Tutorial Cara Koneksikan 2 Buah Laptop dengan Wifi Pada Windows 7

Pastinya saat ini sudah banyak yang punya PC pribadi atau pun laptop pribadi. Teknologi yang satu ini sudah merupakan suatu kebutuhan khusus saat ini. Walaupun demikian, laptop atau pun PC ini akan terasa lebih bermanfaat lagi apabila dibarengi dengan adanya koneksi internet yang biasanya lebih dikenal dengan sebutan wifi. Dan manfaat ini paling terasa apabila kita memiliki profesi sebagai pegawai perusahaan atau pun pekerja kantoran. Karena tanpa adanya koneksi internet, kita tidak dapat mendapatkan informasi apapun.

Wi-Fi-Direct

Pada zaman se-canggih dan se-modern saat ini siapa yang tidak kenal dengan wifi ? Mungkin jawabannya tidak ada alias mustahil. Wifi ini erat hubungan nya dengan koneksi internet. Itulah yang banyak masyarakat ketahui pada umumnya. Wifi hanya sebatas untuk terhubung ke internet dan mencari segala data atau pun informasi yang dibutuhkan. Padahal, wifi ini sendiri memiliki suatu fungsi lain yang dapat digunakan dan dimanfaatkan. Fungsi lain tersebut adalah untuk mengkoneksikan 2 buah laptop dengan tujuan tertentu. Misalnya saja untuk bermain game secara multiplayer, atau pun untuk mengirimkan data (transfer file) seperti layaknya jaringan lokal, dan sebagainya.

Nah, oleh karena itu, disini kami akan coba membahas mengenai salah satu fungsi lain dari wifi ini sendiri yaitu untuk mengkoneksikan 2 buah laptop. Namun kali ini kami hanya akan membahas nya pada OS windows 7, pada OS lain insya Allah akan di bahas di lain waktu.

Berikut langkah-langkah yang harus diikuti.

  • Pastikan ada koneksi wifi dan dapat berjalan dengan baik.
  • Klik icon wifi yang ada di taskbar pojok kanan bawah dan langsung klik Open Network and Sharing Center.
  • Selanjutnya akan keluar jendela baru windows dan klik Set up a new connection or network.
  • Akan muncul lagi jendela windows baru dan scroll pada bagian paling bawah sehingga nanti akan muncul Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network, klik saja pada kata-kata itu dan klik Next.
  • Isikan Network name dan Security key sesuai dengan yang anda inginkan. Jangan lupa juga centang check box pada tulisan Hide characters dan Save this network.
  • Selanjutnya klik Next.
  • Kemudian akan keluar sedikit penjelasan mengenai apa itu ad-hoc dan langsung saja klik Next.
  • Setelah semua selesai maka jaringan ad-hoc sudah dapat digunakan.
  • Untuk mengkoneksikan kedua laptop, maka klik icon wifi di taskbar dan klik nama koneksi ad-hoc tadi dan klik Connect. Maka kedua laptop sudah saling terkoneksi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*