Tips Mudah Download Video Youtube di Ubuntu

Saat ini mendapatkan apa saja sudah serba mudah dengan adanya koneksi internet. Apabila kita punya niat yang kuat untuk belajar sesuatu secara otodidak, maka kita hanya membutuhkan sebuah perangkat komputer (PC atau laptop) dan sebuah koneksi internet. Seperti halnya saja apabila kita ingin belajar pemrograman, maka dengan adanya kedua fasilitas tadi, maka kita tinggal buka browser dan search saja pada mesin pencari seperti google. Jadi, sudah begitu mudah bukan ? Tidak ada lagi yang susah untuk zaman yang sudah canggih seperti saat ini.

youtube-dl

Bahkan suatu saat nanti bisa jadi metode pembelajaran antara seorang murid dan guru sudah tidak perlu lagi saling hadir di suatu ruangan dan saling tatap muka (interface) untuk melakukan suatu proses pembelajaran. Dengan mudah nya tinggal melakukan streaming saja dari tempat masing-masing dan melakukan proses belajar tersebut. Memang sudah benar-benar mudah kalau suatu saat nanti hal ini akan diterapkan pada setiap lembaga pendidikan seperti sekolah, atau tempat bimbingan belajar. Saat ini pun mungkin sudah ada yang memulai metode belajar seperti ini yaitu di KHAN Academy. Mungkin sudah banyak yang mengetahui hal ini. Khan academy ini merupakan salah satu tempat belajar yang menerapkan hal tersebut.

Nah, Kita kembali ke topik utama kita mengenai download video youtube. Mungkin untuk orang yang lebih senang atau lebih nyaman menggunakan sistem operasi windows, hal ini sama sekali bukan masalah. Cukup buka youtube, dan tunggu IDM mengeluarkan button untuk mendownload video tersebut dan tinggal klik button nya. Namun, untuk pecinta linux seperti ubuntu, debian, fedora, dsb, maka hal ini akan sedikit lebih sulit dikarenakan di linux belum support Internet Download Manager (IDM). Kali ini kami akan coba membahas hanya pada OS ubuntu saja, mungkin OS Linux lainnya akan di bahas pada waktu lain.

Sebenarnya untuk download video youtube di ubuntu ini memiliki banyak cara, namun kami hanya akan membahas 1 cara yang dianggap paling singkat dan mudah.

Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Buka youtube.com dan pilihlah video yang ingin di download
  • Download dan install aplikasi youtube download dengan mengetik perintah “sudo apt-get install youtube-dl” pada terminal
  • Setelah proses selesai, maka copy kan URL video yang ingin di download, dan ketikkan perintah “youtube-dl [url-video-di-youtube]” pada terminal
  • Tunggulah hingga proses download nya selesai

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*