TPK Pasok Teknologi Panel Sentuh Berbasis Nanowire untuk iWatch

iWatch

iWatch yang disebut-sebut menjadi perangkat smartwatch pertama Apple sepertinya masih jauh dari kenyataan. Buktinya sejauh ini iWatch masih berputar dalam rumor yang belum jelas kebenarannya, bahkan Apple masih berusaha mencari pemasok komponen yang tepat untuk kesempurnaan perangat tersebut.

Rumor terbaru yang dilansir oleh China Times menyebutkan bahwa Apple telah menunjuk sebuah perusahaan asal Taipei bernama TPK guna memproduksi teknologi panel sentuh berbasis nanowire untuk iWatch.

Kabar ini membawa angin segar, setidaknya merupakan hal baru dibandingkan kabar-kabar terkait iWatch yang sudah beredar sebelumnya.

iWatch

TPK sendiri bukanlah perusahaan yang baru bagi Apple, perusahaan yang berbasis di Taipei ini pemasok atas panel sentuh untuk Apple iPhone dan iPad, menggunakan teknologi indium tin oxide yang lebih konvensional.

TPK nantinya akan menjadi rekan Apple dalam memproduksi panel sentuh berbasis nanowire dan diharapkan mampu memproduksi setidaknya 2 juta unit panel dalam satu bulan.

Panel sentuh berbasis nanowire dibuat dari kumparan kawan perak berdiameter satu nanometer, komponen film berbasis nanowire ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan desain panel menggunakan indium tin oxide. Di mana yang paling krusial, material lebih jernih sehingga tidak membutuhkan tambahan sensor untuk mendeteksi titik sentuhan.

Selain memiliki tampilan yang lebih jernih, teknologi panel berbasis nanowire perak ini juga dapat menyesuaikan diri dengan bentuk permukaan, alhasil dapat diterapkan ke dalam bentuk yang beragam baik datar ataupun melengkung.

Kabar ini sekaligus menganulir rumor sebelumnya yang memuat informasi bahwa Apple akan membenamkan laar AMOLED fleksibel ke iWatch. Bertentangan namun tak satupun bisa mengklaim yang paling benar, sampai iWatch benar-benar dirilis oleh Apple.

Sumber berita asli: http://www.chinatimes.com/realtimenews/20140219002008-260410

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*