Review Tablet 10 Inch Lokal, Advan Vandroid Harvard T3C

Advan Vandroid

Geliat industry ponsel nasional sepertinya kian semarak. Advan sebagai salah satu produsen terbesar di Indonesia ikut meramaikan pasar negeri dengan kehadiran sejumlah gadget yang cukup bersaing dengan merk impor. Medio November tahun 2013 lalu, Advan merilis sebuah tablet Android berukuran 10 inch yang cukup digemari konsumen dari segala segmen.

Tablet 10 inch tersebut berseri Advan Vandroid Harvard T3C. Jika Anda kepepet budget dan tidak bisa membeli tablet Android berharga lebih tinggi, Harvard T3C mungkin bisa menjadi alternatif pilihan, mengingat speknya cukup baik.

Advan Vandroid

Desain dan Display

Terlihat seperti iPad dengan sedikit sentuhan berbeda. Ya, Advan Vandroid Harvard T3C memiliki desain eksterior layaknya tablet yang beredar saat ini. Tidak sampai menjiplak produk Apple tersebut, mengingat desain eksterior tablet saat ini serupa walaupun tak sama. Layarnya yang besar, dengan ukuran 10.1 inch, memiliki resolusi 1024×600 pixel. Layar sentuhnya menggunakan teknologi TFT standard yang mendukung multi-touch.

Prosesor

Sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean akan menjadi andalan tablet satu ini. Sektor dapur pacu akan dipenuhi oleh chipset Cortex A7 dengan prosesor quad-core 1.2 GHz. Untuk prosesor grafisnya sendiri akan menggunakan prosesor PowerVR dengan seri SGX 544MP. Kedua prosesor tersebut akan saling bahu membahu dalam menggenjot kinerja tablet Harvard T3C ini.

Kapasitas Memori

Dengan didukung memori RAM berkapasitas 1GB, sepertinya performa tablet Advan Vandroid Harvard T3C ini akan sangat mulus. Sayangnya, kapasitas memori internal yang disediakan hanyalah 8GB. Padahal, kebanyakan memori internal tablet ukuran serupa ada pada angka 16GB. Dengan disunat menjadi setengahnya, ternyata system sendiri sudah memakan nyaris setengah kapasitas itu sendiri. Pengguna hanya dapat menggunakan 4,5GB saja untuk memasukkan data dan aplikasi yang diperlukan. Maka dari itu, slot tambahan micro SD sebagai media penyimpanan eksternal menjadi sangat esensial. Adapun tambahan memorinya di-support hingga 32GB.

Baterai

Untuk menemani para pengguna Vandroid Harvard T3C, pihak Advan sendiri memasang baterai berkapasitas 6000 mAh. Dengan kapasitas yang cukup besar tersebut, tablet ini diharapkan dapat menopang segala kinerja yang ada pada tablet satu ini.

Konektivitas

Jaringan seluler yang tersedia hingga HSDPA membuat pengguna dapat menikmati koneksi internet data 3G. Internet nirkabel sendiri juga dapat dilakukan melalui Wifi. Bluetooth-nya sendiri masih seri 3.0 tapi sudah cukup cepat untuk melakukan transfer data. Port micro USB menjadi salah satu jembatan penghubung dengan gadget lain. Tidak ketinggalan fitur sambungan dengan GPS sebagai penentu posisi.

Fitur Lain

Tidak lengkap sepertinya jika kehadiran tablet jumbo tidak dilengkapi dengan kamera. Tablet Advan Vandroid Harvard T3C dilengkapi dengan dua kamera, kamera belakang sebagai kamera primer, dan kamera depan sebagai pendukung video call. Sayangnya, Advan kurang memperhatikan pilihan kualitas kamera yang ditanamkan pada tablet ini.

Walaupun dilengkapi dengan flash, terbukti bahwa resolusi 5MP pada kamera utama masih kurang maksimal dalam mengabadikan foto, terlebih foto indoor dengan kondisi penerangan yang kurang. Untuk kamera depannya sendiri memiliki kualitas 3MP yang sudah cukup untuk digunakan pada video call. Terdapat microphone yang juga dapat digunakan untuk merekam suara (audio.) Pengambilan video juga dimungkinkan dengan menggunakan dua kamera tersebut.

Segi hiburan juga tidak dilewatkan oleh Advan. Harvard T3C dapat digunakan juga untuk memutar music kesayangan dengan beragam format selain MP3. Untuk menayangkan video pun juga sudah didukung dengan prosesor grafis dan kualitas display yang mencukupi.

Kesimpulan

Harga yang ditawarkan per tahun baru 2014 pada tablet Advan Vandroid Harvard T3C ini di angka Rp 2.3 juta. Dengan harga tersebut, spek yang mencukupi, sepertinya tablet satu ini bisa menjadi pilihan gadget bagi para low-budgeter.

Terlepas dari kekurangannya di sektor kapasitas memori beserta dengan kualitas kameranya, Advan bisa bangga dengan hasil produksi mereka ini. Spesifikasinya bersaing dengan rentetan tablet merk lain di kelas yang sama. Produk local ini sepertinya bisa berbicara banyak di range pasaran tablet dari low-end hingga mid-end.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*