Tips Membuat Font Sendiri dengan Menggunakan Corel Draw

Corel Draw

Pernahkah terbayangkan di benak anda untuk menciptakan sebuah font dengan style atau pun gaya anda sendiri ? Mungkin ada yang pernah terbayang di kepalanya untuk melakukan hal tersebut. Sebenarnya font yang telah disediakan oleh sistem operasi yang anda gunakan sudah cukup keren dan menarik. Namun, seperti yang kami katakan tadi, mungkin ada diantara anda yang terpikir untuk menyalurkan ide yang ada di pikiran anda untuk menciptakan suatu font baru dengan style sendiri. Jika memang anda orang yang pernah berpikir begitu, maka tips kali ini akan sangat bermanfaat untuk mewujudkan hal itu. Karena kali ini kami akan membahas tentang bagaimana tips membuat font sendiri dengan menggunakan sebuah aplikasi yang mungkin sudah sangat familiar di telinga kita semua. Aplikasi tersebut adalah Corel draw.

Corel Draw

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menciptakan font.

  • Buat dan rencanakan tipe font seperti apa yang anda ingin ciptakan.
  • Kemudian, buat satu design untuk semua ukuran dan buat design karakternya pada ukuran 720n poin (pt). Hal ini bertujuan agar anda dapat dengan mudah melihat kesalahan garis atau kesalahan lainnya dan nantinya desagn akhir yang anda buat, secara otomatis akan sesuai dengan persyaratan yang disebut oleh Coreldraw’s font export filter.
  • Kemudian, jika design font memiliki bentuk lengkung atau sudut lengkung, maka pastikan untuk menciptakan lengkungan secara konsisten di semua karakter alias harus sama bulat atau lengkungnya.
  • Jangan lupa awasi node yang berlebihan atau kebanyakan pada font karakter nya dengan cara sederhanakan jumlah node objek nya.
  • Boleh saja gunakan kembali bentuk-bentuk font yang sudah tersedia.
  • Selanjutnya, ciptakan dan copy bagian-bagian huruf untuk digunakan pada karakter huruf yang mirip. Inilah yang termasuk karakter dan bentuk kelengkungannya seperti Serif serta Stroke vertical, horizontal, dan diagonal.
  • Jangan lupa juga gunakan fitur Special Character di Coreldraw dengan cara Ctrl + F11 atau bisa pilih di menu bar Text -> Insert Symbol Character.
  • Buat juga Master guidelines untuk menjaga kerapian dan konsistensi tiap karakter huruf yang anda buat.
  • Terakhir, gunakan Objek Manager untuk membuat pedoman dan mengawasi layernya.

Selamat mencoba!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*