Tips Memotret Karnaval

Kembali lagi bersama kami Congkel.com, kali ini kami akan membagikan sedikit tentang Tips Memotret Karnaval ala Congkel.com. Berikut ini trik dan tipsnya :

1.       Kondisi Fisik harus Bugar

Tantangan fisik tersebut dibutuhkan untuk mengikuti rute karnaval yang tidak pendek. Jika  kondisi fisik memang kurang fit, solusinya dengan mengajak teman untuk menjadi asisten. Biarkan beban tas, lensa dan stiger dipegang olehnya. Sementara Anda benar-benar serius mencari gerakan-gerakan unik peserta pawai yang terkadang muncul tiba-tiba.

Pastikan juga anda untuk minum air yang banyak selama karnaval demi menghindari dehidrasi.
2. Pahami Rute Karnaval dengan Baik

Dengan memahami rute yang akan dilalui peserta festival, fotografer dapat menentukan dengan cepat titik pengambilan gambar yang menarik.

Dengan memahami rute karnaval, fotografer dapat memastikan rute alternatif bila terjebak kepadatan penonton dan hendak pindah spot. Apalagi kalau jalanan macet,maka harus mencari rute alternatif untuk bergeser tempat.

3. Keamanan adalah Prioritas

Pastikan lensa, dompet dan barang berharga tersimpan aman dan jauh dari tindak kriminal. Sebab, dalam beberapa kasus, kecopetan hingga kehilangan lensa dialami para fotografer saat berdesakan dengan penonton.

4. Kemampuan Teknis yang Terasah

Memotret karnaval membutuhkan kepiawaian teknis yang matang. Kemampuan lensa juga sebisa mungkin mampu menjangkau sudut lebar, tele hingga detail. Kalau mempunyai tiga kemampuan itu sekaligus dalam satu lensa yang maksimal, tenti tidak masalah.

Kemampuan teknis juga diperlukan guna mengantisipasi perbedaan cahaya (exposure). Misalnya iring-iringan karnaval dari jalanan dengan cahaya menyengat tiba-tiba terkena bayangan pohon atau gedung yang gelap. Tentu membutuhkan kecepatan mengantisipasi perbedaan tersebut, bisa dengan merubah ISO atau memperbesar diafragma.

5. Foto Karnaval haruslah DInamis dan Atraktif

Fotografer dituntut merekam event tersebut secara maksimal, tidak hanya pada satu angle saja. Fotografer tidak hanya memencet shutter melainkan mempunyai cerita, tujuan dan pesan saat memotret dan pasca memotret.

6. Hindari Pengulangan

Fotografer harus dapat menghindari pengulangan dan keluar dari adegan yang membosankan dari karnaval satu ke karnaval yang lain.

Sekian Tips Memotret Karnaval dari kami Congkel.com, semoga bermanfaat. Salam fotografi !

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*