Tips Mengambil Foto Lanscape

Bertemu lagi dengan kami Congkel.com, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit tentang Tips Mengambil Foto Lanscape.

Fotografi merupakan suatu hal yang berkembang pesat saat ini, bisa dilihat dengan semakin banyaknya orang yang membeli dan menggunakan kamera baik untuk mengambil foto-foto iseng sampai dengan foto-foto professional. Biasanya yang mereka foto adalah suasana landscape.

Baiklah berikut ini Tips Mengambil Foto Lanscape yang keren :

Perhatikan Horizon

Jika kita berhadapan dengan suatu pemandangan, hampir dapat dipastikan kita akan melihat garis horizontal yang membentang dan membelah gambar menjadi dua bagian. Ini disebut garis horizon.

Dalam Fotografi Landscape, jika salah satu bagian lebih menarik. Berilah porsi 2/3 dari frame. Dan yang kurang menarik beri sisanya yaitu 1/3. Memang tidak mutlak, tetapi bila POI berada pada bagian yang 2/3 maka kesannya akan lebih kuat.

Pertimbangkan Langit

Jika dalam pemotretan langit kurang bagus, usahkan jangan menempatkan pada 2/3 frame. Ini akan menimbulkan kesan yang flat dan membosankan. Tetapi jika keadan langit dan awan dalam keadaan bagus, maka jangan ragu untuk penuhi frame dengan langit. Gunakan filter untuk meningkatkan kontras dan saturasi langit seperti Gradual neutral density dan Polarizer.

Vocal Point Sangat Penting

Vocal point adalah titik dimana mata kita berhenti pada saat memandang sebuah foto. Bisa dibilang merupakan titik fokus dalam suatu foto.Vocal point dapat berupa batu, rumput, ranting, bunga.

Foreground Hal Penting

Foreground bisa menjadikan foto kita lebih berdimensi. Ada sense of depth dari foto kita jika kita meletakan foreground dengan benar.

Gunakanlah Tripod

Untuk Exposure diatas satu detik  tripod sangat dianjurkan. Tripod lebih baik digunakan meskipun anda memiliki kamera beresolusi tinggi

Tangkap gerakan alam

Dalam menangkap gerakan alam, dibutuhkan beberapa peralatan pendukung seperti filter ND (neutral density) dan tripod.

Bekerjasama dengan Cuaca

Tidak semua cuaca cerah dapat memberikan view yang bagus, oleh sebabnya anda dapat hunting pada cuaca-cuaca yang tidak cerah.

Garis dan Bentuk

Garis dapat menjadi vocal point yang sangat kuat karena membantu mata kita menelusuri foto landscape kita. Garis dapat memberikan kedalaman ruang yang luar biasa, perspective yang berbeda.

Eksplorasi Perspective

Jangan hanya terpaku pada satu titik, namun temukanlah view yang berbeda baik dengan view sejajar dengan tanah, atau naik ke atas pohon.

 

Sekian Tips Mengambil Foto Lanscape dari kami, semoga bermanfaat. Salam fotografi

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*