Tutorial Cara Membuat Pangkat Pada Microsoft Excel

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pada zaman dahulu sebelum adanya aplikasi perkantoran atau pun sebelum zaman canggih yang memiliki komputer, banyak orang merasa sangat sulit dalam hal membuat dokumen atau pun menghitung sejumlah data yang banyak jumlahnya. Namun, dikarenakan seiring berkembangnya zaman dan segala teknologi yang ada, maka hal itu kini sudah tidak sulit lagi alias mudah sekali. Seperti misalnya menyimpan dokumen yang jumlahnya mencapai 10.000 kata. Contoh lainnya pada Ms.Excel misalnya menghitung suatu keuntungan dari sebuah perusahaan minyak terbesar di Asia. Tentunya data tersebut bukanlah dalam jumlah yang sedikit. Dengan jumlah ribuan data ini dapat dihitung dengan mudah menggunakan excel apabila digunakan rumus yang tepat dalam hal perhitungan nya.

excel

Aplikasi unggulan milik microsoft ini, sudah sangat familiar di kalangan masyarakat luas. Bahkan walaupun disebut dengan aplikasi perkantoran, tetap banyak masyarakat yang bukan merupakan pegawai perkantoran yang menggunakan aplikasi tersebut. Contohnya saja seperti pedagang mie atau pun pedagang eceran yang menjual berbagai macam sembako. Sudah banyak yang menggunakan aplikasi ini, karena dianggap jauh lebih mudah dan efektif daripada harus nulis sendiri dan menghitung sendiri total untung dan rugi dari penjualan.

Membuat pangkat pada aplikasi Ms. Excel tidak semudah membuat membuatnya pada aplikasi Ms. Word. Jikalau pada Ms. Word kita cukup mengetikkan angka tepat di belakang satuan Meter atau kuadrat nya maka secara otomatis Ms. Word akan merubah angka tersebut menjadi tanda pangkat. Oleh karena itu, disini kami akan coba membahas bagaimana cara mudahnya untuk membuat pangkat pada Ms. Excel.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Bukalah dokumen Ms. Excel blank (kosong), kemudian isikan data anda yang ada hubungan nya dengan pangkat (misalnya luas tanah atau pun volume air)
  • Anggap saja kita membuat data nya pada cell C2. Misalnya kita membuat huruf M.
  • Kemudian klik kanan pada Cell yang diketikkan M tersebut dan klik Format Cells.
  • Selanjutnya akan muncul jendela Format Cells dan pada menu Effects, centang check box Superscript dan Klik OK.
  • Maka secara otomatis, pada cell C2 tersebut akan tampil format pangkat pada huruf M.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*