Tips Mengatur Komposisi Saat Mengambil Foto

Kembali lagi di Congkel.com, kali ini kami akan membagikan sedikit Tips Mengatur Komposisi Skala Foto.

Pada zaman sekarang yang semakin maju ini, perkembangan dunia fotografi mengalami perkembangan yang pesat.  Apalagi dengan semakin banyaknya orang yang telah memiliki kamera, baik kamera handphone, kamera pocket maupun kamera khusus fotografy seperti Nikon atau Canon DSLR.

Meskipun pertumbuhan pemakaian alat ini semakin tinggi namun banyak dari mereka yang merupakan pemilik kamera tersebut tidak mengetahui tips simple dalam hal mengatur komposisi foto yang diambilnya.

Camera Nikon

Skala pada suatu foto merupakan hal harus selalu ada pada suatu karya yang anda abadikan. Untuk memberikan kesan skala pada foto, maka anda dapat memasukkan elemen manusia ke dalam foto, otomatis. Tanpa unsur manusia atau hal-hal yang mudah dikenali, penikmat foto anda tidak dapat mengetahui seberapa besar dan luas pemandangan yang anda ambil tersebut.

Misalnya saja pendaki gunung akan memberikan gambaran seberapa tinggi dan besarnya gunung yang didaki, atau orang yang berdiri didepan sebuah mobil dapat menggambarkan seberapa tinggi mobil tersebut dan orang yang mandi dibawah air terjun memberikan gambaran seberapa tinggi dan megah air terjun, dll.

Berikut ini beberapa tips untuk menerapkan komposisi skala foto agar foto yang anda ambil akan terlihat lebih efektif :

Gunakanlah Latar Belakang Foto yang Relatif Bersih atau Polos

Contohnya jika di gunung yang hijau, sawah yang hijau, langit dan laut yang biru. Anda sebaiknya jangan menempatkan manusia atau hal-hal lain ditengah-tengah pohon-pohon yang beraneka ragam warna dan bentuknya.  Karena hal tersebut akan membuat manusia yang anda harapkan menjadi skala terhadap foto anda malah tidak terlihat.

SUbjek Foto Jangan Diletakkan Terlalu Dekat Dengan Kamera

Hal tersebut karena akan membuat latar belakang foto anda menjadi terkesan sempit atau kecil. Tidak perlu juga anda selalu memasukkan elemen manusia untuk memberikan kesan skala, namun anda dapat memasukkan subjek lain yang mudah dikenali, seperti sepeda motor, mobil, bangunan dan sebagainya.

Sekian Tips Mengatur Komposisi Skala Foto, semoga tips ini dapat bermanfaat.

1 Comment

  1. Saya mempunyai camera Cannon 550D …. mohon petunjuk penggunaan menu menu yang ada pada kameranya
    Trimakasih atas bantuannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*