleh Congkel.com dari Appleinsider, Apple diyakini telah mencapai kata sepakat dengan petinggi Spotsetter namun dengan mahar yang disembunyikan. Media serupa, Techcrunch yang juga merilis kabar yang tak jauh berbeda.

Apple Maps

Sebagai informasi, Spotsetter adalah sebuah startup yang bertetangga dengan Apple karena sama-sama berlokasi di Silicon Valley. Layanan yang dikelola oleh Spotsetter adalah rekomendasi atau petunjuk tempat-tempat menarik misalnya restoran, tempat wisata, cafe, dan lain sebagainya.

Spotsetter saat ini memiliki kekayaan sekitar $1.5 juta dalam bentuk dana gabungan dari sejumlah investor. Nilai ini memunculkan spekulasi mahar yang harus dibayarkan oleh Apple, sekitar di angka 5 hingga 10 juta Dollar Amerika, tergolong kecil. Yang tertinggi adalah saat Apple membeli Beats Music yakni senilai US$3 miliar.

Saat ini sebagian besar tim Spotsetter dilaporkan sudah bergabung ke tim Apple, misalnya Stephen Tse yang merupakan mantan pembesut Google Maps dan juga Johny Lee. Mengarahkan pandangan media bahwa akuisisi Spotsetter oleh Apple merupakan upaya Tim Cook dan tim untuk memperkaya layanan Apple Maps yang masih membutuhkan sejumlah tambalan.

Saat ini layanan Spotsetter masih dibuka untuk pengguna mereka, namun diyakini usia layanan ini tidak akan lagi lama. Hal ini merupakan buntut dari prediksi bahwa tujuan Apple mengakuisisi Spotsetter hanya untuk mendapatkan tim yang bekerja di balik layanan.

Dengan menjadi pemegang hak guna aplikasi dan layanan, diyakini Apple tidak akan meneruskan layanan Spotsetter. Sebaliknya teknologi Spotsetter akan ditanamkan ke layanan yang dimiliki oleh Apple dalam hal ini adalah Apple Maps.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*