Tips Perawatan Monitor Komputer

Salah satu organ terpenting dari sebuah unit komputer adalah monitor. Seperti yang telah kita ketahui bersama, monitor adalah bagian vital atau inti dari sebuah komputer. Tanpa monitor, kita tidak dapat melakukan aktifitas apapun. Ada beberapa jenis monitor yang telah ada pada saat ini. Misalnya seperti CRT (Catode Ray Tube), LCD (Liquid Crystal Display) dan LED (Light Emitting Diode). Ketiga jenis monitor inilah yang masih banyak digunakan orang pada saat ini. Walaupun pada kenyataannya monitor CRT sudah mulai tidak digunakan lagi oleh orang banyak karena dianggap sudah usang dan tua. Dan yang paling banyak digunakan pada saat ini adalah monitor dengan jenis LCD atau pun LED. Karena selain tampilan grafis gambarnya yang bagus, kualitasnya juga terjamin.

monitor-300x300

Dikarenakan monitor ini merupakan organ vital dan sangat sensitif, maka dari itu, sudah sepatutnya kita menjaganya dengan baik dan benar. Hal ini dilakukan agar monitor dapat bertahan lama dan juga dapat terawat dengan baik. Sehingga performa dari monitor ini dapat terus optimal dan tidak menurun.

Nah, bagaimana cara merawat atau pun menjaga monitor ini ? Hal itulah yang akan congkel bahas pada artikel kali ini. Yaitu mengenai bagaimana caranya merawat monitor komputer dengan baik dan benar.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, untuk monitor CRT kita dapat membersihkan dengan menyemprotkan cairan pembersih langsung ke layar dan menggunakan kain halus ataupun tissue.
  • Jangan menutup ventilasi atau lubang sirkulasi udara pada monitor dengan meletakkan barang di atasnya.
  • Siapkan perlengkapan kita seperti tissue, kuas, sikat lembut dan cairan pembersih.
  • Sebelum melakukan pembersihan, ada baiknya anda memutuskan daya yang tersambung ke aliran listrik dan juga koneksi ke CPU, kabel koneksi USB, ethernet ataupun kabel koneksi lainnya.
  • Proses pengelapan dengan tissue dilakukan secara perlahan dan dengan gerakan searah agar tidak terjadi goresan halus dipermukaannya.
  • Jangan meletakkan monitor di dekat barang-barang elektronik yang memiliki kecenderungan menghasilkan medan elektromagnetik yang besar.
  • Terakhir, jangan meletakkan monitor terpapar sinar matahari langsung karena dapat merusak intensitas layar monitor.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*