Tips Dan Trik Agar Baterai Ponsel Android Tidak Boros

Android Apps

Ponsel bersistem operasi android memang sangat populer sekarang ini, hamir setengah lebih pasar ponsel dunia di kuasai oleh ponsel bersistem operasi tersebut. Banyaknya pengguna ponsel android sendiri disebabkan fitur yang ditawarkannya bisa memuaskan konsumen, salah satunya adalah bisa mengakses jaringan internet dengan cepat. Selain itu pengguna juga bisa selalu online di facebooknya lewat ponsel android, karena ponsel android sendiri juga menyediakan fitur multitaksking. Namun kecanggihan fitur yang dimiliki ponsel android belum di imbangi tenaga yang memadai sehingga dalam satu hari bisa melakukan pengisia baterai 2-3x/hari, sebenarnya baterai ponsel android tidak sejelek itu. Namun karena banyaknya fitur dan layanan internet yang terus ktif menyebabkan ponsel android haus akan baterai, tetapi berikut ini kami punya sedikit tips agar baterai ponsel android tidak boros atau tahan lama.

Android Apps

1. Mematikan Services Yang Berjalan Di Background

Terkadang aplikasi yang sudah kita tutup sebenarnya masih ada servicesnya yang berjalan secara tidak terlihat, namun hal itu tetap akan menguras baterai ponsel anda sedikit – demi sedikit. Oleh karena itu anda harus mematikan services – services yang tidak perlu, caranya masuk menu setting, terus pilih application, dan terakhir pilih running services tap yang ingin dimatikan.

2. Mematikan Koneksi internet

Tidak bisa dipungkiri memang koneksi internet yang terus meneruslah faktor utama yang menyebabkan ponsel android boros akan baterai, oleh karena itu matikan koneksi internet anda saat tidak dipergunakan. Cara masuk menu setting, lalu pilih wireless & network, dan hilangkan tanda centang pada data traffic.

3. Hilangkan Animation

Kelebihan utama dari ponsel android adalah animasi dan orientasi layar yang mampu secara otomatis ke mode lansekap, untuk beralih dari posisi normal ke lansekap ternyata cukup banyak memerlukan daya tahan baterai. Oleh karena itu anda harus mematikan dua fitur tersebut, caranya masuk menu setting, lalu pilih menu soud&display dan hilang centang pada orientation terus ubah animations menjadi no animations.

4. Mengurangi Brihtness Dan Time Out Layar

Seperti yang kita ketahui ponsel android kebanyakan mengusung layar sentuh, maka setiap kali kita menggunakannya pasti akan menyentuh layarnya. Tau atau tidak saat kita menyentuh layar tersebut daya baterai yang digunakan ponsel cukup tinggi, terlebih pada ponsel yang masih menggunakan tingkat kecerahan layar yang maksimum. Oleh karena itu agar ponsel android kalian bisa lebih awet baterai ada baiknya menurunkan tingkat kecerahan layar sampai batas minimum, caranya masuk menu setting, terus pilih sound&display dan pilih brihtness menjadi batas minimum.

Selain itu setting juga time out menjadi batas minimum, caranya masuk menu setting juga, pilih sund&display, dan pilih time screen timeout menjadi batas minimumnya.

Nah itulah sedikit tips yang dapat anda gunakan untuk menghemat daya tahan baterai ponsel android anda, tentunya jika anda melakukan tips diatas akan ada dampaknya yang merugikan anda. Misalnya tingkat kecerhan layar menjadi berkurang, tetapi hal tersebut tidak terlalu penting dibandingkan harus melakukan charging atau pengisian ulang baterai 2-3x/hari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*