Tips Cara Tangkap (Shot) Foto Kilat atau Petir

Pasti banyak sekali photografer-photografer pemula yang bertanya-tanya. Sebenarnya apa saja sih yang dibutuhkan untuk menjadi seorang photografer yang handal atau pun profesional ? Mungkin akan banyak sekali pendapat yang dapat dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Namun, jawaban yang paling masuk akal dan sesuai logika adalah terus saja belajar, belajar dan belajar. Banyak-banyak saja ambil foto dari sesuatu hal misalnya. Dengan adanya keseringan kita mengambil foto, maka kita akan punya banyak pengalaman dari situ. Misalnya mengambil foto kejadian ini bagaimana bagusnya, mengambil foto kejadian itu bagaimana bagusnya. Kita akan punya tips-tips sendiri dalam hal itu. Tetapi sudah pasti kita juga harus mempelajari berbagai macam konsep dan istilah dasar yang ada di dunia fotografi sebelum kita benar-benar coba terjun ke dalam nya.

cg

Bagi para photographer newbie (baru) mungkin akan sedikit kesulitan untuk mengambil suatu foto yang merupakan suatu kejadian. Misalnya saja seperti ambil foto sunset atau foto sunrise, atau pun ambil foto kilat atau pun petir. Tentu saja ini bukanlah hal yang mudah. Butuh sedikit pengalaman dan trik yang mumpuni agar mendapatkan hasil foto yang memuaskan. Maka dari itu, kami akan coba bahas mengenai bagaimana cara ambil foto kilat atau pun petir dan insya Allah dapat menghasilkan foto yang bagus dan memuaskan.

Berikut tutorial yang harus diikuti.

  • Carilah posisi terbaik yang anda rasa dapat melihat dengan jelas kilat atau petir di saat fenomena itu berlangsung.
  • Aperture pada kamera di setting ke f8.
  • Gunakan manual focus (sebab mustahil kita bisa focus ambil kilat secara otomatis).
  • Tripod wajib digunakan jikalau menggunakan BULB mode.
  • Jangan lupa gunakan manual white balance (sesuaikan white balance dengan kondisi tempatnya).
  • Set kan ISO pada posisi 100.
  • Gunakan BULB mode dan pastikan anda punya remote untuk digunakan disini.
  • Tekan remote jika semua sudah selesai di set. Karena di sini kita menggunakan mode BULB, shutter akan tertutup secara otomatis apabila anda menekan button pada remote. Tekanlah remote di saat kilat atau petir muncul.
  • Lihatlah hasilnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*