Trik Backup Data di Google Docs

Data merupakan suatu hal penting yang sifatnya bisa untuk kepentingan individu maupun kepentingan bersama. Banyak sekali media penyimpanan data yang dapat dipakai untuk menyimpan berbagai macam data yang kita butuhkan. Misalnya saja seperti flashdisk, hardisk, CD atau DVD, dan sebagainya. Semua media tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun pada intinya semuanya tetap berguna atau pun berfungsi untuk menyimpan data. Dan untuk tingkat keamanan nya kita juga tidak dapat memastikan yang mana yang paling baik diatara segala jenis media penyimpanan data yang ada. Namun, untuk masalah data aman atau pun tidak itu tergantung dari penjagaan anda juga terhadap data yang ada tersebut.

Media penyimpanan data lain yang sedang modern saat ini adalah cloud computing. Cloud computing merupakan layanan penyimpanan data berbasis web server. Dimana kita dapat menyimpan berbagai macam data kita pada web server yang ada melalui online. Hal ini mungkin bisa dibilang tergolong aman, karena semua data tersimpan pada web server. Kecuali jika memang web server nya mengalami error atau pun hal yang tidak diinginkan lainnya. Salah satu perusahaan yang sudah menggunakan cloud computing ini adalah google. Teknologi cloud pada google ini diberi nama dengan google docs.

Nah, artikel congkel kali ini ada hubungan nya dengan google docs. Dimana artikel nya membahas tentang bagaimana cara atau pun trik backup data dari google docs. Bagaimana caranya ?

Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, login terlebih dahulu ke akun Google Docs yang anda miliki.
  • Kemudian, centang kotak kecil yang ada di atas daftar judul file untuk memilih semua file yang ada.
  • Klik tombol More -> Download.
  • Selanjutnya, klik tombol Convert And Download.
  • Lanjutkan dengan meng-klik tab items dan atur file format converter nya dengan menggunakan format RTF atau Microsoft Word.
  • Secara otomatis google Docs akan mulai mengkonversi semua data yang anda punya ke dalam bentuk ZIP.
  • Terakhir, download dan simpan file tersebut ke hard disk anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*