Tips dan Trik Fotografi Menggunakan Aplikasi Smartphone

Tips dan Trik Fotografi

Fotografi kini telah menjelma menjadi gaya hidup. Tidak lagi hanya di kalangan profesi fotografer, tetapi mereka-mereka yang hanya sekadar hobi memotret. Mewabahanya fenomenan ini karena kini banyak hadir gadget-gadget canggih yang punya fasilitas foto.

Kamera kini terintegrasi dengan smartphone ataupun tablet sehingga bagi sebagian orang yang memiliki perangkat tersebut akan disayangkan jika tidak memanfaatkan fitur fotografi di perangkatnya. Nah, kali ini akan dibahas tips dan trik fotografi bagi Anda yang ingin hasil jepretannya terlihat seperti hasil seorang profesional.

Tips dan Trik Fotografi

Ada begitu banyak aplikasi yang mendukung fasilitas foto. Aplikasi-aplikasi tersebut umum hadir di perangkat smartphone dan tablet. Ada aplikasi instagram yang populer dalam menghasilkan gambar yang begitu atraktif. Ada pula aplikasi yang memiliki integrasi grafis dan info seperti instaweather dan instaplace.

Instaweather sesuasi namanya adalah aplikasi yang memungkin kan penggunaa memasang informasi cuaca sedangkan instaplace yaitu aplikasi agar pengguna dapat menambahkan keterangan lokasi di atas foto. Sebelum pada pembahasan penggunaan aplikasi grafis, tips dan trik fotografi akan dimulai dari langkah mengambil gambar (foto)

Langkah pertama tentu adalah mendapatkan foto yang menarik. Foto tidak hanya sekadar memotret tetapi terdapat seni didalamnya. Tips dan trik fotografi pada langkah ini berbicara mengenai bagaimana mengambil gambar yang baik. Secara teori hal ini sangat mudah tetapi secara praktik perlu kesabaran jika foto yang didapatkan tidak sesuai harapan.

Pertama perhatikan cahaya serta komposisi yang pas. Teruslah memotret dengan memperhatikan arah cahaya. Cahaya akan sangat menentukan jelas tidaknya suatau gambar. Terus memotret buang yang dirasa kurang baik komposisi cahayanya.

Harus diperhatikan pula angle kamera. Hal ini juga merupakan tips dan trik fotografi Memotretlah dari berbagai posisi. Ubah sudut pandang umum (tidak mainstream) agar tidak terkesan biasa. Misalnya mengambil gambar sebuah pohon tidak dari smaping tapi dari bawah. Ambil beberapa gambar yang dirasa snagat baik dalam sangat baik sudut pandang, pencahayaan ataupun objek yang dipotret.

Mengambil foto yang baik akan membuat kualitas foto tetap terjaga. Langkah pertama tersebut tentu harus diperhatikan sebelum pada tips dan trik fotografi pada langkah selanjutnya. Hal ini perlu jadi fokus karena gambar yang bagus merupakan awal yang bagus sebelum diberi tambahan unsur grafis.

Lanjut pada tips dan trik fotografi pada tahap kedua. Pada tahap ini pastikan terlebih dahulu tbidang kosong pada foto. Hal ini dilakukan karena pada foto tersebut akan ditambah unsur grafis seperti ikon dan huruf. Tetntu dengan memperhatikan hal ini, tata letak (lay out) yang akan dihasilkan akan sangat baik dan menarik.

Agar foto Anda punya unsur cerita dibaliknya, usahakan unsur grafis yang ditambahkan tidak merusak cerita tetapi malah memperkuatnya. Misalnya sebuah aplikasi, posisi unsur grafis berada di samping kiri atau di bawah, maka fokus cerita harus ditempatkan di samping kanan atau di atas. Tips dan trik fotografi pada langkah ini berguna agar foto Anda tidak hanya sekadar gambar tapi punya unsur kisah yang menarik.

Agar ada kesinambungan cerita, perlu diperhatikan kesinambungan foto dengan caption pada grafis. Contohnya sebuah foto yang diambil di toko buku akan terasa aneh jika diberi keterangan cuaca. Misalkan juga sebuah foto tentang cemilan kurang tepat rasanya jika diberi info tentang tempat.

Tips dan trik fotografi yang diberikan akan terasa janggal jika hal ini dilakukan Untuk menghindari kekurangtepatan ini, sebelumnya perlu dipelajari pula tentang aplikasi yang akan dipakai agar tidak salah langkah dalam menggunakannya.

Langkah terakhir pada tips dan trik fotografi kali ini hanya sebuah saran agar tetap terus memperbanyak gambar. Seperti yang dikatakan pada paragraf sebelumnya, mengambil foto dan menyimpannya sewaktu-waktu. Hal ini dilakukan jika suatu saat nanti terdapat ide yang sesuai dengan penggunaan grafis/layout pada aplikasi yang digunakan.

Mudahan-mudahan tips dan trik fotografi yang dijelaskan kali ini akan berguna bagi Anda. Tetaplah terus mengambil gambar, tidak perlu menjadi profesional kalau hanya untuk sekadar hobi. Namun mendapatkan gambar yang baik dan mengeditnya dengan aplikasi yang tepat akan menjadi kepuasan tersendiri bagi diri kita masing-masing. Selamat berfoto!

*Diadaptasi dari berbagai sumber

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*