Tokoh Wanita Ternama Yang Rajai Dunia Teknologi

Wanita tidak dapat dianggap sebelah mata, baik dahulu, sekarang dan seterusnya. Banyak karya telah lahir di tangan mereka. Oleh karena karya yang telah dibuat para wanita itu dunia mengalami kemajuan yang cukup pesat.

Di antara wanita-wanita itu ada yang cukup dikenal dan dijadikan panutan dan dianugerahi label sebagai tokoh wanita dunia. Tokoh-tokoh wanita tersebut berkiprah dalam pelbagai kategori kehidupan, diantaranya perdamaian misalnya Lady Diana, kimia seperti Marie Curie, dan juga Tokoh Lokal di bidang pendidikan seperti R.A. Kartini.

Pada saat ini bidang teknologi adalah yang paling banyak disorot. Tidak hanya pria, wanita pun berkecimpung di bidang ini. Ada beberapa nama yang sudah dinobatkan sejak lama menjadi tokoh wanita dunia bidang teknologi.

Wanita-wanita itu diantaranya adalah Ada lovelace yang merupakan tokoh wanita pada abad 19 yang menemukan model analisis untuk mesin babbage yang mana temuan itu hampir mirip dengan coding pada pemrograman saat ini, dan Grace Hopper yang merupakan tokoh wanita pada abad 20 yang menemukan bahasa pemrograman COBOL dan istilah debugging. Pada abad 21 ini terdapat beberapa wanita yang layak mendapat label ini. Wanita-wanita itu adalah :

Marissa Mayer

Marissa Mayer yang bernama lengkap Marissa Ann Mayer merupakan tokoh wanita dunia yang berpengaruh di bidang teknologi. Marissa lahir di Wisconsin, Amerika Serikat pada 30 Mei 1975. Marissa memiliki jejak rekam karier yang panjang di dunia bisnis teknologi.

Kariernya di bidang teknologi dimulai dengan memasuki perusahaan besar Google. Ia merupakan wanita pertama yang menjadi ahli teknik di Google pada saat masuk di tahun 1999. Kiprahnya di Google berlangsung 13 tahun, yang mana selama ia bekerja disana telah membuahkan hasil maksimal untuk Google. Jabatan terakhirnya di Google adalah sebagai Wakil Presiden untuk bagian lokal, peta , dan servis lokasi.

Di tahun 2012, setelah keluar dari Google , Marissa masuk Yahoo yang merupakan saingan Google. Ia berposisi sebagai CEO atau yang dikenal sebagai direktur utama. Banyak keputusan besar yang dilakukan Marissa untuk Yahoo. Alih-alih melakukan tindakan PHK seperti kebijakan CEO yang sebelumnya,  Marissa lebih memilih untuk menghentikan layanan yang sekiranya tidak produktif untuk mengurangi biaya.

Langkah lainnya yang ia lakukan untuk membenahi Yahoo dan tetap kompetitif adalah memberikan opsi kepada para pekerjanya yang bekerja di remote area untuk tetap bekerja sebagai karyawan Yahoo , tetapi harus bekerja di kantor dan bila menolak dipersilahkan dengan hormat untuk mengundurkan diri.

Marissa oleh majalah Fortune diberitakan sebagai salah satu CEO muda di dunia, yang mana saat ini ia berumur 37 tahun. Pada majalah lainnya ia dinobatkan sebagai salah satu wanita yang memiliki pengaruh di dunia pada urutan ke-14. Oleh karena itu, wanita ini sudah sepantasnya mendapat label tokoh wanita dunia.

Genevieve Bell

Genevieve Bell merupakan tokoh wanita dunia bidang teknologi selanjutnya yang dibahas disini. Ia merupakan wanita kelahiran Sydney, Australia. Pada saat ini , wanita ini bekerja pada Intel sebagai Direktur pada bagian R&D yang khusus mempelajari interaksi manusia dengan komputer.

Sebelum memulai kariernya di Intel, ia merupakan peneliti pada Unviersitas Stanford. Ia telah berkecimpung di dunia teknologi selama 15 tahun. Selain berkarya untuk Intel, Bell pun menulis buku yang mana membahas pola hubungan manusia dengan komputer. Oleh karena dirinya berjasa besar untuk ilmu pengetahuan, maka Bell dimasukkan ke jajaran wanita yang berjasa pada teknologi internasional.

Maja Mataric

Maja Mataric lahir di Belgrade dan memiliki darah orang Eropa Timur, tetapi perjalanan hidupnya mengantarkannya menjadi warga negara Amerika. Ia merupakan wanita yang berkecimpung dalam dunia robot dan juga seorang ilmuwan komputer dan seorang peneliti di Universitas California Selatan.

Ia telah banyak melakukan penelitian dan telah banyak menghasilkan karya. Karyanya antara lain di bidang robotik untuk anak-anak berkebutuhan khusus, dan juga di bidang kurikulum open-source robotik yang gratis untuk tingkat SD dan SMP. Karya-karyanya membuat Mataric mendapat penghargaan di bidang inovasi teknologi. Oleh karena itu, wanita ini pantas menyandang label wanita tokoh dunia bidang teknologi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*