Samsung Kembali Hadirkan Saksi Ilmuwan Komputer Untuk Menyangkal Klaim Paten Apple

Apple Patended

Pertarungan dua raksasa gadget, Samsung dan Apple masih jauh dari kata usai. Masing-masing pihak mengklaim sebagai pihak yang benar dengan mengajukan sejumlah argumen. Sejauh ini Apple sebagai pihak yang merasa dirugikan terlihat paling agresif dalam melancarkan tuduhan, tapi pihak Samsung pun tak mau kalah.

Dalam persidangan yang digelar hari Selasa kemarin, Samsung kembali melanjutkan upaya mempertahan diri dari gugatan Apple dengan menghadirkan ilmuwan komputer untuk bersaksi bahwa paten yang diklaim Apple bukanlah sebuah novel, seharusnya tidak disetujui atau tidak boleh digunakan oleh perangkat yang memang berpotensi melanggar.

Apple Patended

Dikutip dari Appleinsider, Samsung menghadirkan ilmuwan computer profesor Martin Rinard dan pendiri Internet Archive Brewster Kahle untuk menjadi saksi atas kasus yang melibatkan pelanggaran paten Apple, terutama untuk klaim pelanggaran paten slide-to-unlock yang dituduhkan oleh Apple kepada Samsung.

Dalam persidangan yang dihadiri oleh kuasa hukum masing-masing pihak tersebut banyak diutarakan hal-hal yang berkaitan dengan teknik. Samsung bersikukuh bahwa lima paten yang dimasukkan oleh Apple dalam tuntutannya tidak cukup relevan dan juga tidak sepadan dengan kerugian yang menurut Apple senilai $2.19 miliar.

Sementara itu menurut laporan yang dilansir oleh Cnet, Rinard akan memberikan pandangan ahli terkait 959 paten Apple untuk fungsi pencarian universal, yang artinya ada suatu kondisi di mana paten tersebut merupakan fungsi-fungsi yang digunakan secara umum dan tidak seharusnya diklaim sebagai paten oleh perusahaan tertentu termasuk Apple.

Pertarungan ini sepertinya segera masuk ke babak baru di mana masing-masing pihak sudah menggunakan analisis teknikal dari para ahli guna menguatkan argumen yang diutarakan sebelumnya.

Apple dan Samsung memang kerap terlibat perseteruan di pengadilan, tetapi jika bicara dari segi bisnis keduanya tak bisa terpisahkan sebagaimana salah satu komponen iPhone ternyata adalah buatan Samsung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*