Tips Memilih Kartu VGA OnBoard atau VGA add-on

Bertemu lagi dengan kami Congkel.com – Kali ini kami akan membagikan sedikit Tips Memilih Kartu VGA OnBoard atau VGA add-on. VGA (Video Graphics Accelerator) card berfungsi mengolah data grafis untuk ditampilkan di layar monitor. Sebetulnya VGA card merupakan satu unit “komputer mini” karena komponen ini memiliki sebuah prosesor (disebut GPU alias Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.

Mengapa disebut VGA card, hal tersebut karena komponen ini memang berbentuk seperti kartu yg ditancapkan pada motherboard melalui satu slot yg khusus. VGA card memiliki prosesor yg mengeluarkan panas saat beroperasi, maka ada perangkat pendinginnya, bisa berupa sirip-sirip logam dengan pipa-pipa penghantar panas (heatpipe) atau berupa kipas pendingin (Heat Sink Fan/HSF).

Tak jarang VGA card ini sudah terintegrasi jadi satu dengan motherboard (VGA OnBoard). Motherboard dengan VGA OnBoard tentu saja tidak lagi membutuhkan VGA card tambahan, kecuali bila VGA OnBoard-nya lemah, masih bisa dipasang VGA card tambahan (add-on).

Berikut adalah beberapa poin keunggulan VGA OnBoard dibanding VGA add-on:

  • VGA OB sudah terintegrasi dengan Motherboard nya sehingga dipastikan tidak akan terjadi masalah ketidaksesuaian antara Motherboard dan VGA.
  • Harga Motherboard dengan VGA OnBoard hampir sama, atau untuk beberapa tipe atau merk, bahkan lebih murah ketimbang Motherboard tanpa VGA

 

Namun bukan berarti VGA OnBoard tidak memiliki kekurangan bila dibandingkan dgn VGA add-on. Berikut beberapa kekurangannya :

  • VGA OnBoard tidak memiliki memory sendiri, ia harus berbagi dengan memory (RAM) yg terpasang di Motherboard. Akibatnya kapasitas RAM akan berkurang. Pada sistem dengan RAM terbatas, hal ini kan mempengaruhi kinerja komputer secara keseluruhan.
  • Kinerja VGA OnBoard relatif lebih rendah dibanding VGA add-on. Kinerja VGA OB sama sekali tidak buruk, namun kemampuannya tentu saja agak terbatas, terutama unt aplikasi2 yg membutuhkan kinerja VGA yg tinggi.
  • Motherboard dengan VGA OB biasanya ukurannya lebih kecil beberapa centimeter dibanding Motherboard tanpa VGA. Ukuran yg lbh kecil ini biasa disebut microATX (mATX). Ini dimaksudkan unt memangkas biaya pembuatannya. Konsekuensinya, jumlah expansion slots (slot unt komponen tambahan spt modem internal, TV tuner internal dll) juga lebih sedikit dibanding Motherboard tanpa VGA.

Sekian Tips Memilih Kartu VGA OnBoard atau VGA add-on dari Kami, semoga dapat berguna bagi anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*