Tips Memilih Exposure Mode Pada Kamera Dalam Dunia Fotografi

Dunia fotografi layaknya wahana yang mengasyikkan bagi orang-orang yang menyenanginya. Fotografi ini merupakan sesuatu hal yang menarik untuk di perdalam karena tidak banyak orang yang mampu mengambil gambar dengan bagus dan baik menggunakan kamera yang dimiliki. Malah dewasa ini sudah sering kita lihat banyak diadakan nya lomba fotografi ataupun ajang yang mempertontonkan bagaimana dunia fotografi itu sebenarnya. Jadi tidak ada salah nya kalau kita belajar mendalami ilmu fotografi ini.

Namun demikian, yang terjadi dewasa ini adalah banyak fotografer yang tidak memiliki ilmu dasar yang cukup untuk menunjang diri bergelut dalam dunia fotografi. Kebanyakan hanya cukup mengandalkan kamera DSLR yang cukup mahal tanpa adanya pengetahuan dan wawasan yang cukup mengenai kamera dan dunia fotografinya. Maka dari itu, kami akan mencoba membahas sedikit mengenai mode exposure yang ada di dunia fotografi.

Apakah yang dimaksud dengan mode exposure ?

Mode exposure atau dalam bahasa inggris biasa disebut dengan exposure mode adalah salah satu setting yang paling penting pada sebuah kamera atau dalam dunia fotografi. Exposure mode ini merupakan setting yang dapat dipilih sesuai dengan subjek atau keadaan yang nantinya akan diambil atau di shot gambarnya. Beberapa mode exposure sebagai berikut.

  • Auto
  • P
  • A/Av (biasanya dimiliki oleh Kamera Canon)
  • S/Tv (biasanya dimiliki oleh Kamera Canon)

Penjelasan tiap-tiap exposure mode tersebut adalah sebagai berikut.

  • Auto

Mode ini merupakan mode termudah untuk digunakan. Mengapa demikian ? Karena mode ini digunakan dengan otomatis tanpa ada trik khusus dari fotografer. Jadi, barang siapa pakai kamera DSLR sebaiknya jauhi mode yang satu ini.

  • P (Programmable)

Sebenarnya mode yang satu ini juga hampir sama dengan mode Auto. Namun, yang membedakan adalah shutter speed dan aperture nya dapat di ubah-ubah sesuai dengan kebutuhan.

  • A/Av (Aperture Priority)

Nah, dalam mode yang satu ini anda bebas meng-adjust aperture nya sesuka hati dan yang lebih memudahkan nya lagi kamera akan sesuaikan shutter speed nya secara otomatis.

Mode yang satu ini merupakan kebalikan dari A mode, dimana boleh adjust shutter speed sesuka hati dan kamera akan menyesuaikan aperture secara otomatis. Biasanya digunakan pada sport photography.

Dengan demikian, pilihlah mode yang sesuai dengan keadaan dan situasi gambar yang akan di ambil (shot) serta yang sesuai dengan kebutuhan di dunia fotografi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*