Tips Melihat Jenis Tinta pada Printer Anda

Bertemu lagi dengan kami Congkel.com – Kali ini kami akan membagikan sedikit Tips Melihat Jenis Tinta pada Printer Anda. Printer merupakan alat yang digunakan untuk melihat hasil fisik suatu dokumen maupun gambar. Printer ini akan menghasilkan print out dokumen yang anda kerjakan, namun kita tahu bahwa untuk mencetak suatu dokumen kita tersebut sutatu printer harus menggunakan suatu tinta.

Berikut ini sedikit Tips Melihat Tinta Jenis Tinta pada Printer Anda berdasarkan formula dasar dan fungsi tinta, diantaranya :
Tinta Dye Base
Tinta Dye Base merupakan jenis tinta yang paling banyak digunakan untuk Printer-printer standard terutama untuk untuk Printer yang sudah di Infus (CISS), hal ini dikarenakan tinta dye base dominan berbahan dasar dari air (H2O) dan dicampur dengan bahan perwarna (Colourant) yang bisa menyatu dengan baik dengan baik sehingga kemungkinan mengendap dan mampat pada Printhead Cartridge semakin kecil dan harga pewarna tinta jenis dye base jauh lebih murah dibanding pewarna untuk jenis tinta lainnya, namun hasil cetak dari tinta dye base kurang tajam, pekat, dan tidak tahan air.

Tinta Pigment atau Durabrite
Tinta pigment memiliki kualitas cetak yang lebih tajam, pekat, dan tahan air dibanding tinta dye base karena formula tintanya yang terdiri dari Air (H2O), Diluent, Colorant Pigment, dan yang lainnya. Tinta Pigment biasanya digunakan oleh beberapa Produsen printer Original terutama untuk cartridge warna hitamnya, namun tinta pigment yang non original pun banyak dijual. Kekurangan dari Tinta Pigment ini adalah jika Printer tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu maka Printhead Cartridge akan tersumbat oleh bahan perwarna tinta yang mengendap dan mengering pada nozzle head.

Tinta Sublim
Tinta Sublim pada umumnya dipake untuk Printer-printer standard yang digunakan untuk mencetak bahan-bahan sablon, misalnya untuk kaos, Mug, Pin, atau yang lainnya karena Karekteristik Tinta sublim yang jauh lebih tahan terhadap air dan degradasi warna yang lebih kuat. Formula Tinta Sublim dominan mengandung minyak, perwarna(Colorant), diluent, dan zat lainnya, oleh karena itu tinta Sublim memiliki ketahanan yang jauh lebih baik dibanding Tinta Pigment, namun resiko Printhead tersumbat lebih besar dibanding Tinta Pigment.

Tinta Solvent
Tinta Solvent memiliki ketahanan yang paling baik terhadap Air dan sinar UV, namun tinta solvent berbau menyengat, karena tinta solvent terbuat dari bahan-bahan yang mendekati seperti cat duco ditambah dengan bahan-bahan yang disesuaikan untuk tipe-tipe Printer Outdoor. Tinta Solvent banyak digunakan untuk mencetak Banner, Spanduk, billboard, neonbox, dan yang lainnya untuk outdoor Printing.

Tinta Eco Solvent
Tinta Eco Solvent sama seperti Tinta Solvent, hanya karakteristik tinta eco solvent sedikit kurang tahan terhadap UV, namun tidak berbau menyengat dibanding Tinta Solvent, oleh karena itu Tinta Eco Solvent banyak digunakan untuk Indoor Printing.

 

Sekian Tips Melihat Jenis Tinta pada Printer Anda dari Kami, semoga dapat berguna bagi anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*