Tips Memilih VGA Add-On yang Sesuai

Bertemu lagi dengan kami Congkel.com – Kali ini kami akan membagikan sedikit Tips memilih VGA add-on yang Sesuai. VGA (Video Graphics Accelerator) card berfungsi mengolah data grafis untuk ditampilkan di layar monitor.

Mengapa disebut VGA card, hal tersebut karena komponen ini memang berbentuk seperti kartu yg ditancapkan pada motherboard melalui satu slot yg khusus. Sedangkan jika anda menambah VGA card lain, maka disebut sebagai VGA add-on.

Baiklah berikut ini Tips memilih VGA add-on yang Sesuai agar hasilnya optimal dikomputer anda :

Jenis Slot Harus Sesuai dengan yang ada di Motherboard
Ada 2 jenis slot untuk VGA yakni AGP dan PCI-Express (PCI-E). Jenis slot AGP sudah sangat jarang dijumpai pada motherboard keluaran terbaru. Jenis ini banyak digunakan pada motherboard lama sedangkan kini sebagian besar motherboard menggunakan slot PCI-E.

 

Spesifikasi VGA
Ada 3 hal yg perlu diperhatikan dari spesifikasi VGA yaitu kapasitas memori, jenis memori dan lebar jalur komunikasi (buswidth).

Sebagai contoh VGA dengan spesifikasi 256 MB DDR3 128 bit. 256 MB artinya besarnya memory VGA tersebut, hal ini berpengaruh pada tingginya resolusi yg mampu didukung oleh VGA itu. Apabila hendak menggunakan monitor ukuran besar maka kapasitas memory VGAnya juga hrs lbh besar.

DDR3 adalah jenis memory yg mengacu pada kecepatan aksesnya. DDR3 tentu relatif lebih cepat aksesnya bila dibanding DDR2. 128 bit adalah lebar jalurnya, semakin lebar jalurnya, semakin banyak pula data yang bisa lewat dalam satu waktu.

 

Jangan Lupakan Tipe GPU
Sama halnya seperti prosesor, GPU juga memiliki kecepatan (core clock) yg diukur dengan satuan MHz. Intinya GPU generasi yang lebih baru performanya juga lebih bagus dibanding generasi yg lama, asalkan spesifikasi memorinya sebanding.

 

Jangan Lupakan Port Output
Faktor lain yg juga harus diperhatikan adalah port keluarannya. Ada yg masih D-Sub (port yg lazim digunakan pada monitor CRT), ada yg DVI (biasanya untuk beberapa jenis monitor LCD) dan bahkan ada yang HDMI (unt monitor LCD High Definition). Sering pula ada port S-Video, yaitu port berbentuk bulat untuk dihubungkan dengan pesawat TV yang difungsikan sebagai monitor.

 

Fitur Support Tambahan
Fitur yg didukung oleh VGA juga perlu dipertimbangkan. Misalnya fitur dukungan DirectX (DX) versi tertentu. Ini harus kompatibel dengan sistem operasi atau aplikasi yg akan digunakan agar tampilan gambarnya lebih sempurna. Versi terbaru dari DirectX adalah DX10. Apabila anda menggunakan sistem operasi Windows Vista, pilihlah VGA yg sdh support DX10. Umumnya VGA generasi terbaru sdh mendukung DX10.

 

Sekian Tips memilih VGA add-on yang Sesuai dari Kami, semoga dapat berguna bagi anda.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*