Muhammad darussalam teks pidato isra miraj anak raj menurut bahasa yaitu suatu alat yag dipakai untuk dalam alqur allah mengisahkan cerita surat contoh peringatan nabi saw sunda ancaman pembunuhan dari israel usia tahun kepada palestina seusianya naskah pembawa acara tentang kata sambutan bekaldakwah kumpulan singkat salam persaudaraan iman dan keyakinana kali ini saya akan mambuat.

Catatan khusus lengkap islam setiap adalah titipan bagi semua orang tua sekuat tenaga kita harus menjaga merawat mendidiknya supaya kelak jadi pembukaan harga bbm panduan wawancara novel dewasa iklangratiz dilahirkan keadaan suci media pentingna ceramah pada abdul rosyid adapun yang dimaksud dengan arti manusia diajak menyembah bagaimana cara ketua panitia menggunakan translate menerjemahkan inggris tema.

Free pdf daerah asi dont care firma perpisahan pengertian definisi seorang belajar menjadi anggota berpartisipasi smartlist101 mungkin salah satu solusinya bisa memakai aplikasi android dunia modern begitu pentingnya shalat riezkas blog berikut kultum atau dapat digunakan sebagai memperingati pendidik praktek direktori file upi prinsip mengajar jika dibesarkan celaan memaki permusuhan jawa indonesia islami campuran lomba.

.

Optimalkan Kamera DSLR Untuk Hasil Yang Memuaskan

Kamera DSLR ( Digital Single Lens Reflex ) saat ini bukan lagi barang mewah yang hanya digunakan oleh photografer profesional saja. Dengan pilihan model dan harga kamera DSLR yang begitu beragam sudah barang tentu membuat seorang untuk membeli DSLR sesuai kebutuhannya untuk kerja, hobby atau pun untuk kebutuhan pribadi. Mungkin sebahagian pengguna awam yang menggunakan kamera DSLR merasa minder dan iri dengan para photografer profesional karena hasil gambar yang di hasilkan oleh photografer pro lebih memuaskan di bandingkan dengan hasil jepretan permula atau pengguna awan padahal sama-sama menggunakan kamera DSLR, hal ini wajar-wajar saja karena photografer pro sudah pasti memiliki pengalaman dan pengetahuan lebih di bandingkan mereka yang pemula. oleh karena ini tidak salahnya kita untuk meningkatkan kemampuan kita di bidang photografi walau kita belum di sebut seorang photografer profesional namun kita juga dapat menghasilkan karya gambar yang tidak kalah bagusnya. berikut congkel.com akan membahas bagaimana cara mengoptimalkan kamera DSLR anda untuk dapat menghasilkan karya photografi yang memukau.

Optimalkan Kamera DSLR Untuk Hasil Yang Memuaskan

1. Pemilihan Format Gambar

Format gambar sangat menentukan hasil jepretan anda karena ukuran dan format adalah rajanya dalam dunia photografer makin tinggi resolusi gambar makin bagus sebuah foto. Pada kamera DSLR saat ini terdapat dua pilihan format gambar yaitu RAW dan JPEG. File RAW adalah hasil gambar  yang benar-benar murni dari hasil olahan sensor kamera DSLR tanpa ada perngurangan pilex sedikitpun. Jangan khawatir untuk soal aplikasi pengolah file RAW karena saat ini banyak sofware pengolah foto yang sudah mengdukung format RAW.

Berikutnya adalah format JPEG ini adalah format gambar yang telah di olah oleh kamera sesuai dengan pengaturan yang telah  anda setting sebelumnya.Sebenarnya tidak dilarang menggunakan format JPEG pada kamera DSLR anda selama anda dapat mensiasatinya yaitu dengan mendapat eksposure dan white balance yang tepat.

Sebahagian besar kamera DSLR saat ini sudah dapat menyimpan file dalam dua format sekaligus RAW+JPEG hal ini dapat memberi banyak pilihan bagi fotografer pemula, namun penggunaan dua format ini akan membutuhkan ruang penyimpanan yang extra hal ini sudah tidak menjadi kendala untuk saat ini karena memori saat ini hadir dalam ukuran yang lumayan besar dengan harga yang terjangkau.

2. Gunakan Autofocus

Biasanya Photografer akan menggunakan fokus manual untuk memotret objek jenis lanskap dan portrait. Namun kita akan mendapat kesuliatan saat memotret objek yang bergerak misal binatang yang sedang bergerak atau bunga  yang di goyangkan oleh angin karena selain tidak mudah mendapatkan fokus saat memutar lensa akan mendapat goncangan saat tidak menggunakan tripot dalam hal ini ada baiknya untuk menggunakan autofocus yang terdapat pada kamera DSLR.

Pada umumnya kamera DSLR saat ini memiliki tiga pilihan mode untuk autofocus;

  • Gunakan mode Continuous servo focus, ini sangat cocok untuk memotret objek  yang bergerak karena dengan mode ini kamera akan fokus pada objek yang bergerak dan akan mengikuti terus pergerakannya hingga objek berada pada focus yang sempurna.
  • Gunakan Dynamic focus mode ini akan memberikan lebih banyak titik fokus pada kamera anda mode ini sangat bervariasi pada setiap kamera DSLR namun pada umumnya digunakan pola 9-point group pattern untuk pemotretan objek yang memiliki gerak satu arah misalnya objek mobil melaju. Namun berbeda halnya bila objek yang bergerak sembarang atau tidak dapat di prediksi anda dapat memilih pola kelompok yang lebih besar.
  • Mengatur frame rate (jumlah bingkai gambar atau frame yang ditunjukkan setiap detik dalam membuat gambar bergerak; diwujudkan dalam satuan fps (frames per second). semakin tinggi satuan angka fpsnya semakin halus gambar bergeraknya frame rate pada kamera DSLR berbeda-beda ada yang 5fps, 3.9fps atau 6.3fps untuk mendapatkan hasil yang memuaskan anda dapat berexperimen dengan ukuran frame rate ini.

3. Gunakan Image Stabilization

Lensa dan Sensor Kamera DSLR saat ini sudah memiliki teknologi Image Stabilization fitur ini dapat memberi hasil gambar  yang halus dan tajam walau berada pada lokasi yang memilik cahaya minim dengan kecepatan 1/15 detik pada ISO 6400 akan mendapatkan gambar yang tajam walau terdapat goncangan dari tangan  saat memegang kamera sebenarnya adalah untuk meredam goncangan pada kamera saat menggunakanya yang berpengaruh pada hasil gambar nantinya. Namun bila anda memiliki tripot mode ini sebaiknya di matikan saja dan beberapa merek DSLR bahkan menyarankan untuk mematikan mode Image Stabilization saat menggunakan tripot.

4. Sensor Cleaning

Sensor Cleaning perlu dilakukan pada kamera DSLR karena akan banyak debu yang hinggap di sensor DSLR banyak kamera DSLR saat ini sudah memiliki teknologi Sensor Cleaning dimana kamera akan membersihkan sensor secara otomatis layaknya seperti printer membersihkan head pada cartridge. Namun ada kalanya anda perlu membersihkan sensor secara manual perlu di ingat sensor kamera sangat sensitif berhati-hatilah dalam membersikannya dan gunakan perlalatan khusus membersikan sensor.

5.Gunakan Depth-Of-Field Preview

Kedalaman ruang atau Depth of Field (DOF) adalah  rentang atau variasi jarak antara kamera DSLE terhadap subyek foto untuk menghasilkan variasi ketajaman (fokus) foto yang masih dapat diterima (tidak blur), artinya Depth of Field dipakai untuk menunjukkan ruangan tertentu di dalam foto yang mendapatkan perhatian khusus oleh mata karena adanya perbedaan ketajaman (fokus). Tombol DOF Preview adalah alat bantu yg memungkinkan kita melihat approximation(perkiraan hasil) foto yang akan terekam oleh kamera DSLR . Sehingga kita hanya bisa melihat perkiraan saja mengingat pandangan pada viewfinder akan bertambah gelap seiring dengan mengecilnya diafragma lensa. Memang agak susah menilai yang mana objeknya yang fokus/tajam dan mana yang tidak.

6. Gunakan Noise Reduction

Apabila anda menggunakan format RAW dalam mengambil gambar untuk optimasi pada postprocessing. seperti sharpeningcolor saturation dan juga contrast serta variable lain dalam Photoshop atau aplikasi pengolah gambar lainya. Namun ada satu pengaturan yang dapat dilakukan di dalam kamera yaitu pengaturan untuk mengurangi noise yaitu noise reduction.
Saat pengambilan gambar senja hari dan memotret bintang, situasi ini adalah minim cahaya dan memerlukan bukaan lensa dari satu detik hingga lebih dari satu jam. Exposure yang lama akan mengakibatkan noise yang berlebihan. Karena sensor digital memanas sehingga mengakibatkan gambar yang diperoleh akan menghasilkan noise yang cukup mengganggu.
Namun saat ini banyak DSLR yang sudah memiliki memiliki fasilitas noise reduction. Pengurangan dark frame adalah cara untuk meminimalkan noise gambar untuk foto yang diambil dengan waktu pemaparan yang panjang (long exposure). Ia mengambil keuntungan dari fakta bahwa komponen noise, yang dikenal sebagaifixed-pattern noise, adalah sama dari satu gambar ke gambar yang lain: yaitu noise yang berasal dari sensor (dead or hot pixels).  Ia bekerja dengan mengambil gambar pada saat rana tertutup. Kamera kemudian menggunakan cara ini untuk mengidentifikasi pixel panas atau noise dan kemudian menghilangkannya. Bila anda telah lama menggunakan kamera DSLR anda ada baiknya untuk mengistirahatkannya  setelah itu baru digunakan kembali untuk mendapatkan hasil yang bersih.

7. Berexperimen dengan White Balance

Kalibrasi titik berwarna putih atau white balance adalah bagian suhu warna / color temperature,dimana warna yang dianggap putih dapat bervariasi tergantung pada kondisi pencahayaan. Konsep “warna putih” menjadi bukan sesuatu yang absolut. Dengan kamera saat ini anda dapat melakukan settingan white balance sesuai selera anda dapat melakukannya secara manual ataupun menggunakan mode  automatic white balance dimana kamera akan mengaturnya secara otomatis ada dapat berexperimen dengan white balance sehingga mendapatkan gambar yang memuaskan.

Demikian cara optimalkan kamera DSLR untuk hasil yang memuaskan perlu di ingat berexperimenlah dengan kamera anda dan masih banyak hal atau pengaturan lainnya yang dapat meningkatkan kualitas karya photografi anda, semoga bermanfaat.

Review Gold Diggers: Game Adroid Terbaru Mengusung Konsep Endless Runner

Sejak bulan Februari lalu, Gamistry Games sudah mengeluarkan teaser trailer dan screenshot dari game hp terbaru yang mereka kembangkan. Game hp terbaru dari Gamistry Games itu diberi nama Gold Diggers. Gold Diggers kompatibel dengan smartphone berbasis iOS dan Android. Berikut ini akan dibahas sedikit mengenai game hp terbaru dari Gamistry Games, Gold Diggers.

Diggers Games

Selain Gold Diggers yang rencananya akan dirilis pada musim semi nanti, Gamistry Games juga telah merilis game-game lain yang tidak kalah serunya seperti Scrap Tank, Munch Time, Sticky, Zoo Game Concept, and Pitcher. Berikut ini akan dibahas review singkat mengenai game hp terbaru keluaran Gamistry Games, Gold Diggers.

 Deskripsi dan Konsep

Game hp terbaru dari Gamistry Games yang diberi nama Gold Diggers ini merupakan jenis game endless runner. Tentunya jenis game endless runner sudah ramai sekali memeriahkan App Store. Kabarnya Gold Diggers ini akan segera masuk ke dalam daftar game endless runner yang ada di App Store.

Game hp terbaru ini disejajarkan dengan game Jetpack Joyride dan Mega Worm yang memiliki tema sejenis. Ketiga game itu memiliki kesamaan dalam segi konsep permaianan yang memerlukan sebuah alat, seperti mesin penggali, untuk menggali tanah.

Gameplay and Controls

Gold Diggers merupakan sebuah game hp terbaru dimana pemain utamanya, seorang perempuan kecil, harus menggali tanah untuk mencari emas. Penggalian emas dilakukan dengan sebuah mesin pengebor yang ditemukan oleh pemeran utama dalam game hp terbaru ini. Untuk mengendalikan mesin pengebor tersebut, ada sebuah bar dengan pengontrol yang bisa pemain gunakan untuk menggerakannya ke kiri dan ke kanan sesuai yang Anda inginkan. Selain menggunakan bar control, pemain juga bisa melakukan swipe layar untuk membuat mesin pengebor itu bergerak sesuai dengan keinginan pemain.

Namun, melakukan penggalian untuk mengumpulkan emas tidaklah semudah itu. Pemain harus menggali dengan kecepatan mesin bor yang tinggi dan berusaha dengan keras untuk menghindari beberapa rintangan. Rintangan yang harus dihadapi dalam melakukan penggalian berupa aliran lava, kereta-kereta tambang, dan makhluk-makhluk aneh yang berada dibawah tanah berupa cacing besar. Jangan sampai mesin pengebor yang dikendalikan oleh pemain terkena rintangan-rintangan tersebut.

Salah satu hal yang menarik dari game hp terbaru ini adalah, mesin pengebor yang digunakan untuk menggali tanah dapat diupgrade seiring dengan pergantian level dalam game ini. Selain itu, game ini menawarkan berbagai macam gameplay. Memang pada awalnya pemeran utama dalam game hp terbaru ini bisa bergerak bebas ke kiri dan ke kanan. Namun, setelah mencapai jarak tertentu, hanya akan ada 3 rel saja, dan itu artinya gerakan pemain hanya sebatas 3 rel itu. Ini mengingatkan pada game endless runner lain seperti Temple Run dan Subway Surfers yang mengandalkan 3 rel saja dalam pergerakan pemain.

Cerita berawal dari musim penggalian emas di Alaska. Pemeran utama dalam game hp terbaru ini tidak ingin kalah dengan koboy lain yang mencoba peruntungan mereka dalam penggalian emas. Awalnya, pemeran utama dalam Gold Diggers itu mencoba menggali tanah dengan sebuah alat gali tradisional seperti pick (sejenis martir untuk menggali tanah) dan tidak seperti alat penggali canggih yang dimiliki orang lain dalam game hp terbaru itu. Namun, karena alat gali tersebut terbilang tidak kokoh, maka perempuan tersebut masuk ke sebuah gudang. Di dalam gudang tersebut, perempuan penggali emas itu menemukan sebuah mesin pengebor yang memiliki desain cukup canggih.

Di setiap levelnya, pemain diharuskan untuk menggali emas sebanyak-banyaknya. Emas yang berhasil dikumpulkan dapat digunakan untuk membeli Power Ups, kendaraan untuk membantu penggalian. Emas yang dikumpulkan pun bisa digunakan untuk mengupgrade mesin penggali agar semakin canggih dan juga untuk membeli pemain baru yang dapat membantu misi pemain utama.

Semakin jauh permainan, pemain akan menghadapi aliran lava dan rintangan lain yang harus dihindari segesit mungkin. Di setiap level juga tersedia Power Ups yang berupa seperti tembakan. Power Ups tersebut berfungsi sebagai alat untuk menghancurkan rintangan yang dihadapi. Bila pemain terkena jebakan ketika penggalian emas berlangsung, jangan khawatir karena game hp terbaru ini menyediakan 2 sampai 3 kali kesempatan untuk mengulang lagi.

Grafis

Untuk ukuran game hp terbaru yang unik seperti Gold Diggers ini, grafis yang ditawarkan oleh Gamistry Games kurang memuaskan. Walaupun tidak ada masalah selama permaian berlangsung, tetapi ada beberapa gambar yang tampak blur, seolah-olah pengembang game tersebut tidak membuatnya dengan kapasitas Retina Display. Sangat diharapkan bila ada perbaikan lebih lanjut pada grafis dalam Gold Diggers ini.

Game ini kompatibel dengan smartphone berbasis iOS dan Android. Download dari Google Play dan App Store.

Tips Shortcut Fungsi F

Kembali lagi bersama kami Congkel.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit Tips Komputer  yaitu Tips Shortcut Fungsi F.

Betapa seringnya kita menjumpai tombol F1,F2, F3, sampai F12 pada keyboard, namun mungkin kita masih belum mengetahui fungsi masing-masing tombol tersebut. Tombol tersebut dikenal dengan tombol fungsi, tombol ini sendiri memiliki kegunaan dan biasanya penggunaan tombol ini bisa dipengaruhi oleh sistem operasi yang sedang digunakan, aplikasi yang terinstall pada sistem operasi tersebut, maupun jenis-jenis platform laptop maupun notebook. Tombol ini juga dapat dikombinasikan dengan tombol Alt maupun Control (Ctrl).
Berikut ini adalah Tips Shortcut Fungsi F dari tombol F1 sampai F12 pada keyboard :

TOMBOL F1

Biasanya tombol ini lebih difungsikan untuk menampilkan layar bantuan (help) dari hampir semua jenis aplikasi computer, untuk mengakses beberapa jenis BIOS.
Sedangkan pada Microsoft Office kombinasi tombol Windows Key + F1 akan menampilkan Microsoft Windows help and support center. Selain itu, kombinasi Ctrl + F1 akan menampilkan Task Pane pada Microsoft Office. Mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi mouse komputer.

 

TOMBOL F2

Pada Windows biasa digunakan untuk mengubah/rename ikon ataupun file. Kombinasi tombol Alt + Ctrl + F2 digunakan untuk membuka sebuah file dokumen pada Microsoft Word dan juga kombinasi Ctrl + F2 akan menampilkan Print Preview pada Microsoft Word. TOMBOL F2 biasanya digunakan juga untuk mengakses CMOS Setup.

 

TOMBOL F3

Pada MS–DOS berguna untuk mengulangi perintah terakhir, kombinasi tombol Shift + F3 akan mengubah teks dalam Microsoft Word dari huruf kecil menjadi huruf besar atau mengaktifkan maupun menonaktifkan fungsi Wi-Fi

 

TOMBOL F4

Untuk mengulangi perintah terakhir pada komputer (Undo), kombinasi tombol Alt + F4 akan menutup program yang sedang aktif pada Microsoft Windows secara bersamaan, kombinasi Ctrl + F4 akan menutup jendela yang sedang terbuka dalam jendela yang sedang aktif dalam Microsoft Windows serta mengaktifkan maupun menonaktifkan volume.

 

TOMBOL F5

Biasa digunakan untuk refresh sistem operasi atau me-reload halaman pada web browser, untuk menjalankan perintah menu find, replace, dan go to window pada Microsoft Word.
Fungsi lainnya, memulai slideshow pada PowerPoint serta menurunkan pengaturan pencahayaan pada komputer.

 

TOMBOL F6

Untuk memindahkan cursor mouse ke Address bar pada Internet Explorer dan Mozilla Firefox, Ctrl + Shift + F6 digunakan untuk membuka dokumen Microsoft Word yang lain serta Menaikan pengaturan pencahayaan pada komputer.

 

TOMBOL F7

Biasa digunakan untuk menjalankan fitur pemeriksaan spell check dan grammar pada sebuah dokumen Microsoft Word, Shift + F7 digunakan untuk menjalankan fitur Thesaurus pada Word serta mengaktifkan layar monitor kedalam perangkat komputer seperti proyektor.

 

TOMBOL F8

Tombol F8 ini digunakan untuk menampilkan Windows startup menu yaitu untuk mengakses Windows Safe Mode serta menonaktifkan layar monitor kedalam perangkat komputer seperti proyektor.

 

TOMBOL F9

Untuk membuka toolbar Measurements pada Quark 5.0 dan menampilkan informasi sistem operasi.

 

TOMBOL F10

Digunakan untuk mengakses recovery partisi pada perangkat komputer merk HP dan Sony, untuk Masuk ke menu CMOS Setup serta untuk membuka/mengecek email masuk.

 

TOMBOL F11

Untuk membuat layar menjadi full-screen pada semua web browser Internet, Ctrl + F11 biasa digunakan untuk mengakses recovery partisi pada Komputer merk Dell. Berfungsi lainnya juga untuk mengakses recovery partisi pada peraangkat komputer merk eMachines, Gateway, dan Lenovo.

 

TOMBOL F12

Berfungsi untuk melakukan Save as dokumen pada Microsoft Word, kombinasi tombol Shift + F12 berguna untuk menyimpan file dokumen pada Microsoft Word, kombinasi tombol Ctrl + Shift + F12 untuk mencetak dokumen pada Microsoft Word serta untuk menjalankan Firebug.

 

Sekian yaitu Tips Shortcut Fungsi F, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda.

 

Spek Mouse Wireless Logitech M560, Mouse Khusus Untuk Windows 8

Logitech merupakan salah satu perusahaan terkenal yang memproduksi berbagai perlengkapan komputer seperti keyboard, mouse, speaker, headset, dan berbagai perlengkapan lainnya. Perangkat-perangkat ini memang dibutuhkan oleh para pengguna komputer untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan komputer dan lebih nyaman dalam menggunakan komputer mereka. Salah satu perangkat penting untuk sebuah komputer adalah mouse.

Mouse Wireless Logitech M560

Perangkat mungil ini saat ini tidak hanya digunakan oleh komputer saja tetapi juga untuk laptop karena banyak pengguna laptop atau notebook yang lebih nyaman menggunakan mouse daripada touchpad. Seiring dengan diluncurkannya windows 8, Logitech baru saja memperkenalkan produk mouse terbarunya melalui Logitech M560. Mouse wireless Logitech ini digadang-gadang dirancang khusus untuk perangkat yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 8.

Desain

Mouse terbaru dari Logitech ini hadir dengan desain yang atraktif. Seluruh bodinya berwarna hitam yang menunjukkan kesan elegan dan profesional. Selain tampilannya yang menarik, desain mouse wireless Logitech M560 ini juga nyaman untuk digunakan oleh penggunanya. Untuk memberikan nilai tambah untuk produk terbarunya ini, Logitech menggunakan desain ambidextrous pada mouse ini. Dengan desain ambidextrous yang diusung oleh mouse ini, pengguna akan lebih mudah menggunakan mouse ini.

Selain itu, di bagian tengah mouse juga terdapat hyper scrolling mouse wheel yang dapat digunakan untuk scrolling halaman dokumen atau situs web yang panjang.

Mouse Wireless Logitech M560

Di bagian belakang scroll wheel mouse wireless Logitech ini, pengguna dapat menemukan sebuah tombol. Tombol ini merupakan tombol khusus yang dapat digunakan untuk mengakses menu Windows 8. Tombol menu Windows 8 pada mouse M560 ini akan mempermudah pengguna dalam mengakses Start Screen Windows 8. Untuk mengakses Start Screen Windows 8, pengguna cukup menyentuh tombol tersebut.

Performa

Logitech selama ini dikenal sebagai perusahaan yang selalu menawarkan produk-produk berkualitas dengan performa yang memuaskan, termasuk pada produk mouse wireless Logitech terbaru ini. Dengan desain yang minimalis dan simple, wireless mouse ini sangat nyaman digunakan. Apalagi, desain ambidextrous juga memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan mouse ini dengan tangan kanan atau tangan kiri sehingga mouse ini memang benar-benar cocok untuk siapa saja. Selain itu, dengan teknologi wireless yang diusung oleh mouse ini, meja komputer pengguna juga tidak akan terlihat berantakan karena mouse ini tidak menggunakan kabel.

Tombol scroll pada mouse ini juga sangat nyaman digunakan. Scroll ini sangat berguna ketika pengguna ingin membuka halaman dokumen atau membuka situs web yang panjang. Adanya tombol khusus menu Windows 8 juga menjadi keunikan tersendiri untuk mouse wireless ini. Pasalnya, kebanyakan mouse saat ini hadir dengan desain yang biasa-biasa. Tombol khusus ini tidak perlu dipencet untuk mengaktifkan start screen Windows 8 karena pengguna cukup menyentuhnya saja.

Di bagian samping mouse wireless Logitech, pengguna juga dapat menjumpai sebuah tombol tambahan. Tombol tambahan ini akan meningkatkan kenyamanan pengguna saat menggunakan mouse ini untuk mengoperasikan komputer. Pasalnya, tombol ini bisa dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Untuk mengkostumisasi tombol ini juga tidak sulit karena pengguna dapat melakukannya dengan bantuan aplikasi Logitech SetPoint.

Mouse wireless Logitech M560 mengusung teknologi wireless 2,4 GHz. Mouse ini juga sudah dilengkapi dengan Logitech Nano Receiver. Untuk meningkatkan kenyamanan pengguna, mouse ini ditenagai oleh baterai AA. Walaupun mouse ini dirancang khusus untuk Windows 8, perangkat ini juga dapat digunakan untuk komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 7. Namun, tentu saja performanya kurang maksimal jika dibandingkan saat digunakan pada perangkat yang menjalankan Windows 8.

Perkiraan Harga

Dengan fitur dan performa yang ditawarkan oleh mouse wireless Logitech ini, Logitech membanderol harga yang cukup mahal yaitu sekitar USD 40 atau setara Rp 460 ribuan.

Kesimpulan

Mouse wireless Logitech M560 merupakan mouse terbaru dari Logitech yang dirancang khusus untuk Windows 8. Walaupun demikian, mouse ini juga dapat digunakan pada perangkat yang menjalankan windows 8. Mouse wireless Logitech ini hadir dengan desain yang simpel dan mengusung desain ambidextrous.

Mouse terbaru Logitech ini akan mulai dipasarkan di Eropa dan Amerika Serikat mulai bulan ini. Sayangnya, belum diketahui kapan produk ini akan beredar di Indonesia.

Tips untuk Memilih Lensa Kamera

Berjumpa lagi bersama kami di Congkel.com – Kali ini Congkel.com akan membagikan sedikit Tips untuk Memilih Lensa Kamera.

Fotografi merupakan hal yang tengah berkembang dengan pesat. Tentunya dengan memiliki kamera, anda tentunya harus memiliki lensanya juga. Semakin anda menginginkan hasil foto yang bagus, anda juga harus memilih lensa yang bagus juga.

Berikut ini sedikit Tips untuk Memilih Lensa Kamera :

1. Lensa zoom standar (EF-S)

+ Canon 18-55mm f/3.5-5.6 IS: Biasanya dipaketkan dengan kamera tingkat dasar (1100D, 650D). Harganya Rp 1.25 juta.

+ Canon 18-135mm f/3.5-5.6 IS: Biasanya dipaketkan dengan kamera tingkat menengah/canggih 60D/7D. Lensa ini lebih praktis dari 18-55mm karena rentang fokusnya lebih panjang, cocok untuk jalan-jalan. Harganya Rp 4 juta.

+ Canon 18-135mm f/3.5-5.6 IS STM: Adanya STM membuat akuisisi fokus lebih mulus saat merekam video.

+ Canon 15-85mm f/3.5-5.6 IS: Sedikit lebih lebar jarak fokusnya tapi lebih pendek, sisi lebarnya lumayan bagus untuk buat foto landscape yang lebih dramatis. Kualitas foto dan ketajamannya setingkat dari kedua lensa di atas. Harganya Rp 6.6 juta.

+ Canon 17-55mm f/2.8 IS USM: Lensa zoom EF-S terbaik, punya image stabilization, ideal buat berbagai jenis fotografi dari acara, pemandangan, portrait, dll. Harganya Rp 9.6 juta.

Canon 15-85mm bagus untuk yang mencari lensa jalan-jalan berkualitas yang seimbang dari segi ukuran, harga, kinerja. 17-55mm f/2.8 IS cocok untuk fotografi liputan dan portrait.

2. Lensa zoom standar (EF)

+ Canon 24-105mm f/4 IS L: Lensa praktis untuk jalan-jalan, ketika dipasang di kamera full frame, sudut pandangnya mirip 16-85mm f/3.5-5.6 VR. Harganya Rp 10.5 juta.

+ Canon 24-70mm f/2.8L II: Lensa berkualitas tinggi, tajam, kokoh dan gesit, andalan profesional. Harganya Rp 20 juta.

Jika anda tidak keberatan dengan harga dan ukuran fisik lensa, 24-105mm dan 24-70mm akan memberikan kualitas foto yang sangat baik.

3. Lensa sapujagat (EF & EF-S)

+ Canon EF-S 18-200mm f/3.5-5.6 IS: Lensa sapujagat, praktis bagi orang-orang yang ingin lensa lebar dan tele menjadi satu, sehingga tidak repot ganti-ganti lensa. Harganya Rp 6.1 juta.

+ Canon EF 28-300mm f/3.5-5.6 IS USM L: Lensa sapujagat untuk kamera Canon full frame. Sudah cukup berumur dan desainnya terlalu besar. Harganya Rp 15 juta.

4. Lensa zoom lebar (EF & EF-S)

+ Canon 10-22mm f/3.5-4.5: Lensa super lebar yang biasanya digunakan untuk foto pemandangan atau jurnalistik. Kualitasnya bagus. Harganya Rp 6.5 juta.

+ Canon 17-40mm f/4 L: Lensa super lebar yang dirancang untuk kamera Canon full frame, tapi sering digunakan juga di kamera crop karena punya rentang fokal yang cukup praktis. Memuat filter berukuran 77mm. Harganya yaitu Rp 7.25 juta.

+ Canon 16-35mm f/2.8 L II: Lensa super lebar dibuat untuk kamera full frame Canon seperti 5D, 6D, 1D. Cukup praktis dan bisa diandalkan. Harganya sekitar Rp 14.2 juta.

Lensa Canon EF-S 10-22mm f/3.5-5.6 kualitasnya sangat baik, tapi bagi yang keberatan harganya ketinggian atau membutuhkan bukaan yang lebih besar, alternatifnya yaitu Tokina 11-16mm f/2.8 dan 12-28mm f/4.

5. Lensa zoom telefoto (EF-S dan EF)

+ Canon EF-S 55-250mm f/4-5.6 IS – Lensa telefoto murah meriah, kualitasnya lumayan dibandingkan dengan harganya. Terkadang dipaketkan dengan pembelian kamera baru. Harganya Rp 2.2 juta.

+ Canon 75-300mm f/4-5.6 III – Lensa ‘murmer‘ di bawah 2 juta biasanya, kualitas fotonya kurang kontras, tajam dan ada penyimpangan warnanya. Harganya Rp 1.5 juta.

+ Canon 70-300mm f/4.5-5.6 IS -Kinerja autofokusnya bagus, kualitas foto juga di atas standar karena ada elemen dispersi rendah. Harganya Rp 6.6 juta.

+ Canon 70-200mm f/4 L– Kualitas fotonya bagus dan ukurannya tidak seberat yang f/2.8. Harganya juga terjangkau. Namun tidak adanya anti getar (IS) dan bukaan maksimumnya sedang, membuat Anda kesulitan saat memotret di kondisi kurang cahaya. Harganya Rp 7.4 juta.

+ Canon 70-200mm f/4 IS L – Kualitas fotonya bagus dan ukurannya tidak seberat yang f/2.8. Teknologi anti getarnya sangat baik, bisa meredam getaran hingga 4 stop. Harganya Rp 11.1 juta.

+ Canon 70-200mm f/2.8 L– Kualitas fotonya bagus dan kecepatan autofokusnya tinggi, tidak memiliki image stabilization, tapi harganya cukup jauh berbeda dengan yang ada IS nya (lensa dibawah). Cocok untuk fotografi aksi seperti olahraga, satwa liar. Harganya Rp 12.2 juta.

+ Canon 70-200mm f/2.8 IS L II – Lensa paling top, memberikan kualitas foto dan AF yang sangat bagus, biasanya diandalkan oleh profesional. Karena ada IS, lensa ini praktis untuk fotografi di kondisi cahaya gelap atau terang. Jenis fotografi yang cocok antara lain pernikahan, portrait, olahraga, satwa liar. Harganya Rp 20.3 juta.

+ Canon 70-300mm f/3.5-5.6 L IS – Salah satu lensa telefoto seri L terbaru Canon, kualitasnya foto yang dihasilkan bagus dan fisiknya tidak terlalu besar, tapi sayang bukaannya agak kecil dan tidak konstan. Harganya Rp. 15 juta.

+ Canon 70-300mm f/4.5-5.6 DO IS – Salah satu dari lensa dengan label DO, yang berarti memiliki ukuran fisik yang kecil dan lebih ringan daripada lensa telefoto seri L lainnya. Harganya Rp. 13 juta.

+ Canon 100-400mm f/4.5-5.6 IS L – Mencapai 400mm, lensa ini biasanya diminati oleh fotografer satwa liar. Harganya Rp 16 juta.

Untuk yang ingin berhemat dan memiliki lensa berukuran lebih ringan, 55-250mm f/4-5.6 IS lumayan oke.

6. Lensa fixed/prime (tidak bisa zoom, kecuali pakai kaki) Semuanya bertipe EF

+ Canon 24mm f/1.4 II L– Biasanya untuk pemandangan, street photography. Harganya Rp 15.5 juta

+ Canon 35mm f/1.4 L – Biasanya untuk fashion portrait, prewedding, street photography. Harganya 13.2 juta

+ Canon 35mm f/2 IS Rp. Sama dengan yang diatas, namun bukaan maksnya lebih kecil, tapi punya anti getar/IS. Harganya 8.7 juta

+ Canon 40mm f/2.8 STM – Lensa pancake yang ukurannya sangat kecil. Punya motor STM sehingga autofokusnya lebih mulus. Harganya Rp 1.5 juta

+ Canon 50mm f/1.8 -Lensa fix termurah Canon. Kualitas bodi dan dudukan lensa dari plastik. Lumayan tajam terutama saat memakai f/4-8, Harganya Rp. 850 rb

+ Canon 50mm f/1.4 – Lensa klasik 50mm Nikon, Harganya Rp 3.65 juta

+ Canon 50mm f/1.2 L– Salah satu lensa yang populer untuk portrait, atau wedding karena bukaannya yang besar mampu membuat latar belakang sangat blur. Harganya Rp 14 juta.

+ Canon 85mm f/1.8 L– Lensa ini autofokusnya cepat dan hasilnya cukup lembut sehingga cocok untuk portrait close-up atau candid. Harganya Rp 3.75 juta .

+ Canon 85mm f/1.2L – Lensa spesialis untuk portrait, cuma lebih kontras dan tajam dibanding dengan yang f/1.8 dan latar belakang lebih blur. Harganya Rp 21 juta.

+ Canon 100mm f/2.8 Macro ISL – Untuk menangkap detail subjek berukuran kecil, contoh serangga, bunga. Harganya Rp 8.2 juta.

+ Canon 135mm f/2 L – Populer untuk foto portrait close-up, fashion. Harganya Rp 8.6 juta.

+ Canon 200mm f/2G IS L– Olahraga lapangan, fashion. Harganya Rp 55.3 juta.

+ Canon 300mm f/2.8 ISL – Olahraga lapangan, satwa liar, burung. Harganya Rp 58 juta.

+ Canon 300mm f/4 IS L – Lensa telefoto alternatif yang lebih murah karena bukaan maksimumnya lebih kecil. Harganya Rp 13.3 juta.

Beberapa lensa yang bagus yaitu 50mm f/1.2, 85mm f/1.2. 135mm f/2 juga menghasilkan foto yang kontrasnya tinggi dan tajam, tapi sulit makainya kalau kondisi cahaya tidak mendukung (gelap).

 

Sekian Tips untuk Memilih Lensa Kamera, semoga bermanfaat. Salam Fotografi !

Spiral: Episode 1, Game Action Adventure Dengan Grafis Ciamik

Para pengguna iPhone dan iPad dimanjakan dengan berbagai pilihan game. Dan kini pilihan game semakin beragam dengan kehadiran game Spiral: Episode 1. Spiral: Episode 1 merupakan sebuah seri game action adventure baru dari Pixel Hero Games.

Game ini menyajikan cerita petualangan yang mengasyikkan dan permainan yang menyenangkan. Selain itu, Pixel Hero Games juga menyajikan tampilan grafis yang sangat bagus dalam permainan ini.

Konsep

Sebagai sebuah game action adventure, dalam game ini Anda akan berperan sebagai seorang penjaga bayaran yang diberi tugas untuk mengirimkan barang. Karakter utama ini bernama Tempus, ia adalah seorang anak muda yang menderita amnesia. Pada tubuh Tempus tersebut sebuah robot yang bernama AVA dan hidup sebagai tangan Tempus. Karena itu dalam game action adventure ini, Tempus sering berbicara dengan tangannya, si robot AVA.

  Spiral: Episode 1

Nah, dalam perjalanan Tempus mengantarkan barang inilah muncul berbagai tantangan. Serangan-serangan akan dilakukan oleh para pemberontak dan Anda sebagai penjaga bayaran mencoba mencari tahu siapa orang yang memerintahkan para pemberontak untuk menyerang. Anda juga lantas mencari tahu apa sebenarnya barang yang Anda bawa sehingga menyebabkan penyerangan-penyerangan itu.

Pada suatu level, Tempus berhasil menguak sebuah konspirasi yang melibatkan kekuatan-kekuatan tertinggi. Konspirasi ini lantas terkait pula dengan spiral virus yang dipakai untuk membinasakan populasi. Game action adventure ini tidak hanya menyajikan pertempuran, tetapi juga teka-teki, misteri, potongan-potongan informasi yang saling terkait yang menggugah rasa ingin tahu.

Gameplay

Dalam game action adventure ini Anda sebagai karakter utama harus menghindar dan juga menyerang. Serangan yang dilontarkan haruslah serangan yang benar-benar tepat sasaran. Untuk menyerang, lakukan Tap secara berulang-ulang. Dalam pertempuran, tangan Tempus akan berubah menjadi berbagai senjata.

Senjata yang digunakan untuk menyerang bisa pistol atau tombak untuk serangan jarak jauh. Sedangkan untuk serangan jarak dekat bisa menggunakan pedang dan serangan tangan kosong. Selain senjata-senjata, karakter utama juga mempunyai kemampuan untuk melakukan manipulasi energi dengan sangat keren. Satu kali Tap digunakan untuk perintah menyerang dari senjata-senjata tersebut. Sedangkan untuk melakukan serangan yang dahsyat, Tap dan tahan pada musuh sehingga serangan dilakuka beruntun.

Sepertinya memainkan game ini cukup mudah, bukan? Sebenarnya tidak juga. Tantangan dalam game ini adalah kamera yang selalu berpindah tempat dan Anda tidak bisa mengatur arah pandangan kamera. Jadi, ketika karakter berada di suatu tempat, maka kamera akan menampilkan keadaan di sekeliling karakter. Dengan keadaan ini, Anda tidak bisa melihat ke suatu arah tertentu untuk berjaga-jaga jika musuh datang diam-diam.

Level

Game action adventure ini juga memiliki level. Tersedia dua pilihan mode berkaitan dengan level permainan yakni mode manual dan mode otomatis. Bila Anda menggunakan mode otomatis, game action adventure ini akan berjalan dan menentukan level sendiri sesuai dengan permainan Anda.

Spiral: Episode 1

Keseluruhan permainan dalam game action adventure ini memakan waktu kurang dari satu jam. Tetapi jangan terkejut bila setelah memainkan game ini, baterai iPhone hanya akan tersisa kurang lebih duapuluh persen saja. Game ini sepertinya akan memakan cukup banyak daya baterai perangkat Anda.

Grafis

Game action adventure ini juga dilengkapi dengan suara aktor dalam setiap dialog yang ada. Tetapi sayang, sepertinya suara yang melengkapi game Spiral: Episode 1 ini kurang sesuai dengan peran yang dimainkan sehingga terdengar kurang menyatu.

Spiral: Episode 1

Sedangkan untuk tampilan grafisnya tidak diragukan lagi. Game Spiral: Episode 1 ini memiliki kualitas tampilan grafis yang sangat bagus untuk iPhone. Pandangan yang disajikan cukup luas dan pengguna game ini bisa berpetualang di lingkungan 3D yang dirancang dengan begitu cantik.

Kesimpulan dan Download

Game action adventure ini sangat menarik untuk dimainkan dan cukup menantang. Tampilan grafis yang sangat bagus benar-benar memberikan hiburan, meski harus diakui menghabiskan banyak daya beterai sehingga beterai cepat habis dan perangkat juga lebih cepat panas. Game Spiral: Episode 1 ini tersedia untuk iPhone dan iPad dengan harga Rp. 49.000,-.

Download: App Store

Teknik Mendapatkan Foto yang Tajam

Bagi fotografer profesional mungkin untuk teknik menggambil foto yang tajam sudah dengan mudah mendapatkannya. namun bagi fotografer pemula. untuk mendapatkan foto yang bersih dan tajam perlu di perhatikan beberapa teknik dalam pengambilan gambar tersebut untuk itu congkel.com akan mengupas sedikit tentang bagaimana cara mendapatkan foto yang tajam dan bersih. mari kita simak .

 

Lakukan pemotretan pada sweet spot lensa yang digunakan

Sweet spot adalah aperture tertentu dimana lensa akan menghasilkan foto yang paling tajam dan masing-masing lensa mempunyai sweet spot yang berbeda, untuk itu kenali dan pelajari sweet spot lensa yang digunakan agar menghasilkan foto yang tajam. Sweet spot lensa biasanya berada dua stop diatas batas maksimal kemampuan aperture lensa. Misal, untuk lensa f/2.8 maka sweet spot-nya ada di f/5.6

Bersihkan kamera dan peralatannya secara berkala

Ini perlu dilakukan karena untuk menjaga kamera dalam keadaan prima dan juga apabila digunakan outdoor ada baiknya setelah digunakan langsung di bersihkan karena penggunaan di luar ruangkan akan membuat kamera penuh dengan debu atau pun rintikan hujan, bersihkan lensa dan sensor kamera dari noda dengan menggunakan peralatan khusus untuk kamera.

Gunakan lensa yang bagus

Jika anda ingin mendapatkan gambar lebih bagus dari biasanya gunakanlah lensa yang bukan standar bawaan dari kamera tersebut ada baiknya untuk memilih lensa seri profesional semisal seperti  L-series dari canon, karena dengan menggunakan lensa yang lebih bagus pasti hasil foto yang dihasil akan lebih bagus dan juga anda perlu mempersiapkan dana lebih untuk hal ini.

Manfaatkan fokus dengan tepat

Teknik yang paling umum untuk mendapatkan foto yang tajam adalah dengan pemanfaatan fokus dari lensa. Kebanyakan pengguna kamera digital selalu menggunakan fitur Auto Focus untuk memotret akan tetapi jangan menganggap bahwa kamera selalu mendapatkan fokus dengan benar terhadap objek yang diinginkan. Jika menggunakan Auto Focus, cek ulang secara visual apakah objek yang diinginkan sudah dalam fokus atau belum sebelum memotret karena hal ini akan mempengaruhi ketajaman foto. Jika tidak yakin dengan Auto Focus gunakan Manual Focus dengan cara memutar ring fokus pada lensa hingga mendapatkan fokus pada objek yang diinginkan, hal ini sangat membantu dalam memotret dengan menggunakan Aperture yang besar (nilai f kecil) yang menghasilkan foto dengan kedalaman fokus yang sempit.

Gunakan kamera dan lensa yang mempunyai fitur Image Stabilisation

Banyak kamera dan lensa saat ini dilengkapi dengan fitur Image Stabilisation (IS) yang membantu mengurangi dampak kamera yang goyang ketika memotret sehingga foto yang dihasilkan bisa lebih tajam. Tapi perlu diingat bahwa IS hanya membantu menstabilkan pergerakan kamera bukan menstabilkan pergerakan objek. setiap merek memberi nama yang berbeda untu fitur ini tetapi fungsinya tetap sama.

Hindari penggunaan ISO yang tinggi

Unsur ketiga dari segitiga eksposure adalah ISO yang memiliki pengaruh langsung terhadap noise pada foto. Jika memilih ISO yang lebih besar maka shutter speed yang digunakan dapat lebih cepat dan aperture lebih kecil akan tetapi pemilihan ISO yang terlalu tinggi akan menyebabkan noise sehingga foto tidak terlalu tajam dan sedikit buram, untuk itu hindari penggunaan ISO yang tinggi.

Pilih Aperture (Diafragma) sesuai dengan kebutuhan

Aperture mempunyai efek terhadap kedalaman fokus suatu foto (depth of field), menurunkan aperture (menaikkan nilai f) akan memberikan kedalaman fokus yang sama baik objek yang jauh maupun dekat. Sebaliknya jika menaikkan aperture (menurunkan nilai f) akan memberikan kedalaman fokus yang sempit dimana latar belakang (background) dan latar depan (foreground) mempunyai fokus yang berbeda. Perlu diingat semakin kecil aperture yang digunakan, semakin lama Shutter Speed yang diperlukan dan tentu saja untuk objek yang bergerak sulit didapatkan fokus yang sama.

Pilih Shutter Speed (Kecepatan Rana) yang tepat

Hal pertama yang ada dalam pikiran untuk mendapatkan foto yang tajam adalah memilih Shutter Speed yang tepat dalam pemotretan. Semakin cepat Shutter Speed yang dipilih maka foto yang didapat semakin tajam dan terhindar dari blur akibat kamera goyang. Berikut aturan pemilihan Shutter Speed:
– jika Anda memiliki focal length lensa 50mm, jangan memotret dengan Shutter Speed lebih lambat dari 1/60 detik.

– jika Anda memiliki focal length lensa 100mm, lakukan pemotretan pada 1/125 detik atau lebih cepat.

– jika Anda memiliki focal length lensa 200mm, lakukan pemotretan pada 1/250 detik atau lebih cepat.
Gunakan tripod

Hal paling baik untuk menghindari goyangan adalah dengan menggunakan tripod, memang kurang praktis dalam pengunaannya namun apabila inginkan kualitas maka perlu di petimbangkankan untuk mengunakan tripod.

Mengoptimalkan Kamera Smartphone Untuk Mendapatkan Hasil Foto yang Tajam

Optimalkan kamera smartphone

Di jaman hybrid seperti sekarang sudah jarang menemukan kamera smartphone yang abal-abal, rata-rata smartphone sekarang memiliki kamera paling rendah 3 MP.  dengan kamera ponsel 3MP sudah dapat menghasilkan karya photografi yang mumpu untuk kalangan pengguna ponsel asal tau komposisi penggunaannya. berikut congkel.com akan membahas sedikit cara mengoptimalkan kamera smartphone ataupun camera tablet:

1. Curahkan cahaya yang memadai

Objek foto berikan cahaya yang cukup karena kamera ponsel tidak ada pengaturan iso yang seperti pada kamera digital saat ini, untuk mengakali hal tersebut coba untuk menggunakan fitur white balance yang terdapat pada ponsel.  semakin banyak cahaya yang di pantulkan oleh objek semakin bagus hasil jepretan yang di dapat, dapat juga menggunakan lampu flash karena sebahagian besar smartphone sudah ada fasilitas flash, namun perlu di perhatikan saat menggunakan flash untuk memotret objek yang tidak memantulakan cahaya seperti objek yang mengkilap seperti kaca, tv atau cermin karena hal ini dapat memberi hasil photo  yang kurang maksimal, karena biasan cahaya flash akan di pantulkan ke kamera. dan penggunaan pada ruang terbuka juga perlu di perhatikan karena akan memberi efek gelap pada hasil foto apabila objek berada jauh dari background.

2. Mendekatlah dengan objek

Hal ini seringkali menjadi momok pada para pengguna kamera ponsel yaitu takut dengan objek karena mengira tidak akan bagus bila terlalu dekat dengan objek padahal ini kebalikan apabila ingin mengabadikan suatu objek kita harus mendekatinya sedekat mungkin untuk hasil maksimal karena dengan mendekati objek hasil foto akan lebih fokus terhadap objek tersebut, dan pada pengguna kamera smartphone atau tablet hindari menggunakan digital zoom hal ini akan membuat hasil bidikan tidak maksimal, apa bila anda di posisi dimana harus menggunakan digital zoom carilah tempat bersender untuk menghindari goncangan karena saat menggunakan fitur digital zoom sedikit saja goncangan pada ponsel akan membuat hasil blur dan tidak tajam.

3. Hindari pengeditan di Ponsel

Saat ini berbagai macam aplikasi untuk mengedit hasil foto dari camera ponsel bermunculan ada baiknya untuk tidak menggunakan aplikasi tersebut untuk mendapatkan kualitas gambar yang baik, selain ukuran gambar akan berkurang hal ini juga kurang efektif karena saat pengeditan di ponsel layar ponsel terlalu kecil untuk mengedit foto dengan baik, ada baiknya ada mengedit di pc untuk mendapatkan hasil yang optimal dan juga saat menggunakan pc atau laptop ruang pandang lebih leluasa dengan begitu anda dapat lebih jelas melihat detail dari pada foto tersebut.

4. Jangan Langsung Hapus dan Lakukan Lagi dan Lagi

Sering kali saat melakukan pengambilan foto dengan kamera ponsel atau tablet memvonis hasilnya tidak bagus dari layar ponsel. sekali lagi perlu di ingat kualitas layar ponsel tidak sebaik kualitas layar pc. jadi ada baiknya anda untuk tidak langsung menghapus foto yang anda rasa kurang baik pada layar ponsel lakukan review pada layar komputer anda untuk memutuskan hapus atau tidak. dan jangan sunkan-sunkan untuk mengambil gambar yang banyak untuk satu objek apabila memory ponsel memungkinkan ambil foto dari berbagai sudut untuk satu objek dan lakukan review pada komputer.

5. Langgarlah Lampu Merah

Berbeda dengan camera profesional yang harus memperhatikan aturan komposisi pada saat pengambilan gambar, keunikan kamera ponsel sangat luar biasa bahkan akan menghasilkan gambar yang luar biasa apa bila anda melanggar komposisi dasar photografi misalnya jangan letakkan objek fotomu di tengah frame, tapi di sepertiga jendela bidik. Ini akan membuat gambar terasa hidup dan unik, melanggar aturan itu indah 😀 .

6. Jaga Lensa dan Resolusi

Berbeda dengan kamera pada umumnya camera ponsel lebih rentan terhadap kebersihan karena tidak memiliki penutup lensa, ditambah lagi medan yang di tempuh oleh kamera lebih extrem seperti di kantong di tas yang banyak debu dan pasir  dan juga lebih rentan terkena sidik jari jadi jagalah kebersihan lensa ponsel anda. Gunakan resolusi yang tertinggi pada settingan ponsel anda hal ini akan memberi hasil yang maksimal.

Demikian tips mengoptimalkan kameran smartphone dan tablet anda semoga bermanfaat dan jangan sungkan untuk ber experimen dalam pengambilan foto.

 

 

Pengertian Jarak Focus Lensa Kamera DSLR

Jarak Fokus atau Focal Length menjadi pertimbangan bagi photografer saat membeli lensa kamera DSLR karena jarak fokus pada lensa akan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Karena setiap jarak pada lensa di peruntukan untuk pemotretan dengan jarak tertentu. Focal length atau jarak fokus adalah jarak dalam satuan milimeter (mm) antara bagian tengah elemen optik lensa dengan gambar yang terbentuk pada sensor pada kamera DSLR.

Focal Lenght juga mempengaruhi sudut pandang atau field of view adalah seberapa luas area ditangkap oleh kamera, Jarak Focus Lensa juga mengontrol seberapa lebar atau seberapa sempit perspektifnya (pembesaran terhadap objek). Lensa dengan perspektif yang lebar (lensa wide) akan memdapat pandangan yang luas sehingga objek terlihat lebih kecil pada gambar yang akan di hasilkan, lensa dengan perspektif menengah (lensa normal) akan memberikan pandangan yang normal sedangkan lensa dengan perspektif sempit (lensa tele) akan membuat objek yang jauh terlihat lebih besar pada gambar sesuai dengan Jarak Focus Lensa  yang di berikan.

Jarak Fokus Kamera DSLR 2. jpg

Kesimpulannya adalah

Semakin pendek Jarak Focus, semakin lebar sudut pandang dan semakin lebar perspektif terhadap objek (pandangan yang terlihat pada foto semakin luas), hal ini dapat ditemukan pada lensa wide
Semakin panjang Jarak Focus, semakin sempit sudut pandang dan semakin sempit perspektif terhadap objek (pandangan yang terlihat pada foto semakin sempit), hal ini dapat ditemukan pada lensa tele.
Kira-kira sudah paham? yang dimaksud dengan focal length. Nah berikut beberapa kategori focal length atau jarak fokus pada kamera DSLR perkiraan focal length lensa yang digunakan dengan sedikit tumpang tindih dalam focal length antara beberapa kategori oke langsung saja lihat katagori berikut ini :

Lensa Ultra-Wide Angle: 10-15mm

Yang pertama adalah Lensa Ultra Wide Angle dengan jarak fokus 10- 15 mm, cakupan pandangan yang lebih lebar dibandingkan dengan lensa standar dengan membuat objek tampak lebih kecil dibandingkan dengan lensa normal. Lensa ini juga mempunyai DoF (depth of field, rentang kedalaman fokus pada objek) yang luar biasa sehingga memungkinkan seseorang mengambil foto dengan fokus yang sama mulai dari foreground (latar depan) hingga background (latar belakang).

Lensa Wide Angle: 16-28mm

Lensa yang sering digunakan oleh photografer dalam kondisi yang dimana photofrafer tidak dapat berada pada posisi yang diinginkan bila menggunkan lensa jenis lainnya misal saat berada dalam ruangan yang sempit tidak mungkin photografer mundur lagi untuk mendapat cangkupan terhadap objek yang berada dalam ruangan atau juga saat memotret pemandangan, dan jenis lensa ini sering digunakan oleh photografer untuk memfoto pemandangan interior dan juga arsitektur.

Lensa Normal: 28-40mm

Sering kali lensa jenis ini digunakan dalam pemotretan model dan orang yang tidak terlalu banyak dan juga untuk  pemotretan ¾ body .

Short Telephoto Lenses: 40-60mm

Rentang focal length dengan 40-60 sering disebut juga lensa potret, Sering juga digunakan oleh photografer yang khusus memotret model dan juga pada studio foto sebab lensa ini akan memberikan perspektif atau pandangan pada kepala dan bahu dari foto model dengan baik.

Lensa Telephoto Medium: 60-135mm

Bagi anda penggemar foto makro lensa dengan kisaran focal length ini sangat cocok untuk anda selain untuk macro lensa ini juga sanga bagus untuk foto close-up fotography karena dapat digunakan pada jarak yang dekat antara objek dan kamera.

Lensa Telephoto Panjang: 135-300mm

Jarak fokus ini berguna untuk memperbesar objek yang terlalu jauh dari kamera untuk mengisi frame. sangat sering digunakan oleh photografer untuk memotret objek yang berada di kejauhan seperti foto candid foto binatang liar dan juga foto olahraga. Dalam penggunaan lensa ini diperlukan tekni tersendiri untuk meminimalkan efek goyangan kamera karena lensa tele rentan terhadap goyangan yang berimbas pada berkurangya ketajaman foto baik dengan menggunakan senderan ataupun tripot dan lainnya.

Lensa Super Telephoto: 300mm keatas

Jarak fokus ini digunakan untuk objek yang sangat jauh paling berguna bagi fotografer untuk memotret suatu objek tidak mungkin di jangkau dengan mudah misal untuk memotret objek yang berada di seberang danau atau di atas pepohonan yang sangat tinggi dan jauh, yang harus memotret dari ratusan meter jauhnya dan juga sering digunakan untuk photografer mata-mata yang akan memotret objek tanpa di ketahui oleh objek. Tidak jarang juga di gunakan pada pemotretan benda-benda langit seperti awan bulan dan petir lihat tipsnya disini.
Berikut adalah gambar yang di hasilkan oleh berbagai jarak fokus pada lensa DSLR :
Jarak Fokus Kamera DSLR
Okay demikian saja pembahasan tentang Jarak Fokus ( Focal Length) semoga membantu dan bermanfaat. Lain kali akan kita bahas kembali tentang dunia fotografi.

Menjajal Dig!, Game Android dan iOS Penuh Tantangan

Dig! merupakan game dengan tampilan 3D yang sebelumnya tidak dimiliki oleh game-game sejenis, contohnya JezzBall. Selain tampilannya yang sudah 3D, Dig! sendiri menyuguhkan tema modern bila dibandingkan dengan game-game harta karun lain. Konsep Dig! sendiri terinspirasi dari sebuah game lawas yang dinamai Qix. Dengan konsep modern dan tampilan 3D, tentunya game ini memiliki nilai tambah yang istimewa dan sangat sulit untuk dilewatkan begitu saja.

Gameplay

Pemeran utama yang Anda mainkan dalam game ini bernama Douglas. Douglas merupakan seorang pria yang berprofesi sebagai penggali tanah dan bekerja untuk Mr.Cunningham. Dalam game ini, Anda diharuskan untuk menggali tanah dan menemukan setiap artifak didalamnya. Artifak-artifak yang telah dikumpulkan nanti akan dipajang di museum milik Mr.Cunningham.

 Android Gadget

Untuk mulai menggali tanah, Anda hanya perlu swipe layar Anda kearah tertentu dan secara otomatis Douglas akan bergerak kearah tersebut. Jika daerah penggalian tidak didiami oleh musuh, maka penggalian akan dimulai secara otomatis. Kontrol dalam game ini hampir sama dengan game-game bertema sejenis, maka dari itu Anda tidak perlu membutuhkan penyesuaian diri yang terlalu lama untuk bisa mengendalikan permainan.

Berbicara tentang musuh, game ini memiliki musuh yang cukup membuat Anda merinding. Musuh-musuh tersebut berupa zombie yang siap memangsa bila Anda sampai tertangkap. Douglas bisa lepas dari kejaran zombie dengan mudah tanpa harus mengikuti garis lurus dan Anda dapat merubah alur sesuai yang Anda inginkan.

Dalam permainannya, Dig! memiliki power ups dan perks. Power ups dalam game harta karun ini berbentuk decoy yang berfungsi untuk menghambat laju sebuah teleporter yang disebut Nigel. Sedangkan Perks berupa topi yang berfungsi sebagai nyawa tambahan bila Anda terkena serangan musuh. Maka dari itu, kumpulkanlah Perks sebanyak-banyaknya agar cadangan nyawa Anda bertambah.

Level

Bila penggalian yang Douglas lakukan sudah mencapai 75% untuk setiap area, maka level akan berhenti dengan sendirinya. Dalam proses penggalian, Anda tidak hanya diharuskan untuk mengumpulkan artifak, tetapi Anda juga harus mengumpulkan koin sebanyak-banyaknya disetiap level. Koin tersebut berguna untuk pembelian Power Ups, Perks dan untuk unlock ruangan yang berada dalam museum. Pengumpulan koin bisa dikategorikan hal yang cukup mudah dalam game ini. Jumlah artifak yang Anda kumpulkan juga berpengaruh pada jumlah koin milik Anda.

Grafis

Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya, game ini tampil dengan desain full 3D. Penggabungan warna yang tepat dan latar belakang yang menarik membuat game ini memiliki nilai tambah lain dalam segi grafis. Visualisasi yang ditampilkanpun terlihat cukup memuaskan meskipun visualisasi tersebut bukanlah yang terbaik untuk game sekelas Dig!. Bila disimpulkan, game ini memiliki nilai 4 dari 5 poin yang ada dalam hal grafis.

Selain itu, game ini ditampilkan secara modern dari pada game-game lain yang sejenis. Ibaratnya, game ini merupakan versi modern dari game lawas Qix sehingga membuat Dig! memiliki tampilan yang fresh, kreatif, dan menarik.

Download  

Game Dig! bisa diunduh dari Google Play dan App Store sekarang dengan banderol berbeda.

Perbandingan yang Mengejutkan Samsung Galaxy Note 8.0 VS Ipad Mini

Setelah Apple meluncurkan ipad mini beberapa waktu yang lalu, kembali samsung sebagai musuh bebuyutan Apple membuat gebrakan yang sangat menyayat hati Apple, ya Samsung kembali mengeluarkan Samsung Galaxy Note 8.0 pada 24 Februari lalu melalui ajang Mobile World Congress 2013 yang di gembor-gemborkan akan menjadi saingan ketat ipad mini. Seperti di infokan beberapa media tablet samsung galaxy note 8.0 akan dipasarkan pada kuartal kedua tahun, Mampukah samsung galaxy note 8.0 melawan ipad mini?

Galaxy Note 8.0 vs iPad Mini : Harga

Soal harga memang sangat berimbang antara Galaxy Note 8 dan Ipad mini yakni seperti di kabarkan yaitu harga samsung Galaxy Note 8 $300 hingga $350 untuk model 16GB. Sementara iPad Mini versi 16GB dijual dengan harga $329.  Tidak terlalu jauh perbedaan apabila di lihat dari sisi harga untuk itu konsumen harus pandai dalam memilih untuk membeli ipad mini atau samsung galaxy note 8 walau harga tidak jadi berbandingan yang berarti maka konsumen bisa melirik dari segi peforma dan kinerja tablet mini ini.

Galaxy Note 8.0 vs iPad Mini : Konektivitas

Melihat dari segi konektivitas Samsung Galaxy Note 8 memiliki dua pilihan  yaitu 3G dan 4G LTE. dan dua-duanya dilengkapi dengan berbagai fitur konektivitas termasuk Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct dan Bluetooth 4.0 dengan A2DP. Note 8.0 juga dibekali dengan slot  microSIM sehingga dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon layaknya sebuah ponsel. Sebagai tambahan, disajikan pula port infrared untuk berkomunikasi dengan perangkat yang juga dilengkapi infrared seperti untuk dijadikan remote smart tv. Tidak jauh berbeda dengan saingannya Ipad mini tersedia dua varian yaitu Wi Fi only dan perpaduan Wi Fi dan 3G/LTE. Untuk model 3G/LTE juga dilengkapi fitur konektivitas melalui Wi-Fi 802.11a/b/g/n dan Bluetooth 4.0. Apple juga melengkapi tabletnya dengan Nano-SIM sehingga mampu melakukan panggilan telepon melalui jaringan 3G/LTE dan juga kedua-dua nya memiliki konektifitas  bluetooh namun kedua-duanya tidak memiliki fitur infra red.

perbandingan ipad-mini dan galaxy-note-8

Galaxy Note 8.0 vs iPad Mini : Kamera

Samsung Galaxy Note 8.0 dan iPad Mini bisa di katakan seimbang di bidang kamera .Samsung Galaxy Note 8.0 dan iPad Mini dilengkapi kamera utama 5MP dengan autofokus dan kemampuan geo-tagging. Namun ada perbedaan terletak di sisi kamera depan, Karena Note 8.0 dilengkapi dengan kamera 1.3MP dengan kemampuan merekam video dan dilengkapi dengan fitur khusus Smart Stay yang mampu mengenali penggunanya untuk membuka kunci layar saat pengguna melihat ke layar dan mengunci layar ketika pengguna tidak lagi fokus melihat layarnya. Sedangkan ada kekurangan pada  iPad Mini yaitu dengan kamera depan 1.2MP yang mampu merekam video HD 720p 30fps. Kamera depan ini juga sudah mendukung dengan kemampuan deteksi wajah dan FaceTime  untuk melakukan panggilan video melalui koneksi Wi-Fi atau 3G.

Galaxy Note 8.0 vs iPad Mini : Memory

Lagi-lagi samsung note 8 menyalip ipad mini di bidang memori kapasitas memory galaxy note terdapat dua jenis yaitu 16GB dan 32 GB namun ke lebihannya dapat di tambah lagi hingga 64GB memory external. Berbeda dengan Ipad mini memorynya tersedia dalam pilihan 16GB, 32GB, dan 64GB namun sungguh di sayangkan tidak terdapat slot untuk memory external pada ipad mini.

Galaxy Note 8.0 vs iPad Mini : Baterai

Memang baterai menjadi hal yang sangat riskan untuk sebuah gadget karena apabila kemampuan baterai kurang memuaskan walaupun fitur banyak juga akan mengurangi minat terhadap gadget tersebut, Galaxy Note 8.0  memiliki kapasitas baterai 4400mAh sedangkan iPad Mini dipersenjatai dengan baterai berkapasitas 4600mAh sedikit lebih tinggi untuk iPad Mini namun hal ini tidak memberi perbedaan yang jauh antara ipad mini dan samsung galaxy note 8.

Galaxy Note 8.0 vs iPad Mini : Sistem Operasi

Sistem operasi pada Galaxy Note 8.0 dan ipad mini sangat berbeda galaxy note 8 menggunkan OS dari google yaitu Android 4.1.2 Jelly Bean Android adalah sistem operasi gratis yang di kembangkan  oleh google dan saat ini menjadi os paling banyak di gunakan pada smartphone dan tablet di dunia, sementara Apple iPad Mini dijalankan dengan OS iOS 6.1 dan OS iOS adalah OS yang di kembangkan oleh Apple sendiri dan OS ini juga sangat tertutup bagi pengembanngan memang dalam beberapa hal iOS lebih baik seperti masalah security. Namun disisi software, Note 8.0 memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan iPad Mini. Pertama, dengan kehadiran rangkaian Samsung Smart Function yang sangat dibutuhkan pengguna untuk berbagai keperluan. Satu lagi kelebihan juga Note 8.0 memiliki akses ke seluruh aplikasi yang menggunakan S-Pen yang sangat mengagumkan, dan apabila Anda membutuhkan tablet yang dapat digunakan untuk menggambar, pastikan Anda memilih Samsung Galaxy Note 8.0.

Galaxy Note 8.0 vs iPad Mini : Dapur Pacu

Bicara soal dapur pacu Samsung galaxy note 8 lebih di depan karena samsung galaxy note 8 menggunkan  dapur pacu yaitu chipset Samsung Exynos 4 Quad. Prosesor quad core berkecepatan 1.6GHz ini dipadukan dengan GPU Mali 400 MP dan RAM 2GB.  Sedangkan iPad Mini menggunakan chipset Apple A5, dikawinkan dengan prosesor Cortex-A9 dual core berkecepatan 1GHz dan menggunakan  GPU PowerVR SGX543MP2 dan RAM 512MB yang berarti lebih rendah dari pada Samsung Galaxy Note 8.0, Namun demikian Ipad Mini tidak terlalu buruk karena dapat menjalankan semua tugasnya dengan mulus.

Kesimpulan

Memang nampak perbedaan di sana sini antara ipad mini dan galaxy note 8 memang tidak terlalu jauh perbedaan antara satu sama lain, walaupun demikian untuk pemilihan anda dapat menetukannya sendiri, pilih tablet mungil dari Apple atau Samsung sesiai kebutuhan dan style anda saran dari congkel sebelum membeli salah satunya adabaiknya untuk mecoba keduanya baik punya teman atau di tempat penjualan untuk memutuskan yang mana lebih cocok untuk anda. Semoga bermanfaat :)