Tanggapan Qualcomm Tentang Prosesor 64-bit Untuk Smartphone

Setelah beberapa waktu lalu Apple meluncurkan perangkat smartphone mereka yang didukung oleh prosesor 64-bit, banyak tanggapan datang yang ditujukan bagi Apple termasuk salah satu di antaranya adalah Qualcomm yang diketahui sebagai salah satu produsen prosesor. Qualcom menyatakan bahwa apa yang dilakukan Apple pada iPhone 5S dengan menggunakan prosesor 64-bit hanyalah gimmick marketing dari Apple. Hal ini dikatakan oleh Senior VP and CFO Qualcomm, Anand Chandrasekher.

qualcomm_atheros_green_med Lebih jauh petinggi Qualcomm ini menyatakan bahwa apa yang dilakukan Apple hanyalah gimmick merketing yang dilakukuan karena prosesor 64-bit sendiri memiliki kemampuan untuk menggunakan lebih dari 4GB RAM meskipun iPhone 5S sendiri hanya menggunakan 1GB RAM.

Menurut Anand sendiri, prosesor 64-bit tidak diperlukan bagi para pengguna yang tidak benar – benar memerlukan kapasitas memori lebih dari 4GB karena sebenarnya jenis prosesor 64-bit ini sendiri sering dipakai sebagai aplikasi kelas server bukannya kelas aplikasi pengguna biasa.

Memang dari segi spesifikasi dari prosesor 64-bit yang mulai dikembangkan untuk iPhone sendiri memiliki standar yang tinggi untuk memberikan performa luar biasa pada perangkat smartphone. Prosesor yang dipakai untuk iPhone adalah prosesor Apple A7 yang menggunakan teknologi 28nm HKMG (High-K-Metal Gate). Prosesor ini sendiri diproduksi oleh Samsung dan menggunakan nama sandi Cyclone. Dilengkapi dengan ARMv8 64-bit dual-core yang memiliki kecepatan 1,3GHz, proseosor ini memliki kecepatan yang sama seperti pada prosesor versi Apple A6.

Selain dari sisi grafis, prosesor Apple A7 ini didukung oleh pengolah grafis dari Imagination Technology, PowerVR G6430 quad-core, yang merupakan generasi terbaru dari produsen ini. Selain didukung oleh teknologi terbaru, pengolah grafis ini nantinya akan mendukung standar OpenGL 3.0, DirectX 10, dan OpenCL 1.x.

Selain dukungan prosesor 64-bit tersebut, Apple juga telah melengkapi iPhone 5S dengan 1GB memori RAM untuk performa terbaik. Dengan kualitas yang tampaknya sangat mumpuni, tidak berlebihan jika di masa depan prosesor 64-bit menjadi salah satu prosesor yang dipakai untuk smartphone.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*