Tips Setting Local Hosts

localhost

Bertemu lagi bersama kami congkel.com – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit tentang Dunia Cyber lebih spesifiknya yaitu Tips Setting Local Hosts.

Bagi para pengguna website terutama para developer dan pemberi layanan jasa hosting dan domain tentu harus memikirkan tentang keamanan dan kehandalan jaringan internet dan layanan nya, untuk itu banyak digunakan metode metode pengamanan jaringan internet baik dengan cara membuat sistem keamaan di jaringanya ataupun dengan cara sederhana, salah satu pengamanan jaringan adalah dengan mengedit file hosts di dalam personal computer, dengan mengedit secara benar maka file hosts dapat digunakan untuk memblokir situs-situs yang mengandung unsur asusila atau bahkan selain masalah keamanan file hosts ternyata juga dapat digunakan untuk melakukan pengetesan domain name tanpa harus mematikan atau down server dari domain lama yang akan dites sehingga menjadi keuntungan bagi pihak penyewa jasa layanan maupun penyedia jasa layanan hosting dan domain.

localhost

Umumnya penggunaan file hosts adalah untuk mengalihkan suatu akses dari komputer anda menuju ke suatu alamat homepage ataupun website lainnya.

Sebelum lebih jauh menjelaskan tentang bagaimana cara setting hosts file akan kami jelaskan sedikit tentang host file itu sendiri terlebih dahulu. Hosts file adalah sebuah file yang digunakan oleh sistem operasi yang berfungsi untuk memetakan hostname ke IP adress di personal computer masing-masing, dengan cara inilah maka dapat diatur IP mana saja yang bisa diakses dan IP mana saja yang tidak dapat diakses di personal computer tersebut.

Berikut ini langkah – langkah Tips Setting Local Hosts :

Bukalah file hosts yang letaknya di C:\Windows\System32\driver\etc\hosts

Edit dengan menggunakan notepad

Masukan IP adress dan url yang akan di hosts ke PC tersebut.

Untuk memblokir url tertentu masukan IP adress 127.0.0.1 kemudian url yang akan di blokir

Kemudian simpan file tersebut

 

Pada contoh gambar dibawah dijelaskan bahwa personal computer tersebut memblokir situs youtube dan menghostkan url lainya :

 

Sekian Tips Setting Local Hosts dari kami, semoga bermanfaat dan dapat anda gunakan dengan sebaik mungkin.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*