Tips Mudah Burning CD atau DVD

Dewasa ini di era teknologi yang berkembang sangat pesat, banyak sekali teknologi canggih yang dapat kita lihat dan kita nikmati manfaat nya. Segala jenis kemudahan bisa kita dapatkan dengan adanya teknologi. Contohnya saja seperti teknologi untuk menyimpan data (media penyimpanan file). Dengan semakin majunya teknologi, maka media penyimpanan data juga semakin canggih dan keren. Ada banyak media penyimpanan data saat ini, seperti flashdisk, memory card, hardisk internal, hardisk portable, dan banyak lagi lainnya mungkin. Itu semua adalah media penyimpanan data atau pun file di jaman canggih sekarang ini.

CDs

Namun ada satu media penyimpanan data atau file yang sangat populer pada zaman dahulu. Ada yang tau apa itu ? Yap, media penyimpanan data atau pun file tersebut adalah kepingan CD atau pun DVD. Inilah media yang dulu nya paling banyak digunakan oleh orang untuk menyimpan data atau file yang kapasitasnya besar. Dan cara menyimpan nya itu adalah dengan cara membakar CD atau DVD nya. Biasanya lebih dikenal orang dengan sebutan burning CD atau DVD. Dan untuk burning ini sendiri bisa menggunakan aplikasi gratisan apa saja tentunya. Namun untuk burning file atau data ke dalam CD atau DVD ini, bukanlah hal yang bisa dianggap sepele. Ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan dalam hal burning memburning ini alias bakar membakar, Hehe.

Berikut beberapa tips nya yang harus diperhatikan.

    Selalu gunakan CD / DVD kosong dengan kualitas yang bagus

    Ini merupakan suatu hal yang paling penting. Karena apabila CD atau DVD yang digunakan bagus dan kosong, maka dijamin pasti data atau file di burning akan menempel dengan baik di CD atau DVD tersebut (tanpa ada corrupt).

    Periksa bagian permukaan CD atau DVD

    Selalu periksa permukaan CD atau DVD saat sebelum anda melakukan proses burning. Karena apabila ada terdapat debu, goresan atau semacamnya, dapat membuat data yang di burn tidak sempurna (corrupt).

    Pada saat proses burning CD atau DVD

    Ada baiknya tutup terlebih dahulu semua aplikasi yang anda buka pada saat proses burning berlansung. Hal ini dilakukan agar terhindar dari resiko terjadinya gagal atau pun corrupt file yang telah di burning pada CD atau DVD.

2 Comments

  1. mohon diberikan tips step by step burning dengan kualitas audio yang bagus terutama data mp3 dari pc ke cd u dpt diputar di tape mobil & aplikasi yg baik u burn apa, makasih pak.

    • @rusman: Coba pakai Nero dan pilih CD Audio (Memang isinya sedikit tapi kualitas suaranya jauh lebih baik).

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*