Samsung Digugat Microsoft Perihal Royalti

Gugat menggugat saat ini tidak hanya membahas dua seteru abadi, Apple dan Samsung. Jika sebelumnya kedua perusahaan raksasa tersebut bergumul perihal hak paten pada tiap produk mereka, kini Samsung mendapat masalah baru di meja hijau. Microsoft ikut melaporkan gugatan pada Samsung. Kali ini, perusahaan asal Korea itu bukan dituntut karena hak cipta, melainkan untuk perihal royalty.

Microsoft memegang beberapa hak paten yang berhubungan dengan sistem operasi Android tersebut. Alhasil, Samsung harus membayar sejumlah royalty pada Microsoft untuk tetap memproduksi smartphone-nya.

Samsung kemudian menolak membayar royalty pada Microsoft. Pasalnya, kini perusahaan tersebut sudah mengakuisisi Nokia. Gerakan dari Microsoft tersebut dianggap menegasi kewajiban Samsung membayar royalty pada perusahaan tersebut.

Proses pengambil alihan tersebut dinilai sudah membuat perjanjian cross-license antara keduanya otomatis dibatalkan. Tidak menerima, kini Microsoft membawa perkara tersebut ke pengadilan.

David Howard sebagai wakil presiden korporat Microsoft mengatakan bahwa mereka sudah membahasnya juga dengan pihak Samsung. Dikabarkan bahwa gugatan tersebut hanyalah sebatas ingin mendapatkan pernyataan secara hukum perihal klaim yang dikeluarkan Samsung untuk tidak membayar royalty pada Microsoft lagi.

Dikutip lebih lanjut, pihak Microsoft berharap bahwa gugatan tersebut tidak merusak hubungan baik antara kedua perusahaan ini. Samsung sendiri tidak pernah menyangka bahwa penjualan smartphone Android tersebut akan menjadi yang terlaris di pasaran.

Hingga kini belum ada konfirmasi apapun dari pihak Samsung apakah gugatan Google memang benar adanya, namun diyakini keduanya harus berseteru di pengadilan untuk menemukan fakta sebenarnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*