Tips Membantu Anak Memaksimalkan Teknologi

Kembali lagi bersama kami Congkel.com – Mungkin bagi anda yang memiliki anak yang masih kecil atau belum dewasa, teknologi menjadi hal buruk yang berbahaya jika disalahgunakan oleh anak. Anda selaku orang tua tentu agak sedikit was-was ketika ingin memperkenalkan teknologi pada anak anda. Oleh karenanya, berikut ini Tips Membantu Anak Memaksimalkan Teknologi  yang diterangkan oleh Psikolog Anak dan Keluarga Roslina Verauli, MPsi..

Alokasikan Waktu

Seperti halnya membaca atau bermain, teknologi merupakan sarana pendidikan dan hiburan yang baik. Masukkan kegiatan bermain teknologi dalam rutinitas harian untuk mengajarkan anak cara baru dalam belajar dan berinteraksi.

 

Variasi adalah Kunci Utama

Perluas wawasan anak dengan mengaplikasikan komputer untuk melatih anak belajar aktif. Cari aplikasi yang dapat memperkuat konsep belajar, seperti aplikasi membaca, pengenalan bentuk dan warna, atau lainnya. Aplikasi itu dapat Anda peroleh cuma-cuma di internet.

 

Rangsangan Kognitif 

Ketika membaca cerita untuk anak, gunakan mimik dan intonasi yang mewakili cerita itu untuk meningkatkan kemampuan anak berpikir dan memproses informasi. Rangsangan ini juga dapat mengasah kreativitas, kemampuan memecahkan masalah, dan mengambil keputusan secara dinamis pada anak.

 

Porsi Tepat

Memberikan anak akses teknologi secara terus-menerus andalah hal yang salah, oleh karenanya anda harus dapat mengakali porsi yang tepat bagi anak berapa lama ia dapat bermain dengan teknologi selama seharian.

 

Pahami Dasar Teknologi

Sebagai orang tua, sangat penting bagi orangtua untuk ikut mempelajari teknologi. Karena dengan mempelajari teknologi, anda dapat memberi batasan pada anak anda terkait teknologi.

 

Tentukan Aturan dan Batasan

Saat ini sudah banyak fitur pengawasan orangtua dan alat keamanan komputer yang dapat membantu Anda mengawasi aktivitas online, salah satunya fitur Parent Control. Parental control  tersedia di semua komputer berbasis Windows  atau Mac . Fitur ini juga dapat membantu Anda membatasi berapa lama anak menggunakan komputer dan program atau permainan apa yang dapat mereka gunakan.

 

Teamwork Anak

Perangkat teknologi bukanlah pengasuh anak. Memadukan permainan di komputer dengan interaksi bersama orang tua atau pengasuh akan memperkuat apa yang dipelajari anak.

 

Melatih Kemampuan Motorik 

Menekan tombol, menyentuh layar, dan menggerakkan mouse  atau keypad/keyboard  dapat memberikan anak pengalaman layaknya ketika mereka melukis dengan jari, menggambar, atau mencoret-coret. Gerakan motorik ini juga berfungsi menajamkan koordinasi mata dan tangan anak.

 

Ajari Sebab dan Akibat

Balita senang memainkan sesuatu yang dapat menimbulkan gerakan dan suara. Pilihkan anak permainan yang bersifat pop-up.

 

Sembunyikan

Ketika waktu bermain dengan alat-alat teknologi  habis, simpan dan jauhkan perangkat teknologi tersebut dari anak anda.

 

Sekian Tips Membantu Anak Memaksimalkan Teknologi  dari kami, semoga bermanfaat dan dapat anda praktekkan dengan mudah. Wassalam !

 

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*