Trik Menerapkan SEO On Page

Bertemu lagi bersama kami Congkel.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit Trik Menerapkan SEO On Page pada website dan blog Anda. Sebelum kit masuk ke pembahasan Trik Menerapkan SEO On Page, ada baiknya kita mengetahui dahulu apa itu SEO dan SEO On Page.

SEO adalah serangkaian proses sistematis yang kita lakukan bertujuan untuk meningkatkan trafik pengunjung sebuah website yang masuk melalui mesin pencarian dengan memanfaatkan algoritma mesin pencarian tersebut. Sedangkan SEO On Page adalah penerapan optimasi mesin pencarian pada home page, single post, maupun permalink pada sebuah website. Pada dasarnya SEO on page adalah optimasi website dari dalam sebuah website itu sendiri.

SEO On Page bisa dikatakan sebuah pondasi sebuah website, semakin bagus setting seo on page pada sebuah website pondasi itu akan semakin kuat. Sehingga bisa dikatakan bahwa SEO On Page ini merupakan hal yang sangat penting.

Langsung saja kita masuk pada pembahasan Trik Menerapkan SEO On Page, berikut ini beberapa triknya :

Men-setting Permalink

Pada dasarnya jika seseorang melakukan pencarian pada mesin pencarian, google mengutamakan keyword on domain atau url yang ada, setelah itu title atau judul, jika keduanya tidak ada bisa dicarikan pada diskripsi.

Alasan mensetting permalink adalah karena pada dasarnya permalink atau url default yang ada belum bagus dan masih tidak berturan, seperti http://www.domainname.com/?p=123, jika kita lihat pada url belum teratur dan tidak mengandung unsur yang ada pada title sebuah post yang kita buat, itu sangat buruk sekali lebih baik kita ganti menjadi http://www.domainname.com/posttitle  atau http://www.domainname.com/category/posttitle, sesuai dengan selera anda masing-masing. Kita lihat disana setelah nama domain terdapat post title atau category, jadi jika keyword yang dicari oleh seseorang itu ada pada salah satu diantaranya google akan merekomendasikan website kita terlebih dahulu.

 

Optimalkan Penggunaan Plugin

Salah satu kelebihan menggunakan website dengan cms wordpress adalah adanya fasilitas plugin. Ini sangat penting dan akan sangat memudahkan kita karena semua cara yang kita butuhkan untuk optimasi sebuah website sudah disediakan oleh developer pembuat plugin tersebut dan kita tinggal menginstalnya saja untuk menggunakan. Beberapa plugin penting untuk mendukung SEO diantaranya :

– Heandspace2, merupakan plugin seo manager yang mendukung dalam settingan meta description pada sebuah website. Di dalam setting Headspace2 anda tinggal memasang label yang sesuai, bisa ditempatkan pada title, description, dan keywords. Sebenarnya untuk plugin SEO ada yang lebih bagus lagi seperti All in One SEO Pack.

–  All in One SEO Pack, merupakan plugin management seo yang populer dan salah satu yang terbaik. Plugin ini dapat membatu dalam menambahkan meta tags, uraian meta, keywords dan uraian robot.

– SEO Friendly Image, merupakan salah satu plugin yang cukup baik untuk optimasi SEO pada gambar. Plugin ini berfungsi untuk memberigan alternate text dan title gambar yang tepat, alternate text atau yang sering disebut ALT itu bisa dikatakan sebagai keyword pada gambar.

– Google XML Sitemap, adalah plugin yang berfungsi untuk membantu pengindeksan website pada mesin pencarian seperti google, yahoo, bing, dan lainya. Plugin ini dapat menentukan frekuensi mesin pencarian mengunjungi website kita, bisa setiap 1 jam, 1 hari dan seterusnya.

– Dagon Design Sitemap Generator, cara kerja plugin ini dengan membuat peta situs yang berbentuk XML, sehingga akan memudahkan mesin pencari untuk mengindeks blog kita. Lebih menariknya lagi peta situs itu dapat di tampilkan pada halaman lain yang nantinya berbentuk seperti daftar isi.

 

Gunakan Google Webmaster Tools

Merupakan layanan yang disediakan google dan berfungsi untuk memanagement website kita, yang harus kita lakukan adalah mendaftarkan website kita dan melakukan verifikasi, dengan begitu kita mengkonfirmasi bahwa website itu adalah milik kita. Di dalam Google webmaster tools terdapat layanan untuk monitoring kinerja website kita, apakah ada yang error, link yang rusak dan sebagainya. Selain itu kita juga dapat melihat trafik yang ada, serta keyword mana yang paling efektif.

 

Content Quality

Teknologi terbaru yang diciptakan google salah satunya untuk mendeteksi bahwa konten kita bagus apa tidak, murni atau tidak, dan original atau tidak. Google sangat tidak mensukai website yang isinya hanya copy paste dan menjiplak milik orang lain.

Kemunculan Google Panda dan Penguin adalah untuk memberantas website-website yang memiliki low quality dan menaikan website yang benar-benar memiliki kualitas yang sangat bagus (Height Quality). Jika kita bertindak curang dengan membuat konten yang tidak fresh cepat atau lambat google akan mengetahuinya dan jika sudah seperti itu website kita terancam dalam mesin pencarian.

 

Desain Template Ringan Akses

Template design yang baik adalah yang simple, ringan, tidak membuat bingung pengunjung, tidak terlalu banyak iklan, dan dapat menjelaskan tema dari website tersebut. Salah satu kriterianya adalah ringan, itu juga penting karena pada dasarnya mesin pencarian tidak menyukai website yang loadingnya lambat, selain itu pengunjung juga tidak akan sabar dan langsung menutup website kita.

 

Sekian Trik Menerapkan SEO On Page dari kami, semoga hal ini dapat anda terapkan dalam keseharian Anda. Salam IT !

 

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*