Tips Membeli Kamera Digital Untuk Newbie

Dunia fotografi semakin hari semakin terjangkau banyak orang. Kemajuan teknologi yang begitu pesat membuat pilihan kamera sebagai media pengabadian gambar semakin beragam. Sayangnya, hal tersebut membuat tidak hanya pemula, namun juga kaum amatir yang sudah advanced, cukup kesulitan memilih produk kamera di etalase toko. Tidak ada tips membeli kamera digital yang benar-benar pasti dan eksak, semua kembali tergantung kenyamanan dan preferensi tiap fotografer.

Bagi pemula, memilih kamera pertama menjadi tugas terberat pertama yang harus dilakukan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah banyak pedagang nakal yang mengatakan besarnya resolusi dalam megapixel menentukan hasil kualitas gambar kamera tersebut. Hal itu jauh dari kata benar. Tips membeli kamera digital pertama yang harus dilakukan adalah melihat spesifikasi lengkap yang ditawarkan kamera tersebut.

Sayangnya, beberapa kosakata spesifikasi kamera termasuk asing dan sulit dimengerti bagi pemula. Maka dari itu, pada segmen ini akan dijelaskan berbagai terms dari spesifikasi kunci dari kamera yang beredar di pasaran. Berikut ini akan diberikan briefing singkat mengenai spesifikasi yang harus diperhatikan.

Lensa

Tips Membeli Kamera Digital

Dua hal penting yang harus dilihat dari lensa yang menyertai kamera adalah focal length dan aperture. Focal length menunjukkan range area yang dapat ditangkap, sedangkan aperture menyatakan bukaan diafragma dari lensa tersebut. Focal length dinyatakan dalam unit milimeter (mm) dan aperture biasanya dinyatakan dengan angka yang didahului huruf F (contoh F2.8.).

Sensor

Terdapat dua jenis sensor yang sering digunakan di kamera digital saat ini. Keduanya adalah CCD yang sudah cukup tua, dan CMOS yang mulai menggeser penggunaan sensor CCD.Tips membeli kamera digital yang harus diperhatikan adalah sensornya, bukan hanya resolusi. Ukuran dari sensor menentukan resolusi gambar yang dihasilkan, tapi juga menentukan kecepatan proses gambar pada kamera tersebut.

Viewfinder

Saat ini banyak kamera digital yang menawarkan viewfinder digital yang terintegrasi dengan layar LCD. Bukan hal yang jelek, namun satu tips membeli kamera digital adalah membeli kamera digital dengan viewfinder optik konvensional. Selain lebih cepat daripada elektrik, viewfinder optik lebih jelas dilihat di bawah matahari.

Spesifikasi lain

Untuk spesifikasi lain, seperti ISO (sensitivitas cahaya) dan IS (Image Stabilization,) sebenarnya masih berhubungan dengan salah satu dari tiga spesifikasi di atas. Dalam hal ini, kedua spesifikasi yang disebutkan tadi adalah tambahan pada spesifikasi sensor. Beberapa bisa dibilang tambahan penunjang kinerja, seperti video dan wifi. Spesifikasi ini menjadi faktor Z dalam tips membeli kamera digital.

Setelah membaca dan mengerti terms spesifikasi kunci dari kamera digital tersebut, maka Anda sudah boleh dengan percaya diri pergi ke toko kamera. Satu hal terakhir dalam tips membeli kamera digital di segmen ini yang perlu diperhatikan adalah selalu mencoba kamera digital tersebut di tangan Anda sendiri sebelum membeli.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*