Tips Mudah Memotret Supermoon

Kembali lagi bersama kami Congkel.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit Tips Fotografi Digital yaitu Tips Mudah Memotret Supermoon.

Fotografi merupakan hobi baru yang mulai dimari oleh masyarakat, dimana dengan hanya bermodalkan sebuah kamera kita dapat menghasilkan sebuah karya yang terkadang biasa menjadi hal yang luar biasa. Serta dapat menghasilkan keindaha dengan sendirinya, salah satunya dengan mengabadikan hal langka misalnya Supermoon.

Supermoon adalah suatu hal alami yang jarang terjadi. Supermoon terjadi saat jarak bumi dan bulan paling dekat, artinya bulan akan terlihat lebih besar, lebih terang dan lebih cantik sehingga lebih menarik untuk diabadikan melalui foto.

 

Oleh karenanya, berikut ini Tips Mudah Memotret Supermoon yang dapat anda lakukan :

 

Jangan Lupa Matikan Auto Mode

Untuk mendapatkan hasil maksimal, matikan mode Auto di kamera anda. Lebih baik gunakan mode manual atau shutter priority.

 

Gunakan Manual Fokus

Set kamera untuk fokus di infinity atau gunakan fokus manual untuk memastikan fokus jatuh dibulan dan juga kita perlu terus-terusan mencari fokus mengingat dalam kondisi lumayan gelap fokus suka lari-lari. Bulan tidak akan bergerak liar, jadi anda bisa mengunci titik fokus disitu.

 

Gunakanlah Spot Metering

Jika anda mengisolasi obyek bulan terhadap background langit yang gelap, menggunakan spot metering adalah pilihan yang sangat tepat. Namun lain halnya jika anda memotret bulan dengan latar cityscape misalnya, anda bisa memanfaatkan matrikx metering.

 

Buktikan Bahwa Bulan Itu Bopeng Dengan Lensa Tele

Tidak perlu penjelasan panjang lebar. Hanya perlu diingat bahwa kalau anda tidak memiliki lensa super panjang, anda bisa memanfaatkan teleconverter untuk memanjangkan lensa yang anda miliki.

 

Minimalkan Getaran dan Shake dengan Tripod

Bawa dan pasang tripod anda, hidupkan vibration reduction/image stabilisation dan kita akan terhindar dari foto-foto yang blur Anda bisa memakai angka aperture yang aman dari f/4 sampai f/8.

 

Selalu Maksimalkan Komposisi

Jangan terpaku hanya memotret bulan saja, coba juga jadi kreatif dengan memanfaatkan obyek sekitar. Bangunan tinggi menjulang. Sebuah pohon yang besar. Pantai. Tiang listrik. Manfaatkan teknik komposisi yang anda ketahui.

 

Sekian Tips Mudah Memotret Supermoon, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*