Tips Membersihkan Android

Bagi pengguna smartphone android mungkin sangat banyak saat ini tetapi sangat sedikit yang melakukan bersih-bersih terhadap si robot ijo ini. Tahukah anda banyak file yang duplikat dan file temporary pada android yang tidak kita butuhkan. karena kurangnya perhatian terhadap file yang duplikat atau file temporary akan membuat android menjadi lambat dalam merespos setiap proses yang kita perintahkan. Dengan begitu tidak ada salahnya apabila kita ingin mendapatkan performa yang memuaskan pada smartphone atau tablet android anda segeralah untuk melakukan bersih-bersih.

Saat ini untuk membersihkan android dapat anda lakukan secara manual ataupun dengan bantuan aplikasi pihak ke tiga dan aplikasinya sangat banyak tersedia di googleplay namun di sarankan apabila proses bersih-bersih pada android tidak memakan waktu yang banyak sebaiknya dilakukan secara manual karena kurang baik menggunakan aplikasi karena  kadang-kadang kita harus berkerja dua kali lipat.

Cara Membersihkan Memori Card Pada Android

Pada dasarnya memory card tidak di sarankan untuk menyimpan file-file aplikasi karena apabila di simpan di memory external sistem android akan menjadi lebih lambat saat menjalankan aplikasi yang ingin kita akses. Jadi lebih efisien apabila di letakan pada memory internal. untuk mengetahui seberapa banyak penggunaan memory pada perangkat android anda bisa langsung melihat pada menu setting .

Bagaimana mengelola Bloatware pada Android

Memang urusan aplikasi bloatware sangat merugikan bagi pengguna android yang memiliki ruang penyimpanan yang terbatas, karena aplikasi ini akan secara otomatis update dan akan menambah ukuran file secara terus menerus, dan parah nya aplikasi ini susah untuk di unnistal untuk membersihkan aplikasi ini harus melakukan rooting pada perangkat android sebelumnya.

Mengorganisir (Back Up) Foto dan Video

Untuk urusan file foto dan video sebaiknya juga di simpan pada memori external agar ruang simpan memori internal lebih banyak kosong dan akan membuat perangkat android lebih leluasa. dan juga apabila memori external dirasa sudah penuh ada baiknya anda memindahkan file foto atau video ke perangkat komputer. dan hal yang paling membantu adalah dengan sinkronisasikan foto-foto Anda dengan Google+ dengan demikian foto yang terdapat pada memori tablet atau smartphone anda akan secara otomatis di upload ke akun google+ anda dan apabila anda menghapus foto pada perangkat tablet android anda file di google+ anda akan aman, memang hal ini akan memakan bandwidth lebih banyak  ada baiknya anda lakukan sinkronisasi pada saat berada dalam jaringan wifi yang stabil.

Merge Kontak Anda

Dengan banyaknya aplikasi social media akan banyak pula kontak yang tersimpan di dalam kontak secara otomatis. Sepertinya ini agak menggangu apalagi kontak yang double cukup banyak, akan memakan memori juga. Memang hal kecil tetapi makin banyak kontak makin lambat pula sistem android dalam melakukan loading terutama pada perangkat dengan ram rendah. Untuk mengatasinya masuk ke akun Google Anda yang sudah terafiliasi ke Android kemudia klik www.google.com/contacts.

Disebelah kiri lihat pilih group contacts seperti My Contacts Most Contacted, another contact atau circle. Dibawah terdapat menu more klik Find and merege duplicate. Anda bisa mencari nama lain dengan mengulangi cara diatas. tidak hanya nomer telepon yang bisa dimerge dengan cara ini. kontak lain seperti dari Twitter atau Facebook juga bisa menggunakan cara ini.

Demikian semoga tips ini dapat bermanfaat 😀

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*