Review Smartphone Android Advan Vandroid S5D

Advan Vandroid S5D

Menjadi salah satu produsen smartphone local, Advan tidak jengah dengan gempuran merk impor. Advan sudah merilis beberapa smartphone berseri Vandroid S5 untuk tetap bersaing di pasar Indonrsia. Salah satu dari seri tersebut adalah Advan Vandroid S5D. Seri tersebut sudah diluncurkan oleh pihak Advan sedari bulan November 2013 lalu. Jadi, bisa dibilang Advan Vandroid S5D ini bukanlah barang baru.

Advan Vandroid S5D

Desain dan Display

Memiliki layar berukuran 5 inch membuat smartphone satu ini tampak besar. Dengan ukuran tersebut Advan Vandroid S5D ini sudah bisa dikategorikan sebagai phablet (phone tablet.) Untuk masalah tampilan, layar tersebut memiliki resolusi 720×1080 pixel. Tidak usah ragu untuk memutar video dan film favorit Anda di smartphone satu ini. Seperti kebanyakan phablet, Vandroid S5D ini memiliki system layar sentuh dengan teknologi Multitouch Resistive Screen.

Performa

Dukungan chipset Mediatek MT6589 dengan prosesor quad-core Cortex A7 ber-clockspeed 1.2 GHz akan memacu smartphone berbasis Android 4.2 Jelly Bean kali ini. Untuk sektor grafis sendiri akan digenjot oleh prosesor PowerVR SGX 544MP. Dengan penggunaan prosesor tersebut, smartphone Advan Vandroid S5D ini cukup kuat untuk mendukung beragam kebutuhan penggunanya.

Memori

Kapasitas memori internal yang tersedia sebesar 4GB mungkin masih kurang bagi penggunanya. Untuk itu, Advan menyediakan slot microSD sebagai media penyimpanan tambahan. Untuk media eksternal ini, Advan Vandroid S5D mampu menampung hingga maksimum 32GB lagi.

Untuk memori RAM-nya, phablet satu ini akan didukung dengan kapasitas 1GB. Bila ditilik lagi ke sektor prosesor, dengan kapasitas memori RAM tersebut maka pengguna akan dengan leluasa melakukan multi-task maupun memainkan game yang cukup berat tanpa kendala.

Konektivitas

Koneksi data internet pada Advan Vandroid S5D sudah mendukung 3G sebagai koneksi tercepatnya. Tidak hanya seluler, jaringan Wifi juga dapat digunakan sebagai internet nirkabel. Terdapat port micro USB 2.0 untuk pertukaran datanya.

Fitur Lain

Advan Vandroid, seperti pada smartphone lainnya, memiliki dua kamera yang terletak masing-masing satu di depan dan belakang. Kamera belakang menjadi kamera utama dengan resolusi 8MP. Sedangkan untuk kamera depannya sendiri, Advan menyediakan kamera berkualitas 4.9MP yang sangat baik untuk kebutuhan video call.

Kebutuhan hiburan pun terpenuhi dengan adanya music player yang support untuk beberapa jenis file music, seperti MP3, WAV, WMA, dan AAC. Untuk video player-nya, Advan Vandroid S5D mampu memainkan format MP4 dan WMV. Layar sebesar 5 inch tentu masih bisa memanjakan mata penggunanya dengan tampilan HD.

Smartphone merk local satu ini juga membawa fitur bawaan dari OS Android, seperti Google Play Store, push-email Gmail yang dapat dikonfigurasi, Youtube, berikut juga dengan social media seperti Facebook. Tentu saja pengguna dapat men-download tambahan aplikasi pendukung lainnya. Gtalk menjadi instant messenger default pada smartphone ini. Tapi tentu saja pengguna dapat men-download aplikasi chatting lain, seperti Blackberry Messenger.

Baterai

Menggunakan baterai Li-ion berkapasitas 1850 mAh, smartphone Advan Vandroid S5D ini dapat bertahan selama 80 jam dalam modus standby. Sedangkan jika digunakan untuk telepon, pengguna dapat berbicara selama 5 jam tanpa henti. Diperkirakan baterainya cukup untuk menyala selama 13 jam jika digunakan pada pemakaian normal.

Verdict

Walaupun kalah bersaing dengan smartphone papan atas ternama semacam Apple iPhone maupun Samsung Galaxy Note, sebenarnya Advan Vandroid S5D ini masih dibilang cukup mumpuni untuk digunakan bahkan bagi kalangan menengah ke atas. Apalagi mengingat bahwa harga yang dibandrol oleh produsen hanya Rp 1.7 juta saja, tentu saja spek di atas bisa dibilang cukup kuat untuk ponsel seharga tersebut.

Advan menjadi salah satu merk local yang memproduksi smartphone ber-spesifikasi mentereng seperti di atas. Advan Vandroid S5D ditargetkan bagi para pengguna kelas menengah ke bawah dengan spek mid-end yang lebih superior ketimbang smartphone maupun phablet di range harga yang sama. Jika Anda termasuk salah satu pengguna yang mementingkan fungsional, sepertinya produk Advan satu ini bisa menjadi salah satu alternative jika budget cukup mepet.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*