Review Singkat Kartu Grafis Nvidia GeForce GTX 760

Nvidia GeForce GTX 760

Beberapa saat yang lalu Nvidia meluncurkan kartu grafis GeForce GTX 760 di event Computex 2013 yang diselenggarakan di Taiwan. Kartu grafis ini dirilis untuk menggeser seri GeForce GTX 660i. Perusahaan yang berbasis di California, Amerika Serikat ini memang sedang begitu antusias meliris produk-produk barunya untuk semakin mengukuhkan namanya sebagai produsen kartu grafis paling populer.

 Nvidia GeForce GTX 760

Inilah puncak kejayaan Nvidia setelah sebelumnya pernah terpuruk ketika merilis GeForce FX versi 5000 yang memiliki performa buruk. Nvidia kembali memperbaiki reputasinya dengan meluncurkan seri GeForce 6000. Dan kini, Nvidia menawarkan tiga seri GeForce GTX 700 dengan performa super kencang.

Kehadiran serangkain seri GeForce GTX 700 yang digenapi dengan dirilisnya GeForce GTX 760 telah memberikan pilihan kartu grafis berperforma tinggi kepada para gamer. Kartu ini merupakan seri terakhir dari grup GeForce GTX 700, setelah sebelumnya Nvidia merilis dua kartu grafis seri GeForce GTX 780 dan GeForce GTX 770. Nah, mari kita simak kartu grafis Nvidia yang terbaru berikut ini.

Design

Penampakan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 760 ini identik dengan seri GeForce GTX 670 dan GeForce GTX 660 Ti. Selain penampilannya, bila dicermati GeForce GTx 760 memiliki spesifikasi antara GEForce GTX 670 dan 660 Ti yang dipadukan dengan fitur-fitur yang terdapat pada seri-seri GeForce GTX 700.

Nvidia GeForce GTX 760

Kartu grafis ini mempunyai stream prosesor 6 SMX atau mengalami pengurangan satu SMX dengan pendahulunya GeForce GTX 660 Ti. Sedangkan untuk ukuran dan jenis memori, kartu grafis Nvidia ini memiliki ukuran dan jenis memori yang sama dengan pendahulunya yakni sebesar 2048MB dan tipe memori GDDR5 berkapasitas 2 GB.

GeForce GTX 760 ini dilengkapi dengan slot PCI Express 3.0 16x. Sedangkan untuk clock-nya, kartu grafis Nvidia ini dilengkapi dengan base clock 980 MHz dan boost clock 1033 MHz. Sementara itu untuk asupan dayanya, kartu grafis Nvidia ini membutuhkan power supply 500 watt.

Performa

Fitur GPU Boost 2.0 yang terdapat pada GeForce GTX 760 sebenarnya bukanlah termasuk fitur baru. Sebab semua seri GeForce 700 dilengkapi dengan fitur ini. Pada fitur ini, temperatur graphics memiliki pengaruh terhadap pencapaian nilai clock GPU tertinggi.

Diperlukan maksimal temperatur graphic 80 derajat celcius dan nilai power target untuk mencapai nilai clock GPU yang tinggi. Jika power target dan temperatur graphic belum mencapai nilai maksimal, maka clock GPU kartu graphic Nvidia ini akan terus naik.

Nvidia GeForce GTX 760

Bila dibandingkan dengan performa pendahulunya GeForce GTX 660 Ti, tentu GeForce GTX 760 memiliki performa yang lebih unggul. Sebab kartu graphic Nvidia ini memang disiapkan untuk menggantikan posisi GeForce 660 Ti. GeForce GTX 760 lebih cepat 12% bila dibandingkan dengan GeForce GTX 660 Ti. Sedangkan bila dibandingan dengan GeForce GTX 660, kartu grafis Nvidia ini lebih cepat 23%. Dan hampir di semua game, kartu grafis Nvidia terbaru ini mengungguli kemampuan dua pendahulunya antara 20-28%.

Kartu grafis Nvidia ini juga dilengkapi dengan pengontrol temperatur yang fleksibel sehingga mengurangi kebisingan dengan menjaga kecepatan kipas tetap konsisten. Biasanya pada versi sebelumnya bila temperatur mulai meningkat, maka kipas akan mengeluarkan suara yang cukup bising.

Tetapi pada versi GTX 760 ini, software kipas membantu meminimalkan suara bising yang diakibatkan oleh perubahan kecepatan kipas. GeForce GTX 760 ini juga mendukung teknologi milik Nvidia yakni Optimus yang berfungsi menghemat penggunaan daya dengan cara menonaktifkan GPU ketika sedang tidak digunakan. Karena itu pula PC yang menggunakan kartu grafis ini tidak boros daya ketika digunakan untuk bermain game.

Kesimpulan

Kartu grafis Nvidia GeForce GTX 760 ini cocok untuk para gamers yang ingin memainkan game-game dengan tingkat grafis yang tinggi. Kartu grafis ini memberikan performa baru yang mendukung game-game 1920×1080 seperti Wolfenstein The New Order, Call of Duty Ghosts, Splinter Cell Blacklist, Battlefield 4 dan Watch Dogs. Di pasar, kartu grafis ini dibanderol dengan harga USD $299 atau sekitar 3,3 juta rupiah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*