TSMC Ditunjuk Oleh Apple Untuk Rakit Chipset A8X

Kecanggihan teknologi membuat Apple harus terus mengembangkan chipset A8. Generasi baru dari gadget dan smartphone milik perusahaan Cupertino tersebut akan menggunakan prosesor A8X untuk sektor dapur pacunya.

Apple sendiri dikabarkan tidak lagi bekerja sama dengan Samsung untuk memproduksi chipset A8X ini. Seperti yang diketahui, Samsung ikut andil dalam perakitan prosesor seri A sebelumnya. Sebuah perusahaan yang dikenal dengan nama TSMC menjadi pengganti Samsung dalam pengadaan komponen ini.

Pihak Samsung membantah bahwa relasinya dengan pesaing beratnya itu berakhir. Melansir lebih lanjut, perusahaan asal Korea Selatan itu sepertinya masih akan mengembangkan chipset terbaru dengan Apple. Chipset tersebut tentunya bukanlah chipset A8X yang disebutkan. Keduanya merancang chipset generasi berikutnya, yang digadang-gadang akan dinamakan chipset A9.

Dilaporkan bahwa Apple akan menggandeng partner lama, TSMC yang sebenarnya terbilang baru dibanding Samsung untuk merakit chipset untuk produk barunya ke depan. Chipset terbaru tersebut akan digunakan sebagai penggerak iPad Air 2, dan diperkirakan akan digunakan juga untuk tablet iPad Mini. Sebelumnya, chipset A8X ini sendiri sudah digunakan pada kedua varian smartphone terbaru Apple, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Tahun 2015 mendatang, Apple juga akan merilis salah satu tablet barunya. Tablet baru tersebut sepertinya akan membuka jajaran baru, karena mengusung layar 12,9 inci, layar besar yang belum pernah dirilis Apple sebelumnya untuk tablet. iPad yang disebut sebagai varian Pro tersebut masih dalam tahap pengembangan. Belum diketahui apakah menggunakan chipset A8X atau A9 yang masih di awing-awang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*