Tips Mengatasi Overheat pada Laptop Pavilion G4

Mengatasi Overheat pada Laptop Pavilion G4

Mengatasi Overheat pada Laptop Pavilion G4

Oke pada kesempatan kali ini Congkel.com akan membagikan sedikit Tips Mengatasi Overheat pada Laptop Pavilion G4 Overheat atau kelebihan panas adalah peristiwa naiknya suhu laptop anda secara signifikan yang disebabkan oleh rusaknya suatu perangkat pada laptop anda.

Akibat dari overheat adalah :

  1. Dapat membuat suhu dari laptop anda meningkat secara drastis atau bisa dibilang temperaturnya naik.
  2. Dapat merusak perangkat terutama Processor, karena memang panas ini disebabkan oleh kinerja processor yang tinggi. Oleh karenanya ketika processor ini tidak dihembuskan oleh udara yang cukup maka akan berakibat pada rusak atau hangusnya Processor.
  3. Selain Processor maka kemungkinan juga akan merusak motherboard laptop anda. Harga motherboard laptop sendiri biasanya mencapai 80 persen dari harga laptop.

Adapun sebab yang dapat menimbulkan Overheat adalah :

  1. Kipas Processor Tersumbat. Mungkin bagi anda yang suka menggunakan laptop dimana saja, sebaiknya anda rajin membersihkan debu yang bersarang ke kipas proseccor anda. Debu tersebut dapat menghalangi udara yang akan masuk kelaptop anda.
  2. Rusaknya kipas laptop anda. Rusaknya kipas sangat tergantung dari kualitas part yang digunakan oleh produsen laptop anda.
  3. Keringnya pasta pada Processor. Pasta pada processor ini berfungsi untuk mendinginkan processor laptop anda, dimana antara Processor dan elemen besi pentransfer panas diletakkanlah pasta tersebut.
  4. Kecerobohan Pengguna Laptop. Kecerobohan yang biasa dilakukan yaitu meletakkan laptop diatas bantal ataupun kasur sehingga menutup lubang pembuangan panas, hal tersebut malah akan meningkatkan temperature laptop anda.

Setelah anda mengetahui gejalan overheat dan sebabnya maka kami akan memberikan sedikit  Tips Mengatasi Overheat pada Laptop Pavilion G4 :

Bersihkan Kipas Processor secara Berkala.

Pengguna laptop yang baik adalah mereka yang perduli pada laptopnya,oleh sebab itu lakukanlah pembersihan kipas processor anda secara berkala. Bisa anda lakukan sendiri atau anda bawa ke tempat jasa service laptop.

 Ganti pasta Pendingin

Keringnya pasta pendingin membuat processor anda bisa cepat panas, oleh karenanya gunakanlah pasta yang bermerk bagus.

Gunakan Cooling Fan

Saat anda dirumah sebaiknya anda menggunakan cooling fan, jika memungkinkan pakailah cooling fan saat anda menggunakan Laptop Pavilion G4 anda yang overheat.

Hati-hati menggunakan Laptop

Janganlah menggunakan  laptop ditempat yang menghalangi sirkulasi udara dari laptop anda, misalnya jangan letakkan laptop diatas bantal atau kasur.

Ganti Kipas Processor

Jika memang cara sebelumnya tidak dapat digunakan maka cepat-cepatlah mengganti kipas Processor anda.

Bagi Linuxer

Bagi pengguna linux di laptop HP Pavilion G4 sebaiknya anda mengganti Kernel Linux anda ke Kernel PAE edisi terbaru. Soalnya pengalaman saya saat menginstall Ubuntu, Bactrack, BlankOn dan Mint yang non Kernel PAE maka akan muncul notifikasi OVERHEAT pada saat Booting.

Sekian tentang Tips Mengatasi Overheat pada Laptop Pavilion G4 dari kami semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*