Tips Menguatkan Sinyal Modem dengan Antena Kaleng Bekas

Kembali lagi bersama kami di Congkel.com – Kali ini kami akan membagikan sedikit Tips Menguatkan Sinyal Modem dengan Antena Kaleng Bekas. Seperti judul artikel kami kali ini, antena kaleng bekas ini digunakan untuk memperkuat sinyal modem anda. Kinerja dari antenna ini sebenarnya adalah membantu modem anda untuk menangkap sinyal jaringan yang dipancarkan oleh BTS yang melayani jaringan internet anda. Sehingga nantinya antenna ini harus diarahkan ke BTS tersebut, tujuannya tentu untuk menamkap sinyal modem sebanyak-banyaknya dan dengan jangkauan luas.

Adapun langkah-langkah membuat antena modem menggunakan kaleng bekas adalah sebagai berikut :

1. Siapkanlah kaleng bekas, misal kaleng biskuit, kaleng bekas soft drink, bekas kopi, dan lain-lain. Yang peling penting adalah kaleng yang menggunakan aluminium.

2. Ukurlah letak lubang untuk tempat dudukan modem anda. Jika modem anda bekerja di frekuensi 800 Mhz maka jarak lubang modem ke dasar kaleng adalah 1 – 1,5 inchi. Untuk modem dengan frekuensi 1900 Mhz jarak lubang ke dasar kaleng adalah 2 – 3,4 inchi.

3. Lubangilah kaleng bekas tersebut dengan bor yang sudah anda tentukan di titik mana kaleng akan di bor berdasarkan pada langkah nomor 2 di atas. Buatlah beberapa lubang agar mudah untuk dipotong.

4. Potong lubang yang sudah dibor tadi menggunakan gunting, sampai lebar tertentu. Lebar lubang disesuaikan dengan modem anda agar modem bisa masuk ke lubang. Kemudian haluskan potongan anda menggunakan kikir atau sejenisnya.

5. Tutuplah dengan melapisi lubang modem yang telah anda buat menggunakan isolasi yang agak tebal kemudian lubangi isolasi sesuai lebar modem.

6. Masukkan modem ke lubang. Fungsi isolasi tadi sebenarnya agar modem bisa masuk pas di lubang dan tidak akan lepas saat dibiarkan, jadi biar lubangnya keset.

7. Setelah ini anda tinggal memasang USB ekstender kemudian tinggal taruh kaleng pada tiang yang tinggi. Arahkan kaleng ke BTS terdekat. Jangan lupa menggunakan software QXDM dan QPST untuk pointing antena anda.

 

Sekian Tips Menguatkan Sinyal Modem dengan Antena Kaleng Bekas, Semoga pembahasan kali ini bermanfaat. Salam IT.

5 Comments

  1. maaf, kurang lebih spesifik kelihatannya cara menerangkannya. di cantumkan pakai gambar atau foto dong gan? posisi modemmnya bagaimana di kaleng? dari modem ke PC pakai kabel bagaimana? kalengnya harus tertutup semua atau bagaimana????????

  2. Mungkin lebih bagus lagi kl pake antena tv kaleee yaaa …..
    Or parabola skalian.
    Kl pun tidak, mending pake kabel antena tv biar tambah panjang,tambah tinggi,tambah kuat,biarkan kaleng itu bersama modem dan kabel antena tv hidup selamanya diatas genteng.
    Tinggal oprek lg sambungannya.
    Wkwkwkwkwkwkwkwk….lebih keren pake parabola,ikut saluran indovision skalian.

    : epidesirian love lukassaputra

    • @epidesisian: Bisa iya bisa tidak, karena frekuensi antena TV dengan antena modem itu berbeda.

      Thanks sudah berkunjung ke sini. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*