Trik Menyembunyikan Launcher Unity Ubuntu Secara Otomatis

Unity

Ada berbagai macam platform sistem operasi yang ada pada zaman sekarang ini. Mungkin yang paling banyak dikenal oleh masyarakat luas adalah sistem operasi windows. Padahal, selain windows masih banyak lagi sistem operasi lain nya. Contohnya saja seperti linux yang memiliki berbagai macam sistem operasi turunan nya. Mengapa masyarakat banyak yang tidak tau akan hal ini ? Mungkin jawaban yang paling tepat adalah karena dari dulu masyarakat sudah merasa nyaman menggunakan sistem operasi windows, sehingga menyebabkan mereka tidak ingin tau lebih luas lagi apakah ada sistem operasi lainnya selain windows.

Unity

Untuk itu, kali ini kami akan membahas sedikit mengenai sistem operasi yang masih jarang sekali digunakan oleh orang banyak dan masyarakat luas, yaitu sistem operasi linux atau lebih tepat nya sistem operasi ubuntu. Ubuntu ini merupakan salah satu sistem operasi yang menyandang predikat open source atau pun sistem operasi yang sifatnya terbuka. Siapa saja dapat menjadi pengembang sistem operasi ini. Selain itu ubuntu ini juga merupakan sistem operasi yang bersifat free atau pun gratis. Kita dapat menggunakan nya tanpa harus perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Kita bisa mendownload file ISO nya atau meminta di kirim langsung dari situs http://www.ubuntu.com . Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sistem operasi ini.

Baiklah, kita kembali ke judul utamanya. Kali ini kami akan membagi sedikit ilmu mengenai bagaimana cara atau pun trik untuk menyembunyikan launcher unity ubuntu secara otomatis. Launcher unity itu apa ? Launcher unity adalah shortcut yang ada pada tampilan desktop ubuntu yang ada pada bagian kiri ubuntu versi 11 ke atas (11.04, 11.10, 12.04, 12.10).

Untuk menyembunyikan launcher unity ini ada 2 cara, yaitu:

1. Menggunakan aplikasi ubuntu tweak

Caranya:

    • Install aplikasinya dengan mengetikkan perintah berikut (baris per baris) di terminal (Ctrl + alt + t).

sudo add-apt-repository ppa:tualatrix/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install ubuntu-tweak

  • Setelah selesai, masuk ke pengaturan ubuntu tweak dan klik Tab Tweaks —> klik Unity Setting.
  • Pada Launcher hide mode, pilih Auto Hide.

2. Menggunakan via system setting

Caranya:

  • Buka Dash dan ketikkan appearance pada kotak pencarian (search).
  • Selanjutnya akan muncul menu Application – Appearance dan klik menu tersebut.
  • Klik tab Behavior dan geser tombol pada pilihan Auto-hide the launcer ke posisi ON. Pengaturan Reveal Locations nya dapat disesuaikan sesuai selera. Untuk kembali pada pengaturan awal Anda dapat meng-klik Restore Default Behaviours.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*