Tips Penjagaan Kamera DSLR Agar Tetap Berkualitas Bagus

Kamera DSLR adalah salah satu aset paling berharga bagi seorang photografer. Mungkin bisa terkadang kamera ini dapat di anggap sebagai permata atau pun berlian bagi mereka pribadi. Dan itulah bukanlah suatu yang berlebihan. Mengapa dapat dikatakan tidak berlebihan ? Karena apapun sesuatu yang kita sukai dan kita tekuni, kita secara otomatis akan mencintai nya dan berusaha menjaga nya dalam kondisi dan kemampuan yang sebaik mungkin. Ya kalau pun kita lihat dari segi harga juga memang kamera DSLR ini termasuk salah satu benda yang harganya tergolong mahal. Jadi wajar sajalah kalau ada seorang photografer yang menganggap bahwa kamera itu adalah berlian bagi dirinya.

Nah, namun apakah semua photografer sudah tahu bagaimana cara merawat kamera DSLR tersebut dengan baik dan benar ? Kami yakin pasti belum banyak photografer yang dapat merawat kamera nya dengan baik atau bahkan mungkin ada yang tidak perduli dengan perawatan nya. Sangat disayangkan kalau memang ada yang tidak merawat nya sama sekali karena kan kamera DSLR ini seperti yang kami katakan tadi, bukanlah benda yang murah. Jadi, ya sebaiknya dirawat dan dijaga lah kalau memang sayang dengan uang yang sudah dikeluarkan untuk membeli kamera tersebut.

Oleh karena itu, disini kami akan membagi tips mengenai bagaimana cara menjaga atau merawat kamera DSLR sehingga nantinya kamera itu bisa tetap bagus dan berkualitas sampai beberapa tahun.

Berikut tipsnya.

  • Bersihkan kamera DSLR setelah kamera digunakan.
  • Jangan biarkan kamera terkena matahari terus-menerus atau dalam jangka waktu yang lama, misalnya 3-5 jam.
  • Jangan sampai kamera terkena air atau terendam air.
  • Biasakan kamera DSLR digantung dileher saat dipakai, jangan hanya dipegang saja tanpa gantungan.
  • Selalu wajib bawa Gel silika agar apabila sewaktu-waktu kamera DSLR terkena air, maka sudah ada persiapan gel silika untuk menyerap kelembapan.
  • Pakai filter pada lensa kamera agar tidak terlalu banyak debu yang lengket di kamera.
  • Gunakan Screen Protector untuk melindungi kamera dari hentakan.
  • Jangan pegang kamera jika tangan tidak dalam keadaan bersih. Misalnya tangan berminyak, atau tangan yang baru saja memakai lotion. Karena kamera DSLR sangat rentan dengan hal-hal yang seperti ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*