Tips Mudah Press Data Hard Disk Pada Windows 7 Tanpa Software

Salah satu komponen yang paling berharga dari sebuah laptop atau pun komputer adalah Hard disk. Sebuah kepingan yang bentuknya menyerupai bentuk CD atau DVD ini, merupakan tempat penyimpan semua data yang ada pada komputer kita. Hard disk ini sendiri mempunyai kualitas dan spesifikasi yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Mungkin bisa di bilang, semakin mahal harga hard disk, maka semakin tinggi kualitas dan spesifikasi yang dimilikinya. Mengapa dapat ditentukan dengan harga ? Karena yang biasanya terjadi adalah semakin mahal suatu barang, maka semakin bagus kualitas nya. Adapula pendapat dulu yang menyatakan “Harga tidak pernah menipu”. Dan mungkin ini ada benarnya.

harddisk

Kita kembali ke topik utama kita yaitu mengenai hard disk. Seperti yang telah kami katakan tadi, hard disk ini memiliki spesifikasi yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Salah satu perbedaan nya yaitu mengenai ukuran ataupun kapasitas yang disediakan pada hard disk untuk menyimpan data. Ada yang punya kapasitas 250 GB, ada yang punya kapasitas 500 GB, dan lain sebagainya. Jadi dikarenakan hal ini, dapat kita simpulkan bahwa penggunaan hard disk ini harus lah dimanfaatkan sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas hard disk nya. Agar hard disk dapat kita manfaatkan sebaik mungkin, maka kita harus dapat mempress data yang ada pada hard disk kita. Hal itulah yang akan kami coba bahas pada artikel kali ini.

Berikut beberapa langkah yang harus diikuti:

  • Buka windows Explorer (Windows + E), klik kanan pada salah satu folder (direkomendasikan hanya pada folder disk D), klik properties.
  • Setelah ditampilkan jendela windows, perhatikan ukuran data yang ada pada folder anda (untuk perbandingan nanti), kemudian klik button advanced.
  • Selanjutnya centang kotak pilihan (check box) Compress contents to save disk space kemudian klik OK.
  • Jendela windows tadi akan ditampilkan kembali dan klik button Apply
  • Selanjutnya akan diminta konfirmasi permintaan perintah compress. Ada dua pilihan yang dapat dipilih.
    Pilih tombol radio Apply changes to this folder only jika menghendaki proses press diaplikasi hanya pada folder saja tanpa mempengaruhi sub folder yang ada di dalamnya.
    Pilih tombol Apply changes to this folder, subfolders and files jika menginginkan proses compress diaplikasi ke seluruh sub folder dan isinya yang berada di dalam disk terpilih.
  • Klik OK dan tunggulah hingga proses nya selesai.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*