Tutorial Cara Cuci Lensa Kamera

Kamera merupakan salah satu benda yang paling berharga bagi para photographer. Layaknya seorang ibu yang mempunyai anak. Bagi seorang ibu, harta yang paling berharga baginya adalah anak. Begitupun dengan photographer. Harta paling berharganya adalah kamera. Salah satu alasan lainnya mengapa kamera dianggap benda berharga adalah dikarenakan harganya yang cukup mahal. Mungkin untuk kamera digital memang tidak terlalu mahal, namun untuk sebuah kamera dengan kualitas besar layaknya kamera DSLR, pastinya di bandrol dengan harga yang tidak murah. Jadi sudah sepatutnya para photografer harus menjaga dan merawat kamera yang dimilikinya dengan sungguh-sungguh dan rutin.

Lensa-Kamera

Oleh karena itu, disini kami akan mencoba membahas bagaimana cara merawat salah satu bagian penting dari kamera yaitu lensa. Sebenarnya untuk merawat banyak cara yang dapat dilakukan, namun kali ini kami akan membahas cara merawat kamera dengan cara mencucinya. Jangan sampai bersihkan lensa kamera dengan cara ditiup, karena bisa membuat berkembangnya jamur pada lensanya. Sebelum dimulai tutorialnya, kami jelaskan dulu peralatan apa saja yang digunakan untuk mencuci kamera ini. Peralatan yang digunakan yaitu:

  • Blower
  • Lenspen (Kalau tidak punya lenspen, boleh pakai kain yang biasa orang pakai untuk lap cermin mata. Tapi harus kain khusus untuk lap lensa ini saja, jangan dipakai untuk lap yang lainnya)

Berikut tutorial untuk cuci kameranya.

Bersihkan tangan
Cuci terlebih dahulu tangan hingga bersih dan keringkan dengan handuk sampai benar-benar kering.

Tempat untuk cuci kamera
Siapkan tempat untuk cuci lensa nya. Disarankan agar tempat nya di atas meja dan diterangi dengan sebuah lampu meja.

Hilangkan debu
Gunakan blower untuk menghilangkan debu dan kotoran yang ada pada lensa kamera

Buang debu kecil

Buang debu kecil yang masih melekat pada lensa nya dengan menggunakan berus yang ada pada lenspen. Caranya dengan membuat gerakan memutar yang dimulai dari bagian tengah lensa.

Bersihkan lens lagi

Bersihkan lagi lensa dengan menggunakan bagian yang satu lagi. Bersihkan dari minyak, air, pasir atau cap jari yang mungkin ada di kamera.

Bersihkan bagian lensa belakang
Gunakan step yang sama dengan cara membersihkan lensa kamera depan yang di atas.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*